WhatsApp-Button
Pengertian Komunikasi Sinkron Dan Asinkron Beserta Contoh

Pengertian Komunikasi Sinkron Dan Asinkron Beserta Contoh

  2018-10-08 17:05:34     Ulti Desi Arni     Dibaca 62263 kali

Sinkron

Pengertian Sinkronisasi Sistem Operasi Lengkap

Definisi sinkronisasi yaitu suatu proses yang mana proses tersebut sama-sama bersamaan dan sama-sama berbagi data serentak yang menimbulkan race condition atau lebih dikenal dengan inkonsistensi data.

Sinkronisasi menjadi penting sebab bisa menjauhi sesuatu yang tidak sesuai efek data akses yang kurang jitu. Nah dalam melangsungkan sinkronisasi ini di kerjakan dalam waktu yang bersamaan. So kesimpulan dari sinkronisasi tersebut yaitu segala sesuatu yang dikerjakan bersama pada waktu yang sama pula untuk menjauhi data yang tidak jitu.

Perangkat Sinkronisasi Sistem Operasi Lengkap

Setelah sahabat greader memahami pengertian dari sinkronisasi sekarang saatnya sahabat greader memahami  sebagian perangkat mengenai sinkronisasi metode operasi komplet. Pada perangkat ini ditemukan istilah melalui nama intruksi t-test yang berarti instruksi atomik yang bisa dipakai buat  menangani problem critical section. Ketika menyusun test sahabat greader dapat memakai analogi serupa dibawah ini.

Nah sebelum sahabat greader linglung pada rumus diatas, berikut yaitu penjelasan dari rumus analogi sinkronisasi.

  • Semafor merupakan variabel yang cuma bisa dijalankan untuk dua buah operasi yaitu increment dan decrement.
    Monitor yang biasa dipakai buat menangani problem yang ada sesudah memakai semafor.
  • JVM yaitu implementasi dari monitor, sahabat greader bisa memakai keyword  synchronized ketika memakai monitor ini.

Sesudah memahami definisi dan perangkat beserta analogi dari rumus sinkronisasi ini, selanjutnya yaitu  pengetahuan mengenai kegunaan sinkonisasi.

  • Berguna untuk menyimpan data, baik sementara atau permanen sehingga meringankan pekerjaan.
  • Jadi dengan menggunakan sistem ini pekerjaan sahabat greader akan lebih terbantu dan lebih efektif karena bisa menghemat waktu.

Macam Macam 

1. Komunikasi Sinkron chat

Sahabat greader komunikasi sinkron chat yaitu turunan dari komunikasi yang dikerjakan menurut tulisan. Komunikasi ini memakai sebuah platform yang mempersiapkan aplikasi komunikasi berwujud percakapan ringkas seperti Short Massage Service (SMS), Facebook Chat, Line Chat, WA Chat, DLL. Komunikasi chat ini mempunyai sejumlah kelemahan semacam tidak bisa mendengar suara, tidak menampilkan ekspresi serta tidak dapat memperlihatkan lawan bicara secara langsung.

2. Komunikasi Sinkron Video Call

Komunikasi sinkron video call yaitu komunikasi tatap muka jarak jauh yang diciptakan untuk mempergampang orang-orang yang ingin berkontak secara sinkron dan bertatap muka sekalipun jangka antar keduanya sama-sama berjauhan. Video call sangat disenangi oleh masyarakat sebab fungsinya yang sangat canggih dan bisa melepaskan rindu serta memberikan bentuk ekspresi wajah secara nyata ketika berkomunikasi.

3. Komunikasi Sinkron Telephone

Komunikasi sinkron yang satu ini yaitu jenis komunikasi yang hanya membagikan suara, tidak bisa mengirim pesan serta video maupun gambar. Komunikasi ini kebanyakan kita temui saat seseorang lagi berkomunikasi memakai radio, handy talky maupun telephone. Meskipun begitu, saat ini banyak sekali aplikasi yang menyuguhkan 3 jenis komunikasi sekaligus, yakni Chat, video, dan telephone.

4. Komunikasi Asinkron chat

Sesuai namanya, komunikasi asinkron yaitu komunikasi yang memakai komputer, handphone maupun smartphone yang komunikasinya dilakukan secara tunda atau tidak langsung. Asinkron memakai e-mail chat, forum chat maupun platform aplikasi lain menjadi supporter dari komunikasi ini lho sahabat greader.

5. Komunikasi Asinkron Video

Komunikasi asinkron video yaitu lawan dari video call yang merupakan jenis komunikasi sinkron. Komunikasi video Asinkron ini memakai rekaman video buat berkomunikasi kepada seorang, dengan maksud agar orang yang menerima video yang di maksud bisa mengerti apa yang ingin diberitahu oleh si pengirim video. Sahabat greader biasanya, komunikasi ini sering dilakukan untuk membagikan informasi seperti video testimoni, video ucapan terima kasih jarak jauh, dan lainnya.

6. Komunikasi Formal

Komunikasi formal yaitu sebuah komunikasi yang dipakai pada saat acara-acara resmi baik yang digelar sama pemerintah ataupun pihak swasta yang sifatnya instruktif dengan tujuan memberitahu pesan yang terkait dengan kebutuhan dinas ataupun perusahaan. Sahabat greader komunikasi formal bisa dilaksanakan memakai sebuah surat yang memuat perintah, panggilan telephone ataupun video conference, komunikasi yang disampaikan ketika rapat.

7. Komunikasi Informal

Komunikasi ini masih bersangkutan pada komunikasi formal, akan tetapi sahabat greader komunikasi informal tidak direncanakan atau tidak ditentukan. Fungsinya untuk menjaga hubungan sosial antara anggota, pengedaran informasi yang bersifat pribadi.

Contoh Komunikasi Sinkron :

  • Video Conference, 
  • Chating, 
  • Video Call

Asinkron

Komunikasi Asinkron yaitu komunikasi daring yang tersambung secara tidak sengaja ataupun berbeda waktunya. Seandainya seorang mengirim pesan, tapi si penerimanya tidak membuka ketika itu juga, namun baru dibuka di lain hari.

Komunikasi daring asinkron yaitu  komunikasi yang memakai perangkat pada komputer serta jaringan internet dapat di laksanakan secara tunda.

Komunikasi daring asinkron

Misalnya seperti contoh komunikasi daring asinkronus :

  • Email
  • Forum
  • Rekaman terhadap Simulasi Visual

 

 

Penulis : Rani


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia