WhatsApp-Button
Jangan Salah Pilih Jurusan IT/Komputer, Jika Kamu Suka Design Atau Multimedia

Jangan Salah Pilih Jurusan IT/Komputer, Jika Kamu Suka Design Atau Multimedia

  2018-10-15 16:59:11     Ulti Desi Arni     Dibaca 111 kali

Masa depan adalah sesuatu hal yang menarik untuk dibahas dan suatu hal yang harus digapai serta dipikirkan secara matang-matang sedari awal, apa yang harus dipersiapkan atau langkah apa yang harus kita ambil agar masa depan itu dapat kita gapai.

Melanjutkan pendidikan ke sekolah lanjutan tingkat atas (SLTA) atau Greader ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang pendidikan tinggi (Kuliah) adalah salah satu jalan untuk menggapai masa depan yang cerah, gemilang dan sesuai dengan apa yang kita harapan. Jurusan yang kita pilih di bangku sekolah/kuliah juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kesuksesan kita di masa depan. Jangan sampai kita salah memilih jurusan ketika kita hendak melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi dari sebelumnya.

Jangan sampai hal yang harusnya dapat membuka jalan kita menuju kesuksesan, malah mengarahkan kita kepada jalan yang salah, berada di jurusan yang salah dapat berakibat fatal bagi kita, jika kita tidak mampu bertahan, tidak mampu menyesuaikan dan terus berjuang untuk menyelesaikannya sampai akhir. Salah dalam memilih jurusan dapat membuat kita stress, prutasi atau malah nanti bisa bunuh diri. Nah, pastinya kita tidak mau bukan, jika hal itu sampai terjadi? Maka dari itu, pada kesempatan kali ini, kita akan coba membahas tentang materi “Jangan Salah Pilih Jurusan IT/Komputer, Jika Kamu Suka Design atau Multimedia”.

Pembahasan kali ini mungkin lebih tepat buat teman-teman calon mahasiswa. Kenapa? Karena biasanya untuk teman-teman calon siswa tingkat SLTA (masih anak SMP), kalau mau melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi dari sebelumnya, dengan jurusan Design atau Multimedia, biasanya tidak terlalu ambil pusing. Pastinya kalian akan memilih masuk ke SMK bukan SMA apalagi MA. Di tingkat SMK sendiri, biasanya kita tidak perlu ambil pusing akan jurusan mana yang sesuai dengan multimedia atau design, karena antara jurusan komputer dan multimedia, sudah memiliki bagian dan kejelasannya masing-masing. Jadi, buat kamu calon mahasiswa, harap dibaca secara seksama ya.

Dapat kita lihat problematika yang terjadi di banyak universitas atau perguruan tinggi, tentang mahasiswa yang berada di jurusan ilmu komputer ataupun yang berada di jurusan teknik informatika, yang terkesan terkejut dengan mata kuliah yang mereka pelajari di jurusan yang dipilihnya, terutama bagi mereka yang suka atau hobby dengan desain dan suka editing video gitu. Karena di awalnya mereka mengira, mereka akan mempelajari tentang hal ini di jurusan mereka.

Jurusan ilmu komputer, teknik komputer dan teknik informatika serta teknik arsitektur dan sipil, bukanlah jurusan yang secara spesifik dan fokus membahas tentang desain atau multimedia. Gambaran sederhananya adalah seperti ini, kita tahu bahwa Aplikasi AutoCad atau Aplikasi Google Sketchup adalah aplikasi desain dan juga adalah aplikasi yang wajib untuk dikuasai mahasiswa di jurusan ini, akan tetapi adalah hal yang salah dan persepsi yang salah, kalau kita menganggap kalau di Jurusan ini, kita akan diajarkan tentang masalah design atau multimedia.

Gambaran lainnya adalah, mungkin di jurusan Teknik Informatika ada mata kuliah Pengolahan Citra Digital. Akan tetapi, yang dipelajari pada mata kuliah ini bukanlah tentang bagaimana cara desain atau mengolah gambar satu menjadi gambar yang lainnya (editing), akan tetapi mempelajari bagaimana sebuah perangkat keras (komputer) dapat menampilkan sebuah citra atau gambar digital, yang merupakan sebuah gambar yang diubah menjadi nilai bit-bit data digital yang selanjutnya dapat ditampilkan oleh komputer.

Jadi, inti pertanyaannya adalah “Jika saya adalah orang yang suka atau hobby desain atau multimedia, saya harus pilh jurusan apa?”.

Jangan khawatir dan jangan terlalu pusing, ada kok jurusan yang sangat spesifik membahas tentang masalah design dan multimedia, salah satunya yaitu adalah jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV). Jurusan ini mungkin belum se-terkenal atau dikenal luas oleh calon mahasiswa, layaknya jurusan ilmu komputer, teknik komputer dan jurusan teknik informatika atau jurusan lain yang tekenal. Meski demikian, jurusan inilah yang paling cocok buat kamu. Disinilah kemampuan dan kreativitas kamu akan diuji dan benar-benar akan diasah. Dapat dikatakan bahwa jurusan ini adalah kombinasi antara teknik seni desain tradisional denga teknik seni desain digital atau modern.

Mata kuliah yang akan dibahas dalam jurusan DKV ini adalah tentang Design, Photography, Cinematography, Animation, Illustration, Web Design, Media Interaktif dan Film Production.

Poin penting dan perlu kamu garis bawahi adalah, selain memang jurusan ini adalah jurusan yang tepat buat kamu yang suka desain atau multimedia, point pentingnya lagi adalah di jurusan ini, kamu tidak akan menemui matakuliah yang berbau atau berkaitan denga M A T E M A T I K A. Nah, bagaimana? Tertarik?

Yang jelas, mahasiswa jurusan DKV ini pasti akan sangat dicari-cari oleh perusahan besar, apalagi studio atau di dunia pertelevisian dan perfilman. Jadi buat kamu yang hobi design atau multimedia, jangan sampai salah pilih dan masuk jurusan ya.

 

Penulis : Catur


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia