WhatsApp-Button
Perlukah Kampus Memiliki Sistem Informasi SDM ?

Perlukah Kampus Memiliki Sistem Informasi SDM ?

  2018-10-09 17:17:09     Ulti Desi Arni     Dibaca 136 kali

Kampus atau perguruan tinggi saat ini  sama-sama Greader ketahu bahwa tidak hanya sekedar sebagai tempat penyedia layanan pendidikan saja namun juga menjadi aktivitas bisnis yang bisa dikatakan cukup menjanjikan. Untuk itu Greader tentu saja sebuah kampus yang baik juga membutuhkan sebuah sistem informasi yang baik pula dalam Manajemen Sumber Daya Manusia atau Sistem Informasi SDM (Human Resources Information System) untuk mengelola kampus.

Perguruan tinggi atau kampus akan terus berusaha meningkatkan kepuasan pelanggan melalui penerapan sistem yang efektif karena kampus adalah organisasi yang bergerak di bidang jasa dan kampus akan terus melakukan perbaikan pada semua proses yang ada. Nah Greader agar semua proses tersebut bisa berjalan dengan baik tentu saja dibutuhkan lingkungan, infrastruktur dan sumber daya manusia yang baik pula. Yang mencakup ke dalam sumber daya manusia yaitu pimpinan, karyawan dan dosen. Kualitas dan kuantitas juga diberikan oleh penyedia juga harus memadai.

Perubahan-pun banyak terjadi di dalam lingkungan sumber daya manusia seperti pesatnya perkembangan teknologi informasi, globalisasi dan perubahan dalam dunia jabatan dan kerja sehingga menuntut para SDM untuk bisa memainkan peranan yang penting dalam organisasi.

Suatu usaha bisnis akan terdorong menjadi lebih kompetitif karena tren teknologi ini, karena semua aktivitas pekerjaan dan sistem informasi manajemen mengubah dunia kerja yang lebih banyak memanfaatkan yang namanya teknologi dibanding kerja manual oleh manusia. Meskipun demikian, semua teknologi informasi dan sistem informasi tersebut juga membutuhkan sumber daya manusia yang sudah terlatih dalam menjalankannya, sehingga membuat para SDM bersaing untuk menonjolkan kemampuan yang dimilikinya.

Semua pekerjaan membutuhkan karakteristik masing-masing termasuk pekerjaan yang paling sederhana sekalipun. Ada 3 kelompok karakteristik pekerjaan yaitu : skill, knowledge serta orientation.

Kemampuan khusus yang dibutuhkan dalam menyelesaikan suatu pekerjaan itu disebut dengan skill, dan kemampuan ini tentu saja membutuhkan pengalaman dan pelatihan. Sedangkan knowledge adalah informasi, pengetahuan dan wawasan yang diperoleh secara umum melalui pendidikan dan ditambah dengan pengalaman. Terakhir, sikap kepercayaan dan pilihan yang dimiliki karyawan itulah yang dimaksud dengan orientasi.

Merupakan suatu aset yang berharga bagi suatu organisasi jika memiliki sumber daya manusia dengan gabungan tiga karakteristik di atas. Sudah sepatutnya organisasi tersebut mempertahankan aset tersebut untuk berlangsungnya kehidupan organisasi dan terus bersaing di dunia usaha.

Begitu juga dengan kampus jika semakin hari terus berkembang dengan jumlah mahasiswanya yang selalu meningkat maka pihak kampus dituntut mampu memberikan pelayanan yang semakin baik, cepat serta akurat walaupun dengan sumber daya manusia yang terbatas semua proses bisa ditangani dengan baik.

Karena hal tersebut Greader ada beberap kendala yang dialami dalam memanajemen sumber daya manusia tersebut. Masalah yang sering terjadi misalnya proses perekrutan karyawan membutuhkan waktu yang lama sehingga sulit sekali mencari tenaga pendidik yang berkualitas. Selain itu memantau semua aktivitas karyawan dan dosen juga merupakan hal yang butuh waktu untuk memprosesnya.

Karena sumber daya manusia merupakan aset yang sangat jadi sudah sepatutnya sumber daya manusia ini dimanajemen dengan baik agar tidak adanya pihak yang merasa dirugikan. Untuk itu, manajemen sumber daya manusia bisa dikatakan sebuah tiang utama sebuah kampus dalam mendukung pola penentuan strategi dan kebijakan secara terpadu.

Agar sumber daya tersebut bisa di manajemen dengan baik, kampus bisa menggunakan sistem manajemen sumber daya manusia untuk solusinya.

Sudah sewajarnya Sistem Informasi Manajemen Sumber Daya Manusia di kampus menjadi hal yang harus dibangun karena kita tahu betapa pentingnya mengelola sumber daya manusia ini.

Bagi kampus yang masih bingung mengenai apa itu Sistem Manajemen Sumber Daya Manusia, Garuda Cyber Indonesia adalah salah satu perusahaan yang menyediakan jasa pebuatan Sistem Manajemen Sumber Daya Manusia yang bisa menjadi solusi kampus untuk memanajemen sumber daya manusia yang dimiliki kampus.

Garuda cyber adalah perusahaan konsultan IT yang bisa menjadi solusi untuk permasalahan setiap kampus dan siap menjadi mitra kepercayaan kampus salah satunya dengan produk Sistem Manajemen Sumber Daya Manusia ini.

Dengan adanya Sistem Manajemen Sumber Daya Manusia ini tentu saja banyak kemudahan yang akan di dapatkan oleh kampus dalam memanajemen para karyawan kampus dan dosen. Terutama akan memberikan kemudahan untuk pimpinan kampus dalam memantau rutinitas dan memanejemen kegiatan yang ada di kampus.

Untuk itu, sudah sepatutnya seluruh kampus mengikuti kemajuan teknologi saat ini dengan memanfaatkan Sistem Manajemen Sumber Daya Manusia dari Garuda Cyber ini karena mengingat bahwa saat ini persaingan antara kampus yang ada semakin hari semakin banyak dengan beragam keunggulannya.

 

 

#GarudaCyber23Oktober


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia