Cara Login iRaise

Cara Login iRaise

Dewasa ini, kita telah berada di Era Nano Technology, IoT, Industri 4.0 dan modern technology, yang membuat segala sesuatunya harus berbasiskan teknologi, terintegrasikan dengan jaringan, dan dapat akses atau digunakan secara mobile (kapan dan dimana saja).

Perguruan tinggi adalah salah satu instansi yang terkena imbas dari adanya kondisi tersebut, dimana mau tidak mau, suka atau tidak, mampu tidak mampu, bisa atau tidak, perguruan tinggi yang ada di Indonesia mulai melakukan perubahan atau migrasi sistem. Dimana segala sesuatu yang dahulu dilakukan secara tradisional ataupun manual, sekarang harus bisa dilakukan secara otomatis, online dan real time.

Hampir seluruh kampus yang ada, saat ini telah memiliki sebuah sistem informasi akademik mahasiswanya masing-masing dengan penamaannya masing-masing, baik yang berbasis web ataupun aplikasi android. Nah, pada pembahasan di artikel kali ini, kita akan membahas sebuah sistem atau aplikasi akademik yang bernama iRaise milik salah satu perguruan tinggi yang ada di Provinsi Riau, yaitu Universitas Islam Negeri Sulthan Syarif Kasim Riau.

iRaise sendiri adalah singkatan dari Integrated Academic Information System atau apabila kita terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia adalah Sistem Informasi Akademik Terpadu / Pusat / Terintegrasi. iRaise merupakan portal akademik mahasiswa milik Universitas Sulthan Syarif Kasim Riau generasi yang ke 3. iRaise dikembangkan oleh Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data ( PTI TD ) Universitas Islam Negeri Syarif Kasim Riau sebagai pengganti Sistem Informasi Mahasiswa dan Akademik sebelumnya yang bernama SIMAK.

iRaise dirasa perlu untuk dikembangkan, mengingat hal ini merupakan PR yang diamanahkan oleh Rektor UIN Suska Riau ( Prof. Dr. H. Munzir Hitami, MA ) kepada Wakil Rektor I Bidang Akademik Mahasiswa ( Dr.  Hj. Helmiati, M. Ag ). Dan mengingat jumlah mahasiswa yang sudah mencapai 30.000 mahasiswa serta kebutuhan pelaporan yang harus dilakukan secara OnLine dan Real Time. Penggunaan iRaise diberlakukan sejak tahun akademik 2015/2016 dengan mengaksesnya di laman https://iraise.uin-suska.ac.id/.

Berikut adalah cara akses dan penggunaan iRaise:

  1. Buka laman https://iraise.uin-suska.ac.id/
  2. Ketikan user id dan password
  3. Jawab pertanyaan keamanan
  4. Klik login

Contoh gambar :

Gambar 1. Halaman Login iRaise

Gambar 2. Tampilan Dashboard / awal iRaise

Adapun menu – menu yang terdapat di iRaise ini adalah:

  1. Beranda

Menu yang berfungsi mengembalikan dan mengarahkan ke halaman awal saat login jika di klik.

  1. Profil

Menu profil ini tentunya berfungsi untuk mengisi, mengedit serta menampilkan profil ataupun informasi pribadi, alamat, keluarga dan wali. Berikut adala contoh tampilan dari menu profil.

Gambar 3. Tampilan menu Profil

  1. Lapor C3

Lapor C3 merupakan menu untuk menyampaikan kendala atau permasalahan yang dialami oleh mahasiswa ( layanan pelanggan / mahasiswa ), yang akan diteruskan atau dikirmkan oleh sistem ke pada admin atau pengembang iRaise. C3 sendiri merupakan singkatan dari Custumer Care Center.

  1. Kurikulum

Menu kurikulum berisikan tentang informasi berkaitan tentang kurikulum yang sudah kita tempuh atau ringkasan mata kuliah yang telah kita ambil semasa kuliah.

  1. Riwayat KRS

Menu Riwayat KRS ( Kartu Rencana Studi ) berguna untuk menampilkan informasi tentang riwayat studi atau mata kuliah yang telah kita tempuh. Dalam sub dari sub menu Riwayat KRS terdapat tombol aksi cetak, untuk mencetak Riwayat Kartu Studi mahasiswa.

  1. KHS

Menu KHS ( Kartu Hasil Studi ) berfungsi untuk menampilkan perolehan nilai ( Indeks Prestasi ) dari hasil belajar kita selama kuliah, yang ditampilkan dalam bentuk diagram batang untuk tiap semester.

  1. Transkrip Nilai

Menu ini berfungsi untuk menampilkan detail nilai dari tiap mata kuliah yang telah kita jalani selama masa kuliah atau selama satu semester.

  1. Jadwal

Menu ini berfungi untuk menampilkan detail jadwal tiap mata kuliah, termasuk jumlah sks, nama dosen pengampu, ruang, waktu dll.

  1. Kelas Elektronik

Menu Kelas Elektronik adalah portal untuk diskusi online sesuai dengan mata kuliah yang bersangkutan.

  1. History Pembayaran

Menu ini berfungsi untuk menampilkan history pembayaran uang kuliah tunggal (UKT) selama masa studi.

  1. Ajukan Cuti

Menu ini berfungsi untuk kita melakukan pengajuan cuti.

  1. Wisuda

Berfungsi untuk portal pengajuan dan verifikasi saat kita memasuki masa atau saat kita telah dinyatakan lulus.

  1. Log Out

Selain 13 menu diatas ada menu lain yaitu reset atau ganti password yang terdapat di sebelah kanan photo profil dan juga terdapat di dalam sub menu profil. Dan tentunya Ke 13 menu diatas dapat diakses kalau kita sudah login. Apabila kita menemui kendala saat ingin login, baik itu lupa password dan lainnya, kita dapat memanfaatkan menu reset password di halaman login atau menghubungi pusat komunikasi / admin websitenya.

 

Penulis : Catur

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...