WhatsApp-Button
Pengertian Dan Fungsi Backup Dan Restore

Pengertian Dan Fungsi Backup Dan Restore

  2018-10-18 14:58:53     Ulti Desi Arni     Dibaca 766 kali

Pengertian Backup Data

Backup data itu Greader merupakan kegiatan menyalin sekelompok data yang sudah di save dalam harddisk computer yang umumnya dikerjakan dari tempat satu ke tempat berikutnya. Sekelompok informasi tersebut biasanya semacam berkas-berkas, gambar, video, audio, dan program tertentu seperti  driver, windows, dan software.

Manfaat Backup Data

Fungsi dari backup data itu sendiri Greader adalah kita memiliki simpanan data dari data terhapus, baik yang dikarenakan oleh kesalahan kita sendiri atau penyebab lain di luar dugaan kita, contohnya: adanya virus, dokumen tidak bisa dibuka, bencana dan lain sebagainya. Dengan begitu simpanan file yang telah kita save bisa kita manfaatkan lagi sebagai penukar data yang sudah terhapus tadi. Manfaat backup data lebih mengutamakan pada keamanan dan kenyamanan dalam memakai computer.

System Restore

Sedangkan system restore ini Graeder Merupakan suatu fitur yang ada pada operating system windows. Dengan system restore mengizinkan seorang pengelola windows atau pemakai operating system windows untuk memulihkan system windows pada keadaan sebelum atau keadaan sesudahnya

Manfaat System Restore

Manfaatnya yaitu ketika sebuah operating system windows mendapat masalah yang mendatangkan kinerja system tidak bisa bekerja dengan maksimal. Masalah ini muncul diakibatkan oleh sejumlah hal misalnya terjangan virus, dokumen error, dan kesalahan pemakainya.

Hal yang Mempengaruhi Bandwidth dan Throughput yaitu

:

  • Peralatan jaringan yang dipakai.
  • Topologi jaringan yang pakai
  • Jenis data yang dikirim
  • Kuantitas pemakai jaringan.
  • Penajaman computer server
  • Uraian computer user
  • Induksi listrik maupun cuaca 

Cara Mem-Backup

  1. Start> all program> accessories> system tools> backup
  2. Keluar jendela wizard backup atau restore dan tekan next
  3. Pilih back up files dan setting> tekan next
  4. Ada 4 pilihan backup :
  5. My document and settings
  6. Evertone documents and settings
  7. All information on this computer (semua informasi yang ada)
  8. Let me choose what to backup (hanya pilihan yang diinginkan)
  9. Tekan next
  10. pilih area penyimpanan backup sesuai keinginan dan pastikan bahwa volumenya layak untuk menyimpan dokumen backup, tekan next
  11. finish

Langakah Me-Restore

Untuk restore backup data dibuat langkah 1-3 setelah itu pilih restore files and settings. Setelah itu pilih area file backup yang tercantum. Dan ikuti aba-aba hingga selesai.

Ada beberapa macam media penyimpanan yang bisa dipilih dengan keunggulan dan kelemahannya masing-masing

  1. Tape Magnetic

Tape magnetic serupa dengan kaset audio atau kaset video pita yang cadangan file pada pita magnet panjang yang bekerja dari titik awal sampai akhir.

  1. Harddisk

Kelebihan dari harddisk yaitu jangka akses yang kencang, variasi kapasitas yang banyak dan memudahkan pemakaian.

  1. Optical Disk

CD and DVD yang bisa dicetak yaitu dua pilihan yang terdapat pada bagian ini. Namun, dengan semakin murahnya drive DVD dengan penyimpanan yang agak besar, pemilihan DVD seperti media backup lebih mengprospektif daripada CD. Tentunya Greader CD pun bisa dipakai untuk proses backup kumpulan data yang lebih kecil atau sedikit.

  1. Floppy Disk

Floppy disk ini Greader pada masanya sudah memenuhi ketentuan penyimpanan file. Akan tetapi, saat ini sudah tidak ada lagi alasan untuk memakai media ini, apalagi untuk kebutuhan backup. Dengan  Semakin banyak nya dokumen yang dimiliki orang misalnya video, music, sampai data system, adalah hal yang tidak bisa dipahami dan menjadikan floppy disk sebagai pilihan

  1. Solid State Storage

Yang terdapat pada sekumpulan media ini ada beberapa, yaitu flash memory, thumb drives, compact flash, memory stick, kartu multimedia dan lainnya. Portabilitas merupakan kelebihan sekaligus kekurangan media backup ini. Dengan portabilitasnya, data yang terdapat dalam media ini benar-benar gampang berpindah termasuk berpindah ke tangan yang tidak semestinya.

 

 

Penulis : Julia


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia