Mata Kuliah Jurusan Sistem Informasi ?

Mata Kuliah Jurusan Sistem Informasi ?

  2018-11-08 17:00:49     Ulti Desi Arni     Dibaca 23 kali

Untuk para Greader sekalian, pembahasan kali ini masih berkaitan dengan yang namanya jurusan Sistem Informasi, dan untuk pembahasan kali ini akan kita fokuskan mengenai mata kuliah atau apa sih yang kira-kira akan dipelajari jika atau mahasiswa berada di jurusan ini ?

Terkhusus untuk Greader sekalian, yang saat ini masih berada di tingkat sekolah menengah atas atas dan memiliki keinginan untuk melanjutkan ke perguruan tinggi, memilih jurusan atau program studi di perguruan tinggi itu bukanlah perkara yang mudah.

Baca Juga : Karier Lulusan Jurusan Sistem Informasi

Karena pilihan saat kalian mendaftar, menjadi salah satu penentu dan faktor kelangsungan hidup kita dimasa mendatang. Kesalahan dalam memilih, dapat membuat kita tidak bersemangat menjalani aktifitas kuliah, merasa tertekan, membuat kita pusing, stress, sakit atau paling fatal adalah putus kuliah atau bunuh diri. Serem kan?

Buat anak SMA/MA, mungkin semasa Greader berada di bangku sekolah barangkali Greader sekalian hanya mengetahui ada jurusan IPA, IPS, Bahasa dan Agama. Memilih jurusan sewaktu memasuki masa-masa kuliah itu, 11 : 12 lah sama memilih jurusan semasa mau masuk ke SMK, tapi lebih rumitan ini, karena ada puluhan jurusan dan terus bertambah dari masa ke masa.

Baca Juga : CEO Garuda Cyber Narasumber Kegiatan Perkuliahan Sosioteknologi di UIN Suska Riau

Maka untuk menemukan dan mampu memilih jurusan kuliah yang tepat, kita harus mengetahui dengan pasti dn betul tentang jurusan yang akan kita pilih itu. Bukan hanya dari namanya saja, akan tetapi juga dari detail dan apa saja yang akan kita pelajari atau dapatkan semasa kuliah di jurusan tersebut. Karena seringkali, apa yang dipelajari di suatu jurusan tertentu pada kenyataannya tidak sesuai atau tidak ada kaitannya sama sekali dengan nama dari jurusan tersebut.

Nah, pada kesempatan ini kami akan mengenalkan lebih jauh pada para Greader sekalian tentang salah satu jurusan yang ada di perguruan tinggi, yaitu: Jurusan Sistem Informasi. Banyak mahasiswa  jurusan lain (komputer, industri, manajemen dan akuntansi) beranggapan bahwa jurusan ini adalah jurusan yang serakah, karena hampir seluruh mata kuliah yang bagus dan keren pada mereka diambil atau dipelajari juga di jurusan ini.

Baca Juga : Judul Skripsi Sistem Informasi Berbasis Android

Jurusan atau program studi sistem informasi adalah salah satu cabang ilmu komputer yang merupakan gabungan dari beberapa ilmu pengetahuan teknologi dan umum, seperti ilmu komputer, ekonomi, manajemen dan bisnis. Agar lebih mudah dimengerti berikut pengertian sistem informasi yang saya rangkum dari beberapa sumber:

“Pada dasarnya program studi sistem informasi mengajarkan dasar ilmu pengetahuan dan penerapan TI dalam suatu perusahaan / instansi / lembaga / organisasi yang terdiri dari 4 bidang atau kelompok ilmu, yaitu: komputer, ekonomi, bisnis serta manajemen. Untuk kompetensi bidang komputer, mahasiswa jurusan ini akan dibekali dengan mata kuliah yang berkaitan dengan pemrograman, jaringan komputer, database, software development, pengantar teknologi informasi, algoritma, struktur data, konsep sistem informasi, pemrograman web, warehouse dan data mining, sistem operasi, geographical information system (GIS) dan lain sebagainya”.

Kemudian untuk pengetahuan dan kompetensi di bidang manajemen dan bisnis, mahasiswa akan dibekali dengan pelajaran seperti: administrasi bisnis, manajemen bisnis, manajemen sistem, manajemen informasi, manajemen proyek, analisis proses bisnis, pengantar bisnis dan lain-lain.

Selain mahasiswa jurusan ini akan dibekali tentang 3 kelompok ilmu dasar, tentunya mereka juga akan diberikan bekal tentang pengetahuan umum seperti pelajaran matematika dasar, aljabar, matematika diskrit, statistika, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, pendidikan agama, kewarganegaraan, manajemen sains, ilmu sosial dan budaya, tata tulis ilmiah, etika profesi, technopreneurship, dan lain-lain.

Baca Juga : Perlukah Kampus Memiliki Sistem Informasi SDM ?

Sebagai referensi untuk Greader sekalian, berikut akan kami gambarkan mata kuliah apa yang akan dipelajari oleh mahasiswa di jurusan sistem informasi:

  1. Pendidikan Agama
  2. Manajemen Organisasi
  3. Wawasan Kebangsaan
  4. Matematika Diskrit
  5. Bahasa Pemrograman
  6. Sistem dan Teknologi Informasi
  7. Bahasa Inggris
  8. Pengantar Sistem Operasi
  9. Wawasan Teknologi & Komunikasi Ilmiah
  10. Kepemimpinan & Keterampilan Interpersonal
  11. Arsitektur SI/TI Perusahaan
  12. Algoritma & Struktur Data
  13. Pengantar Basis Data
  14. Statistika
  15. Pemrograman Berorientasi Objek
  16. Desain & Manajemen Proses Bisnis
  17. Desain & Manajemen Jaringan Komputer
  18. Dasar-dasar pengembangan perangkat lunak
  19. Desain Basis Data
  20. Pemrograman Berbasis Web
  21. Keamanan Aset Informasi
  22. Interaksi Manusia & Komputer
  23. Analisis & Desain Perangkat Lunak
  24. Riset Operasi
  25. Simulasi Sistem
  26. Manajemen Proyek TI
  27. Kontruksi & Pengujian Perangkat Lunak
  28. Manajemen Layanan TI
  29. Perencanaan Sumber Daya Perusahaan
  30. Manajemen Resiko TI
  31. Tata Kelola TI
  32. Manajemen Administrasi Basis Data
  33. Sistem Cerdas Buatan
  34. Tata Tulis Ilmiah
  35. Manajemen Pengadaan & Investasi TI
  36. Pengukuran Kinerja & Evaluasi TI
  37. Etika Profesi
  38. Kerja Praktek
  39. Kecerdasan Bisnis
  40. Technopreneurship
  41. GIS
  42. Tugas Akhir
  43. Mata Kuliahan Pilihan
  44. Intelejen Bisnis
  45. Rekayasa Perangkat Lunak
  46. Data Warehouse
  47. Data Mining
  48. Customer Relationship Management
  49. Sistem Pendukung Keputusan
  50. Big Data dan Supply Chain Management

Dimanapun perguruan tinggi yang akan Greader pilih, lebih kurang itulah mata kuliah yang akan dipelajari jika kalian masuk di jurusan sistem informasi. Demikianlah pembahasan untuk artikel kali ini, semoga dapat membantu dan bermanfaat.

 

 

Penulis : Catur

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia