Karir Lulusan Jurusan Sistem Informasi

Karir Lulusan Jurusan Sistem Informasi

  2018-11-07 16:54:00     Ulti Desi Arni     Dibaca 42 kali

Kebutuhan umat manusia dewasa ini telah berfokus pada kebutuhan akan penguasaan dan penggunaan teknologi informasi. Bagaimana tidak? Terkadang kita saja jika berpergian, lebih memilih lupa membawa uang dari pada lupa membawa gadget, karena mereka merasa lebih hidup jika bersama gadget mereka. Sering kali pula bagi para gamers, mereka lebih memilih tidak makan, ketimbang tidak bermain games.

Dengan demikian, banyak perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang teknologi yang memanfaatkan kondisi ini, dengan cara mengembangkan aplikasi-aplikasi yang dapat memenuhi kebutuhan umat manusia. Dan dari hal ini pula, kita tahu bahwa sumber daya manusia yang ahli di bidang ini (teknologi informasi) sudah pasti banyak dibutuhkan dan dicari oleh perusahaan-perusahaan besar. Salah satu bidang ilmu yang mempelajari dan mengeksplorasi lebih jauh dan berkaitan dengan teknologi informasi adalah jurusan sistem informasi.

Jurusan sistem informasi memang merupakan salah satu jurusan favorit di tingkat perguruan tinggi yang berkaitan dengan teknologi. Meskipun jurusan sistem informasi termasuk ke dalam jurusan favorit, masih banyak orang ataupun masyarakat yang merasa bingung akan jurusan sistem informasi ini.

Karena kebanyakan masyarakat dan calon mahasiswa pada umumnya, mengetahui bahwa jurusan ini adalah jurusan yang berada di bawah Fakultas Ilmu Komputer atau di bawah Fakultas Teknik Teknologi Komputer, tapi kenapa ada kaitannya dengan bisnis atau kenapa ada pelajaran tentang bisnis di dalamnya. Namun sebenarnya sederhana saja, jurusan sistem informasi ini merupakan jurusan yang menjadi penghubung antara dunia teknologi informasi/komputer dengan dunia bisnis dan sudah tentu materi pembelajaran atau mata kuliah antara keduanya pun akan turut di pelajari.

Saat masa-masa studi mahasiswa jurusan sistem informasi akan belajar tentang bagaimana caranya mengembangkan sebuah sistem informasi, lalu akan belajar tentang komunikasi, belajar tentang statistika, manajemen project, manajemen bisnis, pengolahan data, data mining, cloud computing, dan lainnya.

Dengan demikian sudah barang tentu, jika kamu adalah calon atau lulusan dari jurusan sistem informasi ini, kamu akan memiliki bekal yang cukup untuk bersaing di dunia kerja yang berkaitan dengan teknologi komputer, bisnis ataupun keduanya. Berkaitan dengan karier atau peluang kerja atau juga bidang pekerjaan dari seorang lulusan jurusan sistem informasi, tentunya cukup banyak. Berikut adalah beberapa prospek kerja, karier atau peluang kerja seorang lulusan sistem informasi:

  1. Menjadi Seorang Konsultan IT

Menjadi Seorang Konsultan IT adalah pekerjaan yang menyenangkan, karena kamu tidak perlu bekerja kepada orang lain, tidak perlu terikat dengan aturan dan menjadi seorang yang bebas. Kalaupun kita bekerja di dalam sebuah instansi, hal yang menyenangkan adalah posisi dan bayaran pekerjaan ini cukup tinggi. Seorang konsultan memiliki tugas untuk memberikan pandangan atau pendapat serta masukkan dan perhitungan yang konkret atas sebuah perencanaan dan pengembangan sebuah sistem bagi suatu tim pengembang di sebuah perusahaan teknologi. Untuk menjadi seorang konsultan IT tentunya kamu haruslah menjadi seorang lulusan yang benar-benar mengusai mata kuliah dan merupakan seorang mahasiswa dengan IPK tinggi atau merupakan mahasiswa yang berprestasi.

  1. CEO

Jika kamu adalah seorang yang memiliki kemandirian yang tinggi, tidak ingin bergantung kepada orang lain, atau tidak suka menjadi bawahan dan lebih menginginkan menjadi seorang bos atau pemimipin, mungkin CEO adalah pekerjaan dan karier yang tepat bagi kamu. Kamu bisa membangun dan mengembangkan perusahaan mu sendiri, dan menjadi sebuah start-up atau software house.

  1. Programmer

Menjadi seorang programmer adalah suatu hal dan pekerjaan yang juga memungkinkan bagi seorang lulusan jurusan sistem informasi. Berbekal ilmu pengetahuan dan dasar tentang programming, tentunya tidak menutup kemungkinan kamu menjadi seorang programmer.

  1. Application Developer

Indonesia termasuk kedalam negara dengan pengguna smartphone terbanyak, sehingga memungkinkan aplikasi yang di hasilkan developer atau start-up banyak digunakan. Menjadi seorang Application Developer adalah pilihan karier yang juga tepat bagi seorang lulusan jurusan sistem informasi. Pekerjaannya tidak lain dan tidak bukan adalah mengembangkan aplikasi untuk perangkat-perangkat android ataupun iphone.

  1. System / Data Analyst

Seorang lulusan jurusan sistem informasi, pastinya memiliki bekal kemampuan analisis yang cukup yang berkaitan dengan data-data yang ada. Tugas utama seorang System atau Data Analyst adalah menganalisa data yang telah dikumpulkan sehingga dapat diubah menjadi sebuah informasi yang memiliki manfaat atau bernilai jual serta penting bagi suatu perusahaan. Gaji seorang Data/System Analyst pun cukup tinggi, yaitu kisaran 5 sampai 8 jutaan.

  1. Database Administrator

Tugas utama bekerja atau berkarier sebagai seorang Database Administrator adalah merancang, membangun, menerapkan, mengaplikasikan, melakukan perawatan dan perbaikan pada database suatu perusahaan.

  1. Web Designer / UI/UX Developer
  2. Game Developer
  3. Software Engineer
  4. Project Manager
  5. Freelancer
  6. Blogger
  7. Guru, Dosen, Pengajar

Demikianlah beberapa gambaran karier ataupun prospek kerja bagi seorang lulusan jurusan sistem informasi. Yang pasti jika kamu adalah seorang yang expert di bidang ini, maka gaji kamu atau gaji bagi seorang lulusan jurusan sistem informasi di dunia kerja berada di kisaran 3 sampai 15 juta. Nah, bagaimana? Tertarik untuk masuk dan menjadi lulusan jurusan sistem informasi? Tentukan pilihan kamu sekarang dan jangan sampai salah pilih.

 

Penulis : Catur

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia