Jenis Cloud Computing

Jenis Cloud Computing

  2018-11-08 16:51:20     Ulti Desi Arni     Dibaca 16 kali

Cloud computing ialah gabungan yang memanfaatkan teknologi komputer dalam jaringan dan pengembangan berbasis internet dan berfungsi dalam menjalankan program ataupun aplikasi melalui komputer komputer yang mempunyai koneksi yang sama, akan tetapi tidak semua yang terkoneksi dengan internet melalui cloud computing.

Teknologi cloud computing merupakan teknologi yang di jadikan sebagai internet server dalam mengelola data dan pengguna aplikasi. Teknologi ini memberikan izin pengguna untuk menjalankan program tampa harus instalasi terlebih dahulu dan juga mengizinkan pengguna untuk mengakses data pribadinya melalui akses internet ini.

Baca Juga : 12 Kriteria Penyedia Layanan Cloud Computing Yang Tepat

Manfaat cloud computing:

  1. Semua data tersimpan di server secara terpusat

Keunggulan dari teknologi cloud computing ialah pengguna memungkinkan menyimpan data terpusat di satu server yang berdasarkan layanan yang tersedia oleh layanan cloud itu sendiri. Pengguna juga tidak perlu menyediakan infrastruktur lagi seperti contohnya data center.

  1. Keamanan data

Data di simpan secara aman pada server yang di sediakan oleh layanan cloud computing contohnya seperti jaminan ISO , Data pribadi, dan lain-lain  nya.

  1. Fleksibel dan skalabilitas yang tinggi

Teknologi pada cloud computing ini menawarkan fleksibilitas dengan kemudahan dalam mengakses data. Di manapun dan kapan pun kita berada yang berperan sebagai user atau pengguna yang terkoneksi dengan internet. Pengguna atau user juga dapat dengan mudah mengurangi dan meningkatkan kapasitas pada penyimpanan data tampa harus membeli peralatan penyimpanan tambahan seperti harddisk, flashdisk dan alat penyimpanan lainnya.

  1. Invertasi jangak panjang

Penghemat dalam pembelian iventaris seperti hardisk, infrastruktur akan berkurang karena user atau pengguna akan di kenakan biaya rutin setiap bulannya sesuai dengan layanan paket yang telah di sepakati.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Cloud Computing

Penerapan teknologi cloud computing telah di gunakan beberapa perusahaan Ti yang terkenal dan ternama dunia seperti  microsoft, google drive, dan IBM

Cara kerja sistem cloud computing:

Sistem kerja pada cloud computing di gunakan sebagai server dalam pengolahan data. Sistem ini memungkinkan pengguna agar login ke internet yang di sambungkan ke program untuk menjalankan aplikasi yang ingin di gunakan atau di butuhkan tampa harus instalasi terlebih dahulu. Contoh nya penggunaan lewat email, Gmail maupun yahoo.

Baca Juga : Kecepatan dan Keamanan Hosting Berbasis Cloud Server

Jenis jenis cloud computing:

  1. SaaS ( Software as a Service )

Layanan ini sesuai dengan nama nya yaitu software yaitu layanan yang di sediakan untuk perangkat lunak. Contohnya spreadsheet, adobe creative cloud, dan google docs. Dalam menggunakan aplikasinya bisa di gunakan tampa harus paham dan mengerti secara fisika data yang di simpan tau bagaimana pengelolaan aplikasi. Melalui SaaS ini kita dapat mengakses aplikasi atau software dengan mudah tampa harus menyediakan storage pada perangkat untuk menyimpan aplikasi nya.

  1. PaaS ( Platform as a Service )

Layanan pada aplikasi cloud computing jenis ini di buat dalam bentuk platform yang bisa digunakan untuk membuat aplikasi . jika dilogikakan PaaS ini kita menyewa sebuah “ rumah” dengan berbagai “ lingkungan ”  ( data base, framework, network dan lain sebagainya ) untuk membantu dalam pembuatan aplikasi. Dan sebagai penyewanya kita harus memikirkan kita tak perlu memikirkan cara untuk memeliharanya dan merawat rumah tersebut. Contoh aplikasi atau alat penyedia yaitu IBM Bluemix. Dlaam layanan ini kita bisa membuat aplikasi sendiri dengan fitur yang tersedia.

Baca Juga : Ini Dia Cloud Computing Pertama yang berbasis BlockChain

  1. IaaS ( Infrastruktur as a Service )

Cloud akan menyediakan layanan yang akan memberikan sumber infrastruktur yang lengkap, contohnya server, storage, jaringan hingga ruang pada data center. Dengan layanan IaaS kita tidak perlu membeli perangkat pada komputer.

 

 

Penulis : Wini

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia