Blok Diagram Arsitektur DBMS Enterprise

Arsitektur DBMS atau kepanjangan dari Database Management System ini yang di kenal dengan nama arsitektur tiga skema (three-schema architecture) yang memiliki kegunaan agar dapat memisahkan basis data fisik dengan program aplikasi user. Nah ini skema-skema tersebut:

  1. level dalam yang merupakan skema dalam yang dapat memuat deskripsi bentuk struktur penyimpanan basis data serta dapat menggunakan bentuk data fisikal yang dapat menjelaskan secara keseluruhan penyimpanan.
  2. level konseptual yang merupakan skema yang dapat memuat deskripsi yang berbasis data secara detail untuk seluruh pengguna. Skema ini hanya dapat memuat tentang entitas, perlengkapan, kaitan sera batasannya, tidak membutuhkan deskripsi secara keseluruhan.
  3. level luar yang merupakan skema luar yang dapat menjelaskan tentang penglihatan data dari sekelompok user dengan cara menyembunyikan data yang lainnya yang tidak di butuhkan oleh kelompok user tersebut.

1. Elemen Arsitektur DBMS Enterprise

Data Dictionary yaitu sebuah repository dapat menyimpan data definition serta deskripsi dari sebuah struktur data yang ada di dalam database. DBMS  Utilities yaitu sebuah program yang mungkin user dapat mengolah data yang bisa di potong, data yang dapat di hapus serta file. Di dalamnya yang termasuk data recovery serta back up. Report Generator yaitu sebuah program yang dapat memperoleh sebuah laporan yang berasal dari sebuah data yang telah di simpan.

2 Bentuk struktur memori pada arsitektur DBMS Enterprise

Bentuk struktur hirarki di lakukan di dalam DBMS mainframe awal. Kaitan record yang bentuk model treelike. Bentuk struktur ini sederhana tetapi nonflexible karena kaitan terbatas dengan hubungan satu hingga banyak IBM system IMS serta mobile RDM yang merupakan contoh system yang berbasis data hirarki dengan berbagai hirarki pada data yang sama. Bentuk struktur ini di manfaatkan agar dapat menyimpan sebuah informasi yang geografis dari sebuah system file.

Bentuk struktur jaringan yang terdapat di dalamnya yang berkaitan yang lebih banyak kompleks catatan dari akses yang mengikuti salah satu dari berbagai jalannya. Bentuk struktur relasional yaitu yang paling umum di manfaatkan sekarang ini. Yang di gunakan oleh mainframe, midrange, serta system computer mikro. Yang memanfaatkan dua dimensi bari serta kolom agar dapat menyimpan data.

Bentuk struktur dimensi dua yang memiliki struktur yang bisa menampilkan spreadsheet yang berbentuk data serta sangat gampang untuk dipertahankan sebab catatan di disimpan sebagai perlengkapan fundamental

Manfaat yang ada pada arsitektur

  • Perubahan yang terjadi pada skema konseptual, ialah adanya perubahan di dalam skema konseptual misalnya penambahan sebuah item data yang nggak berpengaruh pada program aplikasi. namun apabila skema luar tidak sama lagi dengan skema konseptual yang sangat baru sehingga program aplikasi yang harus di sesuaikan juga.
  • Perubahan skema dalam. Pemisahan antara skema luar dan skema dalam dapat berguna untuk melindungi apabila dapat terjadi perubahan skema dalam, misalnya ada penambahan “pointer” kepada rekaman yang tidak akan membutuhkan perubahan terhadap aplikasi.
  • Perubahan skema luar. Adanya penambahan skema luar ataupun pembuatan skema luar yang baru yang tidak akan berpengaruh terhadap aplikasi yang sudah ada selama aplikasi tidak menjalankan data yang berdasarkan skema baru.

Elemen  DBMS

  • antarmuka , yang ada di dalamnya terdapat bahasa penggelapan data
  • Bahasa penjelasan terhadap data untuk skema luar, skema konseptual dan
    skema dalam.
  • Sistem kontrol basis data (Database Control System) yang dapat menjalankan basis data sebab adanya
    instruksi dari bahasa penggelapan data.
    misalnya bahasa yang menggunakan elemen-elemen tersebut salah satunya yaitu SQL (Structured Query
    Language). SQL ialah bahasa yang standar yang banyak di pakai oleh aplikasi pada DBMS.

Kelompok DBMS
Sistem yang Basis Datanya yang akan di kelompokkan menjadi tiga kelompok, yang terdiri atas beberapa kelompok:

1. Bentuk data hirarki

Dalam bentuk ini, data di urutkan membentuk konsep seperti pohon. Pada klimaks yang terdapat pada hirarki yang di sebut dengan akar (root). Setiap entitas pada urutan paling atas (parent) memiliki lebih kurang sub-entitas (children)maka setiap entitas yang boleh memiliki satu induk, namun dapat memiliki banyak anak. Pada mode data hirarki, kaitan antar entitas dapat di nyatakan dalam satu-banyak (one to many) atau satu per satu (one to one).

Di dalam satu universitas yang setiap fakultas itu ada sejumlah dosen, mahasiswa, dan lainnya. Tanda panah dapat menunjukkan derajat keterkaitan “ sejumlah”. Apabila ingin memperlihatkan semua mata pelajaran kuliah di fakultas tersebut, dapat di lakukan dengan dua tahap. Dapat menampilkan seluruh mata kuliah yang terdapat pada fakultas itu, setelah itu mata kuliah yang ada pada dosen. Maka penampilan data terlihat kurang sesuai, karena menggunakan entitas melalui dosen yang dapat di tampilkan. Sebab kunci data dapat di gunakan untuk mengaitkan antara entitas yang di beri kode yang ada di dalam konsep data, maka jumlah entitas yang bisa melewati perantara yang telah sesuai.

2. Model data jaringan

Dalam bentuk entitas yang memiliki setiap induk serta anaknya. Pada gambar di bawah ini terdapat entitas mata pelajaran kuliah yang memiliki dua induk, yang secara langsung berhubung pada dosen serta fakultas.

3. Bentuk data relasional

Dalam bentuk field yang dapat kita jadikan kunci data. Data rekaman di urutkan dari nilai yang dapat berkaitan . baris-baris tersebut dapat membentuk table yang dapat di simpan di dalam satu berkas.

Dengan menggunakan bentuk ini, pencarian field dari table yang di lakukan dengan cepat. Pencarian perlengkapan yang dapat berkaitan dengan table yang bentuknya berbeda di lakukan dengan cara menghubungkan terlebih dahulu table-tabel dengan menggunakan perlengkapan yang sama.

  1. bentuk yang berdasarkan lokasi penyimpanan data, yang terpusat serta DBMS yang di bagi. Dalam DBMS terpusat basis data yang di simpan di dalam satu computer media penyimpanan, maka pengguna system menjalankan data dari pusat. DBMS terbagi atas basis data yang tersebar melewati pusat penyimpanan setiap terminal bagi pengguna. Antar pengguna yang dapat menjalankan data secara langsung tidal melalui penyimpanan. DBMS sangat membutuhkan system control yang sangat sulit.
  2. bentuk yang berdasarkan tujuannya, yaitu memiliki tujuan umum dan tujuan khusus. Tujuan umum yang di gunakan sebagai tujuan yang dapat memperlakukan data secara sama mengikuti pengguna. Sedangkan tujuan khusus di bentuk serta di gunakan untuk kebutuhan.

 

 

Penulis : Jeni

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...