WhatsApp-Button
Cara Mengontrol Permissions Aplikasi Smartphone

Cara Mengontrol Permissions Aplikasi Smartphone

  2018-01-25 15:14:41     aknovia     Dibaca 602 kali

Penggunaan smartphone sangat bergantung pada aplikasi yang anda install. Bahkan ketika anda sedang tidak membuka aplikasi apapun, aplikasi tersebut dapat berjalan di latar belakang melakukan update lokasi, mengecek e-mail, atau memainkan musik – untuk lebih memudahkan anda. Tapi untuk melakukan semua itu, aplikasi membutuhkan permissions (izin) dari smartphone anda.

Permissions-lah yang memberikan akses Google Maps mencari dimana keberadaan anda, aplikasi kamera untuk melihat dan menggunakan kamera pada smartphone, bahkan mesengger favorit anda bisa melihat semua kontak yang ada sebelum mengirimkan pesan. Biasanya aplikasi smartphone akan meminta izin akses permissions ini pada saat anda pertama kali meng-install atau membuka aplikasi. Tapi bisa saja anda memberi izin aplikasi melebihi apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh aplikasi tersebut. Sebaiknya anda melakukan pengecekan terhadap apa-apa saja akses yang diberikan pada aplikasi yang akan atau telah ter-install.

Kewaspadaan anda dalam melihat apa saja permissions yang diberikan pada setiap aplikasi yang ter-install pada smartphone akan membuat data-data anda lebih aman dan tidak memberikan celah pada developers (pengembang) yang tidak bertanggung jawab untuk mencuri data anda. Ditambah lagi, selain untuk hal keamanan, ini juga dapat membuat aplikasi yang tidak terlalu dibutuhkan tidak berjalan pada latar belakang, sehingga smartphone bisa lebih hemat daya baterai.

Android

Untuk menemukan permissions pada aplikasi yang ter-install di android, berikut adalah langkah-langkahnya. Buka “Settings” lalu pilih “Apps & notifications”, pilih App info, dan pilih aplikasi yang diinginkan. Pilih daftar permissions untuk melihat semua izin yang diberikan pada aplikasi. Anda bisa menonaktifkannya dengan toggle yang ada pada daftar permissions.

Opsi lain bisa juga dengan mencarinya dengan permissions-nya bukan dengan aplikasinya. Caranya dengan membuka “Settings” dan pilih “App & notifications” seperti sebelumnya, lalu pilih “App Permissions”. Anda akan melihat Body sensors, Calendar, Camera, Contacts, Location, Microphone, SMS, Storage, Telephone, dan lainnya. Pilih aplikasi yang diberi izin, lalu anda bisa menonaktifkannya seperti sebelumnya.

Tapi yang perlu diingat bahwa sebelum menonaktifkan permissions pada aplikasi, anda perlu memastikan bahwa anda tidak membutuhkan aplikasi tersebut untuk dapat mengakses permissions. Misalnya jika anda menonaktifkan permissions aplikasi untuk membaca kontak, aplikasi tidak akan bisa mengaksesnya dan memperoleh kontak anda. Pada beberapa aplikasi membaca kontak diperlukan seperti pada aplikasi chatting agar bisa mengetahui nomor kontak teman untuk melakukan chat.

iOS

Hampir sama dengan android, hanya saja anda juga bisa melihatnya dengan membuka “Settings” dan kemudian pilih “Privacy”. Semua permissions akan muncul dengan grup berdasarkan tipe fungsinya. Pilih permissions, dan anda bisa memilih permissions yang ingin dinonaktifkan dengan menekan toggle pada grup.

sumber : popsci


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia