Nirmana Dwimatra Garis

nirmana garis - Nirwana berasal dari bahasa sankskerta, yang terbagi atas 2 kata : “Nir : tidak” dan Mana : bentuk/makna”. Jadi, nirwana merupakan sesuatu yang tidak berwujud atau berarti. Nirmana dwimatra merupakan segala sesuatu yang tidak bermakna dan di gambarkan di atas bidang dua dimensi. Nirwana bisa disebut sebagai hasil dalam dwimatra, trimatra yang memiliki nilai keindahan. Nirwana juga disebut sebagai ilmu tata rupa.

 

Keunikan nirwana dwimatra

  1. Berupa 2 dimensi
  2. Di buat di atas permukaan bidang 2 dimensi
  3. Bentuk sketsa pada dasarnya tidak mempunyai makna

 

Unsur-unsur nirwana dwimatra

1. Titik

Merupakan unsur visual yang ukurannya agak kecil, tidak mempunyai panjang atau lebar,. Titik merupakan sebuah bitnik yang terdapat pada seni rupa, baik banyak maupun sedikit tetap juga  dikatakan sebagai titik. Dengan titik kita bisa membangun suatu ide untuk menghasilkan unsur yang baru.

2. Garis

Garis merupakan suatu yang membagi bentuk dan menyatakan ruang. Pada pemakaian nya, garis mempunyai arah horizontal dan vertical dan diagonal. Garis berperan sebagai pemberi aksen, pembatas, atau kolom

Berdasarkan bentuknya garis dibedakan menjadi 2 :

  1. Garis nyata atau sebenarnya, yaitu garis yang diperoleh dari coretan atau goresan lengkung.
  2. Garis semu, yaitu garis yang timbul sebab adanya kesan pada bidang, warna atau ruang.

Prinsip Nirwana

  1. Keseimbangan

Keseimbangan merupakan keadaan suatu benda apabila seluruh dayanya bekerja saling menghilangkan.

  1. Irama

Irama merupakan tiruan yang teratur dan berulang. Di dunia nyata kita mengambil cara tiruan gerak, misalnya pada ombak laut, gerakan daun yang terhembus angin, dan lainnya.

  1. Kesatuan

Kesatuan ini salah satu prinsip dasar pada tata rupa yang agak penting. Tidak adanya kesatuan pada suatu karya yang diperoleh menjadi tidak enak dilihat.

  1. Pusat perhatian

Dominasi memiliki sejumlah manfaat yaitu untuk menarik perhatian, meniadakan kebosanan dan untuk memecah keber-aturan.

Macam-macam nirwana

  • Nirmana Dwimatra (2 dimensi)

Nirwana dua dimensi umumya dibuat di atas media  kertas. Nirmana dwimatra masuk kepada tutorial desain grafis. Untuk menghasilkan nirwana dwimatra dimulai dari pembuatan objek dasar misalnya persegi, lingkaran, segitiga, dan bentuk lainnya. Wujud dasar tersebut kemudian ditata dan disusun sebagus mungkin sehingga membentuk sebuah pola.

  • Nirwana trimatra (3 dimensi)

Nirmana 3 dimensi umumnya dibangun sebagai aksen pada tata ruang. Nirwana merupakan badan atau rangkaian elemen-elemen visual misalnya titik, garis, warna, ruang, tekstur menjadi satu kesatuan yang harmoni dan mempunyai estetika wujud yang cantik.

 

Cara membuat nirmana garis

Cara membuat nirmana garis yang sederhana

  1. Buatlah sebuah persegi panjang kecil lurus dengan warna hitam.
  2. Untuk memperbanyak dengan cepat kita klik tombol ALT+F7
  3. Klik bagian yang sudah dibuat terlebih dahulu maka tool yang baru saja akan aktif, next klik arah yang di kehendaki menggandakan objek dan mengatur jarak sampai dengan banyaknya objek yang akan digandakan dengan cepat.
  4. Jika sudah mengatur seluruhnya sesuai dengan keperluan maka kita tekan APPLY.
  5. Untuk membuatnya melengkung bisa kita pakai ATTRACT dan RAPEL TOOL.
  6. Kemudian kita pakai RAPEL dan ATTRACT TOOL lalu arahkan saja sesuai kehendak
  7. Next, arahkan sambil menahan klik kiri pada garis yang sudah dibuat

Nirmana Garis Geometri merupakan suatu pekerjaan garis geometri yang di komposisikan sehingga menjadi suatu wujud yang komplek.

 

Penulis : Julia

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...