Pengertian Logika Algoritma dan Flowchart

Pengertian Logika

logika berasal dari bahasa yunani (LOGOS) yang artinya ilmu. Logika pada umumnya ideology berpendapat. Berpendapat yaitu mengerjakan sebuah aktivitas yang mempunyai suatu maksud.

Jadi, pengertian logika yaitu cara berpendapat dengan segala aktivitas yang mempunyai tujuan khusus.

Secara umum ada 2 cara kesimpulan dalam logika, yaitu :

  1. Logika induktif

Merupakan sistem pikiran yang membahas dasar penyimpulan yang benar dari beberapa hal penting sampai pada suatu ketetapan umum yang bersifat boleh jadi.

  1. Logika deduksi

Merupakan sistem pemikiran yang membahas dasar penyimpulan yang benar sesuai form serta ketetapan yang di hasilkan sebagai kemestian yang di luncurkan dari akal pikiran yang bersih dan sehat. Atau logika deduktif yaitu suatu ilmu yang membahas hokum hukum dalam berfikir hokum tersebut harus dipatuhi supaya cara berpikirnya benar dan mencapai kebenaran.

Pengertian Algoritma

Algoritma merupakan prosedur tahap demi tahap untuk menyelesaikan problem atau menyiapkan sebuah tugas. Menurut KBBI, algoritma merupakan susunan logis pengambilan tindakan untuk penyelesaian masalah. Menurut wikipedia algoritma merupakan sekelompok perintah untuk memecahkan sebuah problem. Perintah ini bisa diartikan secara perlahan lahan dari awal sampai akhir.

Manfaat algoritma :

Manfaat atau kegunaan algoritma adalah untuk menolong seseorang dalam memecahkan masalah sesuai pada pendapatnya masing-masing.

Sifat algoritma :

  • Tidak memakai lambang dari suatu bahasa pemr
  • Tidak terkait pada suatu bahasa pemrograman.
  • Notasinya bisa dipakai untuk semua bahasa pemrograman.

Ciri algoritma :

  • Terdapat input, proses, dan output
  • Mempunyai aba-aba yang jelas dan tidak ambigu
  • Harus memiliki stoping role

Pengertian Flowchart

Flowchart merupakan gambaran dalam bentuk diagram alir dari algoritma pada sebuah program atau prosedur sistem secara logika, yang mengungkapkan suatu problem.

Fungsi Flowchart :

Flowchart dibuat untuk memperlihatkan setiap proses yang harus dilewati dalam suatu sistem. Tetapi tidak hanya itu, masih banyak lagi fungsi dari flowchart yang mungkin belum kamu ketahui. Ada sejumlah fungsi flowchart yang dapat anda lihat di bawah ini.

  1. Merancang proyek baru

Apabila anda akan merancang suatu proyek, maka hal anda bisa menggambarkan proyek tersebut ke bentuk flowchart. Hal itu bisa menolong anda dalam membuat sebaris tahap-tahap yang berkaitan ketetapan bersama.

  1. Mengelola alur kerja

Flowchart yaitu cara yang paling penting dikerjakan untuk mengelola alur kerja. Karena, flowchart bisa membangun hasil bermanfaat sesuai prosedur yang bertindak dalam penetapan integritas dari proses tersebut.

  1. Memodelkan proses bisnis

Proses bisnis yang dikatakan tidak hanya bergantung pada keuntungan, tetapi sebaris tugas baik itu yang simple sampai yang rumit juga termasuk kedalam proses usaha. Pemodelan flowchart bisa dikerjakan dengan  maksud untuk memberikan hasil yang konsisten dan bisa juga diprediksi.

  1. Mendokumentasikan setiap proses

Dalam memecahkan suatu proyek butuh dokumentasi proses. Dengan begitu, flowchart menjadi media yang baik untuk mencukupi maksud tersebut. Jika dibandingkan dengan membuat dokumentasi setiap proses melalui narasi, maka memakai flowchart merupakan hal yang lebih efisien daripada dengan narasi.

  1. Mempresentasikan Algoritma
  2. Mengedit proses

Pada dasarnya, flowchart bisa dipakai untuk melihat kerusakan yang mungkin saja terjadi dalam setiap proses. Flowchart akan menolong anda memecahkan masalah dengan cara membagi setiap urutan dari proses tersebut ke dalam segmen yang lebih kecil, selanjutnya mencek bagian mana yang harus diperbaiki.

 

 

Penulis : Julia

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...