Macam-Macam Efek Gambar Pada Vector

Macam-Macam Efek Gambar Pada Vector

  2018-11-08 16:47:19     Ulti Desi Arni     Dibaca 47 kali

Jika kita berbicara tentang design grafis, maka kita akan mengacu pada gambar. Ada dua jenis file gambar utama: Raster dan Vektor. Gambar raster dibuat dengan program berbasis piksel atau ditangkap dengan kamera atau pemindai. Biasanya filenya berekstensi jpg, gif, png, dan banyak digunakan di web. Grafis vektor dibuat dengan perangkat lunak vektor dan umum untuk gambar yang akan diterapkan ke produk fisik. Juga digunakan dalam CAD, teknik, dan grafik 3D yang kami tidak memberikan informasi atau layanan untuk.

Ketika menggunakan program raster Anda melukis gambar dan itu mirip dengan mencelupkan kuas pada cat dan lukisan. Anda dapat memadukan warna untuk memperlunak transisi dari satu warna ke warna lainnya.

Ketika menggunakan program vektor Anda menggambar garis bentuk: dan itu mirip dengan membuat gambar dengan ubin dari semua bentuk dan ukuran yang berbeda. misalnya bentuk mata, bentuk hidung, bentuk bibir. Bentuk-bentuk ini disebut objek menampilkan satu warna tunggal masing-masing.

Gambar vektor adalah perhitungan matematis dari satu titik ke titik lainnya yang membentuk garis dan bentuk. Jika Anda memperbesar grafis vektor, tampilannya akan selalu sama.

Nah pada artikel ini saya akan  membahas lebih kedalam mengenai vector, serta proses-proses pembuatan efek pada vector.

Baca Juga : Penggabungan Gambar Vektor Dan Bitmap

Grafis pada vector

Grafis vektor dapat diskalakan

Karena grafik vektor tidak terdiri dari piksel, mereka adalah independen-resolusi. Bentuk vektor - juga disebut objek - dapat diskalakan dan dicetak pada berbagai ukuran tanpa kehilangan kualitas. Ini dapat dicetak menjadi besar  dengan resolusi tertinggi printer atau perangkat output.

Baca Juga : Desain Berbasis Bitmap Dan Vector

Pengeditan warna yang mudah

Gambar vektor multi-warna dapat dengan mudah diubah menjadi grafis warna terbatas. Warna yang terbatas sangat diperlukan oleh beberapa proses seperti bordir, "stencil-cut" tanda vinil, dan barang-barang promosi khusus (seperti logo yang dicetak pada cangkir, pena, botol, dll.)

Outline / wireframe pada vector

Program vektor menampilkan gambar seperti yang biasanya kita lihat dan program tersebut juga memungkinkan kita untuk melihat garis vektor atau kerangka kawat dari setiap objek. Garis besar vektor / wireframe ini penting untuk beberapa perusahaan karena memandu peralatan yang mereka gunakan untuk membuat produk mereka, seperti ukiran dan tanda potong.

Baca Juga : Menggabungkan Gambar Dan Teks Yang Berbasis Bitmap

Tujuan penggunaan vector

Grafis vektor umumnya digunakan untuk logo, ilustrasi, gambar teknis dan untuk digunakan dengan proses yang memerlukan seni vektor seperti tanda-tanda khusus dan pencetakan, ukiran dan etsa. Juga digunakan dalam CAD, Teknik, dan grafik 3D.

nah sekarang Greader sudah tahukan apa kegunaan vektor pada gambar.  Selanjutnya saya akan memberitahukan kepada Greader beberapa atau macam-macam efek yang dapat kita berikan di gambar dengan menggunakan efek pada vektor.

Baca Juga : Perbedaan Vektor Dan Bitmap Pada Photoshop

Memberikan efek blend

memberikan efek blend adalah mengisi kurva-kurva sehingga mirip grafik 3 dimensi.

Memberikan efek contour

merupakan pencitraan bidang atau outline yang dibutuhkan berdasarkan garis suatu bidang kurva tertutup secara keluar maupun kedalam.

Memberikan efek drop shadow

efek drop shadow digunakan untuk memberikan bayangan pada objek. Objek yang bisa diberi bayangan adalah objek yang memiliki warna. Objek teks juga dapat diberikan efek ini.

Baca Juga : Tutorial Vector Di Infinite Design Pro Android

Mengatur efek warna

Ada beberapa tipe pewarna objek, diantaranya adalah menggunakan fill color, fountain fill/gradasi, pattern fill, texture fill, ataupun postscript texture. Ada 3  pilihan menu warna yaitu models, mixer, dan pallete. Untuk memberikan efek gradasi warna, kita bisa memilih fountain fill dengan beberapa pilihan, yaitu linear, radial, conical dan square. Untuk memberikan pola warna atau pattern tertentu pada objek, kita bisa memilih menu pattern fill. Ada Beberapa pola warna yang bisa dipilih pada kotak dialog pattern fill.

Menggunakan artistic media

Fasilitas artistic media menyediakan bentuk-bentuk yang artistik dan unik untuk menambah kesan menarik pada karya grafis kita. Untuk menggunakan fasilitas ini munculkan menu Artistic media tersebut di menu docker. Untuk memunculkan menu artistik media di menu docker, klik pulldown menu window pilih docker kemudian klik artistic media.

Sekian terimakasih

 

 

Penulis : Raga

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia