Pengertian Dan Fungsi Demultiplexer

Pengertian Demultiplexer

Demultiplexer  adalah perangkat yang mengambil  sinyal input yang tunggal yang memilih salah satu dari banyak output yang di data baris yang berhubungan ke input tunggal multimplexer. Satu multiplexer yang banyak dipakai dengan demultiplexer untuk melengkapkan dan  di ujung penerima. Bentuk multiplexer elektronik yang bisa dianggap sebagai beberapa masukan tunggal output switch yang demultiplexer sebagai bentuk masukan tunggak , ganda output switch .

Demultiplexer juga bisa diartikan dengan rangkaian logika yang menerima satu input data yang mendistrubusikan input tersebut yang beberapa output yang telah disediakan juga merupakan kebalikan multiplexer

Dengan data-data input yang telah dilakukan oleh selektor line yang merupakan input di demultipelexer tersebut. Blok diagram bentuk demultiplexer bisa di lihat dari gambar berikut :

Data select control input Data output

A    B    Inp    y1   y2   y3   y4

o     o     o       o     x      x     x

o     o      1       1     x     x     x

o      1      o      x     o     x     x

o      1       1     x      1     x     x

1      o     o     x      x       o    x

1      o    1      x       x       1    x

1       1    o      x       x      x     o

1        1     1     x       x      x     1

Penjelasan di atas adalah :

Diagram logika untuk 4 jalan multiplexer dengan A=o, B=1 ( Data y2 yang dipilih)

Rangkaian yang ada pada rangkaian elektronika yang yang berbentuk satu masukan ke lebih dari satu luaran. Demultiplexer bisa disebut dengan data distributor  yang pemilihan saluran yang dikeluarkan yang dilakukan oleh sinyal kontrol. Sinyal kontrol merupakan bentuk masukan yang digunakan untuk alat yang mengarahkan yang setiap sinyalnya di masukan di saluran luaran yang di tentukan. Bentuk demultiplekser yang sebuah sinyal kontrol yang memiliki 2n untuk saluran keluar.

Demultiplexer atau juga disebut De-Mux yang bisa juga distributor data. Demux yang memiliki satu atau kenal input yang telah di kerjakan bersama dengan beberapa kanal output atau selektor output yang membentuk ke output yang akan distribusikan yang banyak jumlah selektor yang dilihat banyaknya jumlah kanal ouput .

Fungsi demultiplexer

Perangkat elektronik yang fungsi untuk memilih salah satu yang ada pada data yang diberikan pada data yang menggunakan bentuk dari suatu input. Demultiplexer memang banyak disebut dengan perangkat yang sedikit input dan banyak nya output, karena yang berfungsi memilih saluran  output yang banyak di jalur input yang sedikit . Contoh yang diaplikasikan di digital (TTL) yang berada di IC yang fungsinya sebagai demultiplexer seperti IC74LS138 yang berbentuk demultiplexer  8 arah. Demultiplexer 74LS138 yang banyak digunakan untuk memilih salah satu dari 8 arah yang diberikan data BCD 3 bit yang arah masukan A0-A2. Demultiplexer 74LS138  juga memilki arai keluaran Q0-Q7 , 3 arah masuk A0-A2 dan arah kontrol expansi E1-E3.

Jadi jika disimpulkan fungsi Demultiplexer yaitu menggantikan bentuk satu arah input data yang sama ke bentuk salah satu dari bentuk 4-arah data output A sampai D .

Ada beberapa langkah untuk melakukan percobaan adalah:

  1. Lihat data sheet untuk masing-masing IC yang diperlukan , catat kai-kai input , ouput dan Vcc dan Ground.
  2. Atur kembali tegangan power supply sebesar 5 volt
  3. Bentuk rangkaian demultiplexer
  4. Bentuk logic 1 di input aserta selector  S1, dan S0.
  5. Buatlah rangkaian nya
  6. Kasihkan logic 0 atau logic 1 di enable input yang di bentuk dari selector S1 ,S0.

 

Penulis : Ipit

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...