WhatsApp-Button
Program Kecerdasan Buatan

Program Kecerdasan Buatan

  2018-01-25 10:01:11     aknovia     Dibaca 503 kali

Dengan perkembangan teknologi  yang sangat pesat sekarang ini, menyebabkan adanya berbagai inovasi-inovasi dimana  kita sebagai pengguna bahkan tidak pernah  berfikir untuk menciptakan inovasi tersebut. Terutama dibidang teknologi informatika baik software maupun hardware dan juga akan memiliki fungsi-fungsi yang berbeda pula, seperti program kecerdasan buatan  yang telah banyak diciptakan zaman saat ini.

Program kecerdasan buatan (Artificial Intelegence) merupakan suatu ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan pemanfaatan mesin dalam menyelesaikan masalah yang susah dengan cara manusiawi dengan arti lain bahwa kecerdasan buatan yaitu menerapkan ilmu komputer  yang akan membuat sebuah program atau mesin yang dapat melakukan pekerjaan manusia dengan persis. AI dirancang sedemikian rupa dan juga memiliki fungsi-fungsi tertentu yang sangat canggih.

Berikut merupakan contoh-contoh program kecerdasan buatan yang telah diciptakan dengan perwujudan robot yang sangat canggih untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan yang di inginkan manusia.

  1. Robot Sophia

 

Robot sophia diciptakan oleh David Hanson yang pernah menghayal untuk dapat berevolusi menjadi suatu mesin cerdas dan sangat jenius untuk membantu manusia dalam memecahkan berbagai masalah dalam kehidupan.  Robot sophia dirancang persis separti manusia yang dapat berbicara dan juga berpenampilan yang sempurna  bisa tersenyum, berkedip dan juga dapat berinteraksi dengan manusia. Kulit dari  Robot Sophia berbahan nano yang diberi nama “Frubber” yang berupa karet daging. Robot ini juga dilengkapi kama dimatanya dan juga sensor 3-D yang diletakkan di Dadanya yang dapat membatu sang robot untuk dapat melihat. Dilenngkapi juga dengan prosesor yang berguna sebagai otak, serupa penggabungan pengenal wajah dan juga ucapan, pemrosesan bahasanya alami dan ada sistem kontrol dalam bergerak. Bahkan saat ini robot sophia telah memiliki kewarganegaraan di arab saudi.

  1. Robot pembaca bahasa tubuh

 

Robot ini dibuat oleh para peneliti di Universitas Carnegie Melon, Amerika serikat. . Dalam menciptakan robot ini, para peneliti tersebut dibantu oleh sebuah metode yang bernama Panoptic studio yang berfungsi untuk melacak bentuk 2D dari manusia dan juga untuk membuka cara-cara untuk berinteraksi antara manusia dan mesin. Robot ini memiliki keunggulan untuk membaca bahasa tubuh manusia yang tidak hanya gerakan tubuh saja, namun juga dapat memahami posisi dari masing-masing jari manusia.  Dengan mendeteksi nuansa dari komunikasi yang non-verbal antar manusia, robot memperhatikan ruang-ruang sosial yang ada untuk mengetahui apa yang sedang dikerjakan orang-orang disekitarnya serta suasana hati mereka.

  1. Motobot

 

Motobot  merupakan sebuah robot humanoid yang berupa pengendara sepeda motor yang dapat mengendalikan operasi pengendara dari sudut pandang pengendara dan manusia, tanpa modifikasi yang dilakukan pada motor itu sendiri.  Konsep dalam pengembangan motobot adalah “Unleashed Prototype” yang mampu untuk mengenali sang pemiliknya dan berinteraksi dengan kemampuan lain seperti layaknya makhluk hidup. Motobot ini mengkombinasikan antara sebuah sepeda motor dengan robotika terbaru, motobot memiliki kemampuan untuk mengendarai dengan kecepatan yang tinggi di arena pacuan kuda seperti valentino rossi.

  1. Robot Guru

 

Robot guru ini dapat dijalankan dengan remote, tetapi walaupun begitu robot ini dikendalikan oleh seorang guru asli yang sedang tidak berada dikelas. Robot ini mempunyai perangkat lunak yang dapat untuk membuatnya dapat berjalan disekitar kelas dan juga bisa bernyanyi, dan juga robot ini punya kemampuan untuk bermain dengan murid-muridnya. Dengan adanya robot ini, dapat membuat anak-anak sangat bersemangat untuk belajar dengan robot yang bentuknya lucu dann menarik ini.

  1. FEDOR

 

FEDOR ( Final Experimental Demonstration Object Research ) yang diciptakan di rusia ini  adalah merupakan suatu robot yang dirancang  untuk serba bisa digunakan.  Robot ini didesain dengan tinggi mencapai 6 kaki atau sekitar 1,8 meter. Kemampuan pada robot ini bisa menyerupai kemampuan manusia pada umumnya, yaitu dapat menembak dengan kedua tangannya, berkendara, dapat menggunakan berbagai jenis perkakas dan untuk masa yang akan datang robot ini akan dikembangkan juga untuk dapat mengambil keputusan.

 

Penulis Wikhe Refila 


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia