WhatsApp-Button
Perbedaan Jurusan Ilmu Komunikasi Dengan Jurusan Desain Komunikasi Visual

Perbedaan Jurusan Ilmu Komunikasi Dengan Jurusan Desain Komunikasi Visual

  2018-10-22 16:59:07     Ulti Desi Arni     Dibaca 7059 kali

Pembahasan pada artikel kali ini, masih tidak berpaling dari Desain Komunikasi Visual (DKV). Kenapa masih harus dibahas? Susah berpaling ya? Bukan itu alasanya. Pada kesempatan kali ini pembahasan kita masih ada kaitannya dengan DKV karena memang topik ini sangat enak untuk dibahas, terlebih masih banyak masyarakat atau calon mahasiswa yang masih belum mengenal dengan jurusan yang satu ini, dan juga karena ada yang bertanya-tanya, apa sih bedanya DKV dengan Ilkom? Kan sama-sama ada komunikasinya? Agar kita sama-sama mengerti dan memahami perbedaan diantara keduanya, mari kita sama-sama bahas pembahasan berikut ini.

Apa Itu Jurusan Ilmu Komunikasi?

Jurusan ilmu komunikasi yang kemudian lebih dikenal dengan sebutan Ilkom, merupakan suatu cabang ilmu pengetahuan yang pembahasannya cukup luas dan mendalam, yang sangat kuat kaitannya dengan masalah komunikasi. Cabang atau macam dari ilmu komunikasi itu sendiri ada banyak, contohnya seperti: Komunikasi intrapersonal yang merupakan ilmu dan cara bagaimana berkomunikasi dengan diri sendiri, interpesonal yang merupakan ilmu dan cara bagaimana berkomunikasi dengan orang lain, komunikasi dari individu dengan kelompok, komunikasi dalam organisasi dan komunikasi dengan media massa.

Jurusan ilmu komunikasi ini sendiri merupakan turunan induk dari jurnalistik, hubungan masyarakat (Pubic Relation), penyiaran, marketing, Adveritising, DKV dan juga performing arts communication. Mahasiswa lulusan jurusan ini akan mendapatkan gelar sebagai Sarjana Ilmu Komunikasi (S.I.Kom). Adapun gambaran tentang apa yang akan dipelajari oleh mahasiswa jurusan ilmu komunikasi adalah sebagai berikut: mahasiswa di jurusan ini akan diajari tentang bagaimana cara berkomunikasi dan mengkomunikasikan sesuatu dengan baik, dengan mempelajari aspek-aspek komunikasi itu sendiri. Dalam praktek dan pembelajarannya, mahasiswa akan banyak mengenal dan mempelajari hal baru dan juga seru seperti: public speaking, fotografi, jurnalistik, desain, animasi, membuat iklan, dll.

Lalu apa bedanya dengan jurusan Desain Komunikasi Visual ?

Jurusan Desain Komunikasi Visual (Visual Communication Design) adalah cabang ilmu tentang design dimana dalam pembahasannya sangat spesifik dan intens membahas tentang konsep komunikasi dengan menggunakan ungkapan kreatif, teknik serta media yang menggunakan element visualisasi, atau rupa yang mampu untuk menyampaikan pesan dengan maksud tertentu, baik untuk memberikan informasi ataupun untuk mengajak dan mempengaruhi (to inform dan to persuade).

Jurusan desain komunikasi visual lebih terfokus bagaimana cara kita untuk dapat berkomunikasi dengan client atau custumer dengan menggunakan media yang divisualisasikan. Secara garis besar, memang yang akan dipelajari oleh mahasiswa jurusan Desain Komunikasi Visual hampir sama dengan apa yang akan dipelajari oleh mahasiswa jurusan ilmu komunikasi. Akan tetapi tingkat kemampuan akan desain, pembuatan  animasi dan ilustrasi, teknik pengambilan gambar, editing foto dan video mahasiswa jurusan desain komunikasi visual lebih tinggi dan jauh jika dibandingkan dengan mahasiswa ilmu komunikasi.

Perbedaan mendasar antara mahasiswa jurusan ilmu komunikasi dengan mahasiswa jurusan desain komunikasi visual, adalah terletak pada bagaimana cara mereka berkomunikasi. Mahasiswa jurusan ilmu komunikasi lebih mengasah kemampuan mereka untuk berkomunikasi dan mengkomunikasikan sesuatu kepada orang lain (kemampuan berbicara paling utama, media hanya sebagai pendukung). Sedangkan mahasiswa jurusan desain komunikasi visual lebih mengasah kemampuan desain dan multimedianya, sehingga mereka mampu menuangkan atau memindahkan apa yang seharusnya mereka sampaikan melalui kata-kata dari penyampaian langsung (mulut) menjadi media, baik itu melalui gambar, video, ilustrasi atau animasi tanpa harus disampaikan secara langsung.

Prospek kerja dan lulusan dari kedua jurusan ini juga berbeda. Mahasiswa lulusan ilmu komunikasi biasanya di masa mendatang akan berkerja menjadi atau bekerja di suatu tempat yang erat kaitannya dengan komunikasi, seperti:

  1. Menjadi seorang Penyiar (News Anchor)
  2. Menjadi seorang Jurnalis (Reporter)
  3. Menjadi seorang Announcer atau Presenter
  4. Menjadi seorang Master Ceremony (MC)
  5. Menjadi seorang Public Relation Officer atau HRD
  6. Bekerja sebagai seorang Event Organizer
  7. Menjadi praktisi periklanan
  8. Menjadi seorang marketing

Sedangkan untuk mahasiswa jurusan desain komunikasi visual akan bekerja atau menjadi seorang yang memang erat kaitannya dengan desain dan multimedia, seperti:

  1. Bekerja sebagai Web Designer
  2. Menjadi seorang Visual Designer
  3. Menjadi seorang Graphic Designer
  4. Bekerja sebagai seorang Animator
  5. Illustrator
  6. Creative Director
  7. Art Director
  8. Freelance Designer
  9. Photographer
  10. Video Editor

Nah, dari penjelasan dan gambaran lulusan atau pekerjaannya, kami harap teman-teman semua mengerti ya tentang perbedaan antara jurusan ilmu komunikasi dan desain komunikasi visual. Terlebih, jika hanya kita perhatikan dari prospek kerjanya saja, sudah terlihat perbedaan yang jauh dari kedua jurusan tersebut. Semoga bermanfaat.

 

Penulis : Catur


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia