WhatsApp-Button
Kelebihan Dan Kekurangan Jurusan TKJ

Kelebihan Dan Kekurangan Jurusan TKJ

  2018-10-29 15:32:20     Ulti Desi Arni     Dibaca 6114 kali

Jurusan TKJ merupakan jurusan yang menekuni sekitar merakit komputer dan juga laptop, belajar sistem operasi, pemahaman dan juga praktik jaringan dasar, pemrograman web, belajar menyinggung seputar sistem kerja jaringan dan juga meng-administrasi komputer server.

TKJ tidak lepas dari pelajaran merakit komputer. Ketika merakit komputer dibutuhkan ilmu dan pastinya tidak boleh asal-asalan. Jurusan TKJ menekuni tentang komponen pengolah komputer, macam mana merakit komputer yang baik dan juga benar, melaksanakan konfigurasi elemen komputer beserta yang terakhir pemeriksaan hasil perakitan.

Sesudah dirakit, Jurusan TKJ belajar mengenai Sistem Operasi. Selesai siswa merakit, selanjutnya yaitu melangsungkan instalasi Sistem Operasi. Belajar Sistem operasi merangkap seluruh kemajuan sistem Operasi, konstruksi, Partisi Harddisk, Instalasi Sistem Operasi, hingga memanajemen sistem kerja dapat di pakai oleh user.

Selain mengulas perkara komputer, Jurusan TKJ dan bisa juga mengulas tentang Jaringan. Sukses merakit serta melangsungkan instalasi sistem operasi, siswa diajarkan tentang membikin jaringan. Siswa belajar tentang macam-macam jaringan komputer, menangkap referensi OSI, membikin jaringan pada macam-macam topologi, belajar TCP, setting IP Addrress, mendirikan jaringan lokal, dan mendirikan jaringan server.

Itulah kira-kira hal yang akan dipelajari pada Jurusan TKJ.  Semoga memberikan penerangan, bagi siswa yang berniat mendalami dunia Komputer dan Jaringan.

 

Kelebihan Jurusan TKJ

Kelebihan Jurusan TKJ , sahabat greader setiap jurusan memiliki kelebihan tersendiri. Jadi jangan berpendapat  hanya ada satu jurusan yang terbaik. Banyak jurusan yang ada di semua Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Akan tetapi kesempatan kali ini kita akan membahas tentang kelebihan jurusan teknik komputer dan jaringan atau biasa disingkat TKJ saja Greader.

 

Apa itu TKJ

Sebelumnya apa itu TKJ greader? TKJ yakni jurusan SMK yang menekuni semua tentang Sistem Operasi, Perakitan Komputer/Laptop, Troubleshoting Jaringan, Software dan Hardware Komputer, dan lain sebagainya.

 

Jurusan TKJ

Jurusan TKJ nyaris mirip sama RPL gara-gara tidak jauh sama komputer. Yang membedakan yakni jika RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) menekuni bagaimana cara membikin sebuah program komputer, Bahasa Pemrograman, Visual Basic, dan masih banyak lagi. Jadi pada intinya sobat greader, RPL yakni jurusan yang berkaitan sama program komputer, sedangkan TKJ yakni jurusan yang berkaitan  sama rakit-merakit komputer dan juga komponen-komponennya.

Berikut yaitu hasil pengamatan saya menyinggung  Kelebihan TKJ:

  1. Pembahasan Mantap

Mulai kelas X pelajaran awal yang diajarkan yakni mengenai Software dan juga Hardware. Kita diajarkan untuk memahami bagian-bagian komputer mulai software dan juga hardware. Tidak hanya itu saja sobat greader, pembelajaran Sistem Operasi juga tidak ketinggalan. Di kelas X kita akan diajarkan mengenai bagaimana cara membikin kabel Straight dan Cross. Lagi-lagi, konversi bilangan juga diajarkan. Mulai dari binner sampai hexa.

Troubleshooting Komputer juga diajarkan. Menyelidiki permasalahan yang ada pada RAM, Hard Disk, dan juga lainnya. Kita diajarkan menyinggung permasalahan apa saja yang sih yang sering berlangsung pada system komputer dan juga cara mengatasinya. Bunyi beep juga diajarkan dan perakitan komputer juga tidak lupa dengan memakai  CPU yang terbongkar kita disuruh merakit computer. Kita juga dibekali sama nasehat dan juga apa yang dipelajari selama praktek buat bekal prakerin sobat greader. Menginstal SO, dan belajar merakit Jaringan LAN.

  1. Prakerin Menambah Pengalaman Kerja

Prakerin atau yang lebih sering kita dengar dengan kata magang, sekarang menjadi salah satu ajang menuangkan bakat kita di tempat kerja yang sesungguhnya. Sejumlah tempat service komputer menanggung siswa SMK untuk Prakerin. Disana Greader juga diajarkan bagaimana cara menerima konsumen, bongkar pasang laptop, printer, PC, install sistem operasi, dan masih banyak lagi.

Kualitas tempat prakerin yang satu Greader berbeda dengan yang lainnya. Jadi pilihlah tempat prakerin yang menurut sahabat greader cocok untuk menguji kemampuan selama menjalani pembelajaran di Sekolah.

  1. Peluang Kerja

Pada saat ini lebih banyak perusahaan yang menginginkan karyawan yang ahli pada bidang komputer. Sesudah lulus tidak menutup kemungkinan untuk belajar lagi (Kuliah), walaupun SMK sahabat greader juga bisa melanjutkan kuliah. Keinginan sahabat greader untuk menjadi Teknisi Komputer (IT) akan terbuka selama ada kemauan. Banyaknya peluang kerja bagi lulusan TKJ. Jadi jangan takut masuk Jurusan TKJ.

 

Kekurangan jurusan TKJ

  1. Biaya

Jurusan TKJ merupakan jurusan yang berhubungan dengan komputer. Selain itu perlengkapan yang dipakai juga tidak murah. Sekolah pasti menyediakan peralatan yang berhubungan dengan TKJ. Akan tetapi pasti ada saat dimana kita membutuhkan komputer dan juga laptop untuk keperluan sehari-hari. Dan juga peralatan yang lain bisa di bilang harganya tidak murah atau mahal.

  1. Update

Teknologi kini sudah amat berkembang pesat. Hal-hal yang paling sering kita lakukan dengan alami yaitu dengan lajunya perubahan struktur komputer yang mengakibatkan seorang menjadi kesulitan. Maka dari itu harusnya kita mengetahui, dan juga menguasai komputer agar ke depannya kita pandai memperbaiki komputer sendiri, dan bisa jadi kita juga bisa membuat jaringan.

 

Penulis : Rani


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia