WhatsApp-Button
Belajar Dari Youtube, “Programmer Cilik”Ini Pukau Bos Apple Dengan Aplikasi Buatannya

Belajar Dari Youtube, “Programmer Cilik”Ini Pukau Bos Apple Dengan Aplikasi Buatannya

  2018-01-26 10:56:22     aknovia     Dibaca 353 kali

Siapa yang tidak mengenal Yuma Soerianto, programmer cilik yang viral saat berita mengenainya yang memukau bos Apple, Tim Cook, saat World wide Developers Conference (WWDC) di San Jose (AS) pada 5-9 Juni2017 lalu.

Yuma merupakan anak dari Hendri Soerianto. Anak laki-laki ini mulai tertarik dan belajar coding diusia 6 tahun. Diusia 10 tahun ia telah membuat lima aplikasi, diantaranya Let’s Stack, Hunger Button, Kid Calculator, Weather Duck, dan Pocket Poke. Ia belajar dari video di youtube. Sekarang ia telah memiliki saluran youtubenya sendiri bernama Anyone Can Code.

Dilansir dari Australia Plus, Yuma Soerianto untuk pertama kalinya hadir di konferensi WWDC, konferensi yang diadakan perusahaan raksasa teknologi Amerika, Apple. Yuma sempat bertemu dengan sang CEO sebelum acara berlangsung.

Tim Cook merasa terpukau dengan aplikasi yang Yuma ciptakan saa tperjalanannya didalam pesawat dari Melbourne ke Amerika Serikat. Tujuan aplikasi tersebut adalah untuk memudahkan orang tuanya menentukan harga sebuah barang. Harga tersebut sesuai harga penjual local dan pajak, kemudian disajikan kedalam konversi mata uang setempat.

"Keren sekali, hebat," puji Cook setelah melihat demo aplikasi Yuma tersebut.

"Dan kamu membuatnya di pesawat dalam perjalanan dari Australia ke AS? Wow. Kamu bisa membuat aplikasi dalam hitungan jam. Saya terkesan. Saya tak sabar melihat karyamu selanjutnya," ujar Cook.

Lahir di Singapura pada 2007, Yuma adalah seorang pelajar di Middle Park Primary School, Melbourne, Australia. Nama belakangnya, Soerianto, memang terasa sangat lokal. Kepada Australia plus Hendri Soerianto mengungkapkannya,

"Saya dulu berasal dari Jakarta, dan kami sudah berada di Australia selama delapan tahun. Kami tinggal di Singapura selama ini dan Yuma lahir di sana. "Siapa pun bisa melakukan coding, bila sabar dan senang melakukannya."Jelas Yuma.

"Akan bagus sekali bila dia bisa memberikan inspirasi kepada orang Indonesia lainnya untuk belajar coding," pungkas Hendri.

 

Penulis : Ulfa Khairunnisa

#Garudacyber05januari


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia