Perkembangan Huruf Tipografi

Tipografi melacak asal-usulnya dengan pukulan pertama dan mati digunakan untuk membuat segel dan mata uang pada zaman kuno. Jarak yang tidak seimbang dari jejak pada perangko bata yang ditemukan di kota-kota Mesopotamia Uruk dan Larsa, berasal dari milenium ke-2 SM, mungkin merupakan bukti tipe dimana penggunaan kembali karakter yang sama diterapkan untuk membuat teks runcing.

Silinder silinder Babel digunakan untuk menciptakan kesan pada permukaan dengan menggulung segel pada tanah liat basah. Tipografi juga diwujudkan dalam Phaistos Disc, sebuah item cetak Minoan yang misterius dari Kreta, Yunani, yang antara tahun 1850 dan 1600 SM. Telah diusulkan bahwa prasasti pipa timah Romawi diciptakan oleh jenis pencetakan bergerak, tetapi juru ketik Jerman Herbert Brekle baru-baru ini menolak pandangan ini.

Kriteria penting dari identitas jenis dipenuhi oleh artefak cetak abad pertengahan seperti prasasti Pruefening Abbey Latin 1119 yang diciptakan oleh teknik yang sama dengan piringan Phaistos. Altar perak patriark Pellegrinus II (1195−1204) di katedral Cividale dicetak dengan pukulan surat individu. Teknik cetak yang sama rupanya dapat ditemukan di reliquaries Byzantine abad ke 10 hingga 12. Ubin surat individu di mana kata-kata dibentuk dengan merakit ubin surat tunggal dalam urutan yang diinginkan cukup luas di Eropa Utara abad pertengahan.

 

Tipografi dengan tipe bergerak ditemukan di China abad ke-11 oleh Bi Sheng (990-1051) selama Dinasti Song. Sistem tipe bergeraknya dibuat dari bahan keramik, dan pencetakan jenis lempung terus dipraktekkan di Cina sampai Dinasti Qing. Wang Zhen merupakan sebuah prionir dari jenis kayu yang bisa digerakkan, Meskipun jenis kayu lebih tahan lama di bawah penanganan keras mekanik, pencetakan ulang menggunakan karakter yang menghadap ke bawah, dan jenisnya Cuma bisa diganti oleh ukiran potongan-potongan baru saja.

Jenis logam yang pertama kali ditemukan di Korea pada Dinasti Goryeo sekitar tahun 1230. Hua Sui memperkenalkan pencetakan tipe perunggu ke Cina pada 1490 AD. Namun, difusi dari kedua sistem tipe bergerak terbatas dan teknologi tidak menyebar ke luar Asia Timur.

Jenis bergerak modern, bersama dengan mesin cetak mekanik, paling sering dikaitkan dengan tukang emas Johannes Gutenberg, yang secara independen di jerman menemukan teknologi pada abad pertengahan ke-15. Potongan-potongan jenisnya dari paduan berbasis timah sangat cocok digunakan untuk percetakan sehingga paduannya masih digunakan sampai sekarang. Gutenberg mengembangkan teknik khusus untuk mencetak dan menggabungkan salinan kop surat murah dalam jumlah besar yang diperlukan untuk mencetak banyak salinan teks. Terobosan teknis ini berperan dalam memulai Revolusi Pencetakan dan mencetak buku pertama di dunia (dengan tipe bergerak) Alkitab Gutenberg.

Teknologi komputer merevolusi tipografi pada abad ke-20. Komputer pribadi pada 1980-an seperti Macintosh memungkinkan tipe desainer untuk membuat jenis digital menggunakan perangkat lunak desain grafis komersial. Teknologi digital juga memungkinkan para perancang untuk menciptakan lebih banyak tipografi eksperimental, di samping font praktis tipografi tradisional. Desain untuk tipografi dapat dibuat lebih cepat dengan teknologi baru, dan untuk fungsi yang lebih spesifik. Biaya untuk mengembangkan tipografi secara drastis diturunkan, menjadi tersedia secara luas untuk massa. Perubahan itu disebut demokratisasi tipe dan telah memberi para perancang baru lebih banyak kesempatan untuk memasuki lapangan.

Dalam tipografi tradisional, teks disusun untuk menciptakan keseluruhan yang dapat dibaca, koheren, dan memuaskan secara visual yang bekerja tanpa terlihat, tanpa kesadaran pembaca. Bahkan pendistribusian material typeset, dengan sedikit gangguan dan anomali, bertujuan menghasilkan kejelasan dan transparansi.

Pilihan jenis huruf (s) adalah aspek utama dari teks tipografi-prose fiksi, non-fiksi, editorial, pendidikan, agama, ilmiah, spiritual dan komersial, semuanya sudah memiliki karakteristik dan persyaratan tersendiri yang berbeda dari sebuah font dan tipografi yang sesuai. Untuk material historis, jenis teks yang sudah dikenal sering dipilih berdasarkan skema genre sejarah yang diperoleh melalui proses yang panjang dengan banyak tumpang tindih di antara periode sejarah yang sudah berlalu.

 

Buku-buku kontemporer lebih cenderung disetel dengan romansa teks yang canggih atau romans buku dengan nilai-nilai desain menggemakan seni desain masa kini, yang secara dekat didasarkan pada model tradisional seperti karya Nicolas Jenson, Francesco Griffo (seorang pemukul yang menciptakan model untuk tipografi Aldine) dan juga Claude Garamond . Dengan persyaratan yang lebih khusus, surat kabar dan majalah bergantung pada font teks berkomputer padat yang dipasang secara ringkas yang dirancang khusus sebagai tugas yang sudah menawarkan fleksibilitas maksimum, keterbacaan, dan juga penggunaan ruang halaman yang sangat efisien . Font teks Sans serif sangat sering digunakan sebagai paragraf pengantar, teks insidental dan artikel singkat keseluruhan. Mode saat ini adalah untuk memasangkan jenis sans-serif untuk judul dengan font berforma tinggi berformat serasi dari gaya yang cocok untuk teks artikel.

Tipografi dimodulasi oleh ortografi dan linguistik, struktur kata, frekuensi kata, morfologi, konstruksi fonetik dan sintaks linguistik. Tipografi juga sudah tunduk pada saat konvensi budaya tertentu. Sebagai contoh nya dalam bahasa Prancis itu merupakan suatu kebiasaan untuk memasukkan ruang yang non-breaking sebelum titik dua (:) atau pun titik koma (;) di dalam sebuah kalimat yang sementara dalam bahasa Inggris tidak.

 

Warna

Dalam tipografi, warna adalah keseluruhan kerapatan tinta pada halaman, yang ditentukan terutama oleh jenis huruf, tetapi juga oleh jarak kata, memimpin dan kedalaman margin. Tata letak teks, nada atau warna dari teks yang disetel, dan interaksi teks dengan ruang putih halaman dalam kombinasi dengan elemen grafis lainnya memberikan rasa atau resonansi pada subjek. Dengan tipografi media cetak juga berkaitan dengan pengikatan margin, pemilihan kertas dan metode pencetakan saat menentukan warna halaman yang benar.

 

Tipografi eksperimental

Dapat di artikan sebagai suatu pendekatan yang tidak konvensional dan juga lebih artistik untuk mengatur jenisnya. Francis Picabia adalah perintis Dada di awal abad ke-20. David Carson sering dikaitkan dengan gerakan ini, terutama untuk karyanya di majalah Ray Gun pada 1990-an. Karyanya menyebabkan kegemparan di komunitas desain karena dia meninggalkan standar dalam praktek, tata letak, dan desain typesetting. Tipografi eksperimental menempatkan penekanan pada komunikasi emosi, bukan pada keterbacaan.

 

Tampilkan tipografi

Poster yang diinginkan abad ke-19 untuk John Wilkes Booth (pembunuh Presiden AS Abraham Lincoln) dicetak dengan jenis timbal dan ukiran kayu yang sudah digabungkan dengan fotografi.

Tampilan tipografi merupakan sebuah elemen yang sangat kuat di dalam desain grafis, di mana ada kekhawatiran tersendiri yang kurang untuk keterbacaan dan lebih potensial untuk menggunakan jenis yang secara artistik. Ketik dikombinasikan dengan ruang yang negatif, elemen grafis dan juga gambar akan membentuk suatu hubungan dan dialog antara kata dan juga gambar.

Warna dan ukuran elemen jenis ini Greader jauh lebih umum daripada di tipografi teks. Kebanyakan tipografi menampilkan jenis eksploitasi pada ukuran yang lebih besar, di mana detail desain surat diperbesar. Warna digunakan untuk efek emosionalnya dalam menyampaikan nada dan sifat materi pelajaran.

Tampilan tipografi meliputi:

  • Sampul buku
  • Logo dan kata-kata tipografi
  • Pengemasan dan pelabelan
  • Coretan
  • Huruf penulisan dan arsitektur
  • Poster desain dan tanda huruf berskala besar lainnya seperti papan reklame dan billboard
  • Komunikasi dan iklan bisnis
  • Tipografi kinetik dalam film dan televisi, tampilan mesin penjual otomatis, online, dan layar komputer

Iklan

Tipografi telah lama menjadi bagian yang penting dari sebuah materi promosi dan juga iklan. Banyak Desainer yang juga sering menggunakan tipografi sebagai tempat menetapkan tema dan suasana hati nya di dalam sebuah iklan yang akan dia buat ; misalnya menggunakan tebal, teks besar untuk menyampaikan suatu pesan tertentu Greader kepada pembaca nya . Jenis ini sering digunakan untuk menarik perhatian pada iklan tertentu, dikombinasikan dengan penggunaan warna, bentuk, dan gambar yang efisien. Saat ini tipografi di dalam dunia periklanan sering juga mencerminkan suatu merek dari perusahaan tersebut . Font yang digunakan pada dalam iklan juga sudah menyampaikan sebuah pesan yang berbeda kepada pembaca , font klasik dapat di artikan sebagai kepribadian yang kuat, sedangkan font yang lebih modern di artikan sebagai  tampilan yang lebih bersih dan juga netral. Huruf tebal digunakan untuk membuat pernyataan dan menarik perhatian. Dalam mengkomunikasikan pesan, keseimbangan harus dicapai antara aspek visual dan aspek verbal dalam desain. Teknologi digital pada abad ke-20 dan ke-21 telah memungkinkan penciptaan tipografi untuk iklan yang lebih eksperimental daripada tipografi tradisional.

Huruf penulisan dan arsitektur

Sejarah tulisan yang tidak tertulis sangat terkait dengan sejarah penulisan, evolusi bentuk huruf dan kerajinan tangan. Penggunaan komputer yang secara luas dan berbagai teknik etsa dan sandblasting saat ini juga telah membuat suatu monumen ukiran tangan yang saat ini menjadi langka dan juga jumlah pemahat surat yang tersisa di Amerika Serikat terus kian  berkurang.

 

Agar tulisan yang monumental efektif, harus dipertimbangkan dengan hati-hati dalam konteksnya. Proporsi surat perlu diubah karena ukuran dan jarak mereka dari pemirsa meningkat. Letterer ahli mendapatkan pemahaman tentang nuansa ini melalui banyak praktik dan pengamatan kerajinan mereka. Surat yang digambar dengan tangan dan untuk proyek tertentu memiliki kemungkinan menjadi sangat spesifik dan sangat indah di tangan seorang master. Masing-masing mereka juga membutuhkan waktu yang dapat memakan waktu hingga satu jam lebih untuk mengukir nya, sehingga tidak di herankan lagi bahwasanya proses sandblasting otomatis telah di tetapkan sebagai menjadi standar industri saat ini.

Untuk membuat surat sandblasted, tikar karet adalah potongan laser dari file komputer dan dilekatkan ke batu. Pasir kemudian menggigit alur kasar atau saluran ke permukaan yang terbuka. Sayangnya, banyak aplikasi komputer yang membuat file dan antarmuka ini dengan pemotong laser tidak memiliki banyak tipografi yang tersedia, tapi  memiliki sebuah versi tipografi yang lebih rendah dan tersedia di bandingkan yang lain. Apa yang sekarang dapat dilakukan dalam hitungan menit saja ?, bagaimanapun tidak memiliki arsitektur mencolok dan geometri dari sesuatu huruf pahatan yang memungkinkan cahaya nya nanti untuk bermain di seluruh bidang interior yang berbeda.

 

Penulis : Anggi

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...