5 Kelebihan Digital Marketing Dibanding Traditional Marketing

Traditional marketing dan digital marketing merupakan dua tipe marketing yang sudah diketahui oleh banyak orang. Traditional marketing sudah lama berada di dunia marketing dan telah digunakan oleh banyak orang dalam mengembangkan bisnis mereka, sedangkan digital marketing baru-baru ini saja menjadi ngetrend. Kemunculan digital marketing mulai menggoyahkan keyakinan orang dalam menggunakan traditional marketing.

Tidak jarang orang memperdebatkan mana yang lebih unggul untuk digunakan di dalam perusahaan mereka. Ada yang beranggapan digital marketing telah mengalahkan traditional marketing dalam segala aspek, namun tidak sedikit juga yang percaya jika traditional marketing masih mampu untuk berkontribusi dalam perusahaan mereka.

Traditional Marketing

Traditional marketing berhubungan dengan strategi pemasaran secara offline dan traditional. Media yang digunakan dalam marketing ini terbagi menjadi 5 kategori:

  1. Print media (koran, majalah, brosur, dll)
  2. Broadcast media (tv, radio, dll)
  3. Outdoor (billboard, transportasi, dll)
  4. Telephone (telemarketing, sms marketing, dll)
  5. Direct mail (katalog, kartu pos, dll)

Kenapa media ini dikategorikan sebagai traditional marketing? Hal ini diakibatkan oleh kemunculan teknologi internet yang dianggap sebagai media baru, maka media-media seperti koran, majalah, tv, maupun radio, telah dianggap sebagai media lama atau traditional.

Digital Marketing

Digital marketing sebenarnya sama saja dengan traditional marketing. Bedanya, digital marketing memanfaatkan teknologi internet. Media-media yang digunakan dalam digital marketing dapat berupa website, social media, mobile, iklan banner, dan lainnya.

Keunggulan Digital Marketing

Digital marketing dan traditional marketing sama-sama berfungsi untuk memasarkan suatu produk atau jasa dan bertujuan untuk membantu perusahaan mencapai tujuan mereka. Kedua tipe marketing ini memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing.

Artikel kali ini akan membahas apa saja keunggulan digital marketing yang tidak dimiliki oleh traditional marketing dalam memasarkan suatu produk atau jasa.

  1. Menjangkau banyak orang

Dengan menggunakan teknologi internet, digital marketing memberikan akses luas kepada perusahaanmu dalam memilih target konsumen. Tidak hanya menargetkan orang-orang lokal, namun kamu juga bisa melebarkan target konsumen kamu se-Internasional. Karena internet menghubungkan dan dapat diakses semua orang dari seluruh belahan dunia, maka pesan yang kamu sampaikan dapat menjangkau orang banyak dalam waktu yang bersamaan.

  1. Hemat biaya

Digital marketing memiliki biaya yang jauh lebih murah daripada traditional marketing. Hal ini dikarenakan kamu dapat memasarkan produk kepada orang banyak sekaligus. Kalau kamu menggunakan traditional media, untuk menjangkau orang banyak, kamu harus siap membayar mahal, seperti beriklan di tv atau memasang billboard di jalan. Sedangkan melalui digital marketing, kamu dapat menggunakan social media. Meskipun berbayar, tapi prosesnya akan lebih efektif dan efisien, dan hasilnya juga memuaskan.

  1. Adanya interaksi dengan konsumen

Jika kamu beriklan di koran, pembaca tidak bisa merespon langsung terhadap informasi yang kamu berikan. Sama halnya dengan radio, pendengar hanya bisa mendengarkan dan tidak bisa berbicara balik kepada kita. Masalah interaksi antar perusahaan dan konsumen ini telah dipecahkan oleh kemunculan digital marketing. Media seperti social media memungkinkan kamu untuk berinteraksi langsung dengan konsumen. Mereka bisa memberikan feedback terhadap informasi yang kamu sajikan, dan sebaliknya, kamu juga bisa memberikan solusi langsung terhadap masalah yang mereka ungkapkan. Hal ini sangat menguntungkan karena kamu bisa membangun hubungan yang baik dengan konsumen.

  1. Menjadi viral

Di jaman social media ini, apapun yang menarik bagi orang, akan dengan mudah tersebar dan diketahui banyak orang dalam waktu yang singkat. Digital marketing membuka kesempatan untuk konten yang kamu hasilkan dapat menjadi viral. Jika kontenmu menarik dan berkesan, maka orang-orang akan membicarakannya di social media, menyebarkannya, dan membuatnya menjadi viral. Ini akan sangat membantu perusahaan dalam memasarkan suatu produk atau jasa.

  1. Branding

Dengan mengoptimalkan konten marketingmu, kamu bisa melakukan branding melalui digital marketing. Channel seperti website, social media, dan email juga Greader bisa manfaatkan untuk membangun identitas brand kamu secara personal.

Itulah kelebihan yang ditawarkan oleh digital marketing yang dapat Greadermanfaatkan dalam bisnis kamu. Ini tidak berarti bahwa traditional marketing tidak akan berhasil dan merugikan. Traditional marketing juga memiliki kelebihan yang tidak dipunyai digital marketing. Gabungkanlah kedua marketing ini, dan kamu akan mendapatkan hasil yang lebih memuaskan karena mereka akan saling melengkapi.

 

Penulis : Eric

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...