WhatsApp-Button
Portal UNP

Portal UNP

  2018-10-29 16:18:02     Ulti Desi Arni     Dibaca 32165 kali

Portal UNP Setiap kampus atau Perguruan Tinggi sudah seharusnya memiliki yang namanya Portal Akademik atau sebutan lainnya Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) kampus. Portal Akademik atau SIAKAD ini yang menghubungkan informasi akademis yang dimiliki setiap unit akademik baik itu jurusan ataupun fakultas dan juga merupakan sarana komunikasi dalam memperoleh informasi antara civitas kampus.

Di dalam Portal Akademik ini semua informasi mengenai civitas kampus terekam di dalamnya baik itu data mahasiswa, dosen, nilai, transkrip dam lainnya. Karena kondisi informasi akademik setiap kampus memiliki ragam informasi yang bervariasi serta banyak, untuk itulah dibutuhkan portal akademik sehingga informasi tersebut bisa diakses dengan mudah oleh pihak yang terlibat di dalamnya.

Dengan adanya portal akademik di harapkan informasi akademik bisa terkelola dengan baik dan berguna untuk pengambilan keputusan bagi kampus ke depannya. Berbicara mengenai portal akademik, kita akan mengupas sedikit mengenai portal akademik Universitas Negeri Padang atau disingkat UNP.

  1. Jika anda mahasiswa UNP mungkin tidak asing lagi dengan portal kampus UNP ini, namun jika kamu mahasiswa baru untuk mengakses portal kamu harus membuka terlebih dahulu alamatnya yaitu https://portal.unp.ac.id/ pada browser kamu. Setelah kamu berhasil membukanya maka kamu akan disuguhkan ke pada halaman login yang terlihat seperti pada gambar berikut :

 

  1. Setelah kita berhasil membuka portal maka kita akan diminta untuk memasukan user, password dan answer dari pertanyaan yang disajikan. Biasanya kampus menyediakan user untuk mahasiswa berupa Nim dan passwordnya dirahasiakan sesuai yang sudah diberikan akademik kampus. 
  1. Setelah user, password dan jawaban atas pertanyaan kamu isi dengan benar maka kamu bisa menekan tombol Sign In dan kamu akan login ke dalam sistem.
  1. Setelah berhasil login kamu akan dihantar ke halaman beranda atau dashboa Pada halaman ini biasanya ada informasi terbaru seperti jadwal pengisian KRS, jadwal ujian, jadwal perubahan dan informasi lainnya seputar kampus. Tampilannya bisa kamu lihat seperti di bawah ini :

 

  1. Pada portal akademik UNP ini juga tersedia beragam menu yang kamu pilih dengan fungsinya masing-masing. Kamu bisa mengisi KRS, mencetaknya, melihat jadwal, melihat KHS sekaligus mencetaknya, melihat transkrip nilai kamu dan mencetaknya, melihat tagihan uang kuliah, data ruangan atau kelas belajar dan menu lainnya seperti yang terlihat pada tampilan di bawah ini :

 

  1. Disini kita akan melihat menu untuk mengisi Kartu Rencana Studi. Saat kita mengklik menu “Kartu Rencana Studi” makan akan terlihat tampilan sebagai berikut :

  1. Setelah itu, jika mahasiswa ingin mengisi KRS maka tampilannya sebagai berikut :

 

  1. Jika ingin mencetak KRS tersebut bisa memilih menu Cetak KRS dan pilih semester dan klik logo print.

 

  1. Apabila kamu ingin melihat hasil belajar bisa memilih menu Hasil studi yang akan terlihat sebagai berikut : 
  2. Pada menu Profil kamu bisa melihat profil kamu dan mengeditnya.
  3. Apabila kamu ingin mengganti password untuk login ke portal akademik UNP ini kamu bisa melakukannya dengan melihat di sudut kanan dekat My Account dan ada terlihat Change Password.
  4. Setelah kamu memilih Change Password maka akan ada tampilan menu untuk memasukan password lama dan password baru. Seperti yang terlihat pada gambar berikut :

lupa password portal unp

Nah itulah informasi seputar portal akademik UNP dan jika kamu saat ini kebetulan mahasiswa baru UNP ini semoga bisa membantu. Semoga bermanfaat. jika lupa password portal unp silahkan hub pihak akademik ya

 

#GarudaCyber23Oktober2018


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia