Penggabungan Gambar Vektor Dan Bitmap

Penggabungan Gambar Vektor Dan Bitmap

  2018-11-08 16:29:22     Ulti Desi Arni     Dibaca 34 kali

Bitmap dan Vector

Gambar yang memiliki hasil scan adalah gambar bitmap sementara gambar yang memakai aplikasi seperti Adobe Ilustrator, Freehand dan CorelDraw yang menyimpan vector graphics. Tetapi jika terdapat masalah dalam gambar di antara keduanya, bahkan memungkinkan keduanya untuk digabungkan ke dalam satu file. Hal ini cukup membingungkan bagi kita.

Gambar BITMAP

Gambar bitmap yaitu bentuk kumpulan bit yang membentuk suatu gambar. Gambar yang mempunyai kandungan yang satu titik atau pixels yang memiliki warn yang bisa di sebut dengan bits yang terkecil dengan informasi di komputer. Banyak nya jumlah pixel yang telah ada dalam sebuah gambar maka semakin halus dan realistik gambar tersebut. Kita juga harus mengetahui apa saja jenis-jenis gambar yang ada pada Bitmap:

Baca Juga : Tutorial Vector Di Infinite Design Pro Android

  1. Line-art

Gambar ini adalah gambar yang memiliki dua warna yaitu hitam dan putih.

  1. Grayscale Images

Yang terdiri dengan bermacam warna abu-abu yang menghasilkan warna hitam dan putih.

  1. Multitones

Yang memiliki dua warna atau lebih. Gambar yang sering digunakan adalah duotones yang memiliki paduan warna hitam yang memilikki warna khusus(Pantone Colour)

  1. Full Colour Images

Merupakan gambar yang mempunyai warna yang tampak relatif dengan informasi yang jelas menggunakan jenis standar yaitu warna RGB, CMYK , LAB. Gambar yang menggunakan data bitmap yang akan menghasilkan bobot file yang lebih besar.

Baca Juga : Desain Berbasis Bitmap Dan Vector

Format File yang digunakan oleh Data Bitmap

Gambar yang format data bitmap yang bisa di simpan dalam berbagai berbentuk macam format file yang antara lain:

  • BMP
  • EPS
  • GIF
  • JPEG
  • PICT
  • TIFF

Gambaran Vektor

Grafik vector yaitu suatu bentuk tampilan yang menggunakan dalam definisi yang matematis. Grafis vektor yang salah satu bentuk yang diciptakan dalam bentuk hasil yang terbaik dan digunakan dalam kebanyakan aplikasi di dalam gambar.

Format File yang digunakan dalam Data Vektor

  • EPS
  • PDF
  • PICT

Pengertian Grafis Berbasis Vektor dan Grafis Berbasis Bitmap

Grafis adalah suatu gambar yang memiliki susunan yang berkoordinat. Yang sumber gambar yang muncul di awal layar monitor di komputer yang terdiri dalam titik yang memiliki nilai koordinat. Layar monitor yang digunakan untuk sumbu koordinat x dan y. Desain grafis yang dibagi dalam dua kelompok yakni desain bitmap dan vektor. Grafis bitmap di bentuk dalam rester/pixel/titik/poitn koordinat.

Ketajaman warna yang detail dalam gambar yang di tampilkan dalam bentuk bitmap yang sangat bergantung ke pixel yang warna resolusi dalam membentuk gambar. Ini sangat berkaitan erat dengan bentuk resolusi yang tinggi yang di tampilkan di monitor yang memiliki kemampuan VGA (Video Graphic Adapter) yang dipakai. Beberapa vektor garis grafik yang terdapat di temui dalam file komputer yaitu fie komputer yang berinteraksi: .bmp, .jpg, .tif, .gif, .pxc. program aplikasi grafis yang berbasis bitmap yang antara lain: Adobe Photoshop, Corel Photopaint, Microsoft Photo Editor dan Macromedia Fireworks. Selain grafis jenis bitmap ada juga jenis vektor yang memiliki perkembangan yang sistem grafis bitmap. Tampilan akan terlihat jelas walaupun dilakukan dengan pembesaran(zooming).

Baca juga : Perbedaan Vektor Dan Bitmap Pada Photoshop

Pengubahan gambar bitmap ke gambar vektor  yang telah di lakukan dalam perangkat lunak yang dikelolah dalam bnetuk gambar seperti CorelDraw, Corel Trace, Adobe Flash. Jika ingin mengkonversi vektor ke bitmap sebaiknya tetap menyimpan dalam format vektor untuk mempertahankan bentuk kualitas gambar.

Cara penggabungan gambar vektor dan bitmap:

  1. Buka aplikasi CorelDraw X6
  2. Atur ukuran lembar kerja dan panjang
  3. Pilih foto yang ingin digabungakan dengan bitmap dan vektor
  4. Lapisi dengan garis klik menu freehand tool
  5. Pilih warna yang sesuai keinginan kita
  6. Hilangkan garis tipis dengan ukuran 0.5 atau hairline
  7. Jika selesai simpan gambar dengan ukuran JPG

 

 

Penulis: Ipit

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia