Konsep Dasar Cloud Computing

Konsep Dasar Cloud Computing

  2018-11-08 16:57:38     Ulti Desi Arni     Dibaca 22 kali

Cloud computing membentuk pada paradigm pada teknologi informasi dimana komponen hardware dan software di out sourcing ke organisasi di luar infrastruktur TI in-house. Cloud computing mengizinkan akses, pengeditan, dan pembagian data pada sumber data terdistribusi yang berbentuk awan.

Informasi Umum cloud Computing

Pada yang murni structural, cloud computing bersangkutan dengan CDN. Sebab kombinasi sejumlah server, akses data di percepat, tidak sekedar akses atas data khusus saja yang berubah, namun jug acara gimana data tersebut bisa tergarap. Pada cloud computing, sumber daya virtual dipakai yang tidak terkait pada infrastruktur spesifik tunggal. Tidak hanya hardware tapi juga software dapat di-outsource dan dipakai dari area manapun.

Baca Juga : Jenis Cloud Computing

Aplikasi Praktis Cloud Computing

cloud computing mengaitkan bermacam layanan cloud yang berbeda, tergantung pada penyedia, contohnya pemrosesan dokumen, aplikasi database, layanan email, atau tugas keamanan. Cloud publik, cloud pribadi atau perpaduan keduanya dapat digunakan dinamakan cloud hibrida. Apabila suatu perusahaan ingin menyimpan dan memproses data sensitive di cloud, maka cloud pribadi akan memberikan beberapa komponen keselamatan yang dibutuhkan. Jika dikehendaki, cloud bisa dipakai bersamaan oleh sejumlah organisasi. Ini akan menjadi komunitas cloud.

Fitur penting cloud computing yaitu campuran dari bermacam layanan. Pemakai cloud bisa memakai program pemakai yang berbeda yang seharusnya dipasang di komputer mereka pada system konvensional. Cloud computing memakai prinsip Xaas. Layanan seperti database fisik, software komunikasi difokuskan secara focus oleh cloud dan dipakai secara lokal.

Baca Juga : Kecepatan dan Keamanan Hosting Berbasis Cloud Server

Cloud Computing Relevansi Terhadap SEO

tidak tersanggahkan di industri SEO bahwa informasi mendasar pada tempat  misalnya alamat IP dan tempat server adalah informasi khusus untuk mesin pencari. Sampai sejauh mana data tersebut berdampak peringkat, itu hanya dugaan. Cloud computing bisa menaikkan kecepatan halaman dan menolong memastikan pemakai bisa mengolah situs web dengan cepat. Selain itu, bisa asumsikan bahwa alamat khusus dari penyedia cloud dinilai positif oleh google, contohnya host web khusus.

Keamanan

Evaluasi jumlah ancaman internal dan eksternal terhadap pusat data yang dirawat sendiri. Untuk keamanan data, penyelesaian cloud computing yaitu ketenangan data center berbasis awan tergantung pada faktor fisik manusia, dan teknologi untuk melindungi dari semua halangan.

Mengurangi Downtime

Pemicu paling sering kehilangan sambungan yaitu kelalaian manusia. Jumlah downtime yang diakibatkan sangat menyakitkan dan dapat mengganggu popularitas.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Cloud Computing

Keamanan Tingkat Lanjut

Bahaya pelanggaran data, baik lokal maupun di cloud, signifikan dan hanya akan terus naik,. Penyedia cloud mempunyai kepentingan dalam memberikan ketenangan terbaik. Factor ekonomi juga  memungkinkan mereka mencapai pemulihan yang cepat dan lebih baik apabila terjadinya pelanggaran.

Pemulihan Bencana

Terjadinya suatu bencana alam bisa membawa setiap perusahaan berlutut. Di wilayah cloud computing, perbaikan bencana tidak termasuk ke pusat data anda untuk melihat kerusakan.

Bukti ‘Kecelakaan’

cloud computing melindungi atas kelalaian manusia dan kerusakan yang di sengaja dengan mengalihkan data penting dari area. Membangun pusat data yang aman dengan teknik penyaringan lanjutan.

Pertimbangan Kebutuhan Cloud

Kunci sukses yaitu menyebarkan infrastruktur yang tangkas bisa menangani perubahan keperluan bisnis. Di ruang fisik maupun bangunan, serta masuk kotak.

Baca Juga : 12 Kriteria Penyedia Layanan Cloud Computing Yang Tepat

Konsep Dasar Cloud Computing

  1. Infrastruktur as a service

Yaitu konsep dasar yang pertama keluar, implementasi IaaS ini banyak dikerjakan dalam pemakaian atau penyewaan jaringan untuk akses internet, dan lainnya.

  1. Platform as a Service

Konsep dasar dari PaaS ini hampir sama dengan IaaS. Hanya saja perbedaannya hanya terletak pada pemakaiannya saja, PaaS dipakai dalam operating system dan infrastruktur pendukungnya.

  1. Software as a Service

Yaitu konsep dasar cloud computing yang terbaru dan lebih utama dari konsep dasar sebelumnya, karena di bantu dengan perangkat lunak dan aplikasi khusus.

 

 

Penulis : Julia

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia