Contoh Strategi Pemasaran Online dan Offline Beserta Contohnya

Strategi pemasaran mana yang lebih cocok untuk Anda? Anda mungkin terkejut bahwa sebagian besar pemasar masih menggunakan keduanya. Dalam pelajaran ini, Anda akan belajar lebih banyak tentang strategi pemasaran online dan offline.

On atau Off ?

Anda membolak-balik majalah di kantor dokter ketika Anda memata-matai iklan untuk palet makeup baru yang sedang Anda tonton. Kemudian, di rumah Anda dengan mobil, Anda mendengar iklan untuk perusahaan yang sama di radio satelit. Setelah makan malam, Anda menjelajahi internet saat pandangan Anda mendarat di iklan spanduk yang mempromosikan palet. Tepat sebelum tidur, Anda menangkap item yang sama di umpan berita dari saluran media sosial berbasis foto favorit Anda. Apa yang memberi? Ke mana pun Anda berbelok, sepertinya palet rias yang Anda rindukan tepat di wajah Anda.

Majalah, radio, televisi, surat kabar, iklan spanduk, media sosial, buletin email, menganggap mereka semua alat di kotak  pemasar untuk menjangkau konsumen dengan pesan pemasaran yang relevan dan tepat waktu. Pemasar perlu memahami strategi mana yang terbaik untuk setiap produk, pesan, dan audiens target. Itu bisa sedikit rumit. Mari kita lihat strategi yang tersedia bagi pemasar baik online (menggunakan dunia internet yang luas) dan offline (mengandalkan alat tradisional, internet gratis).

1. Pemasaran Online

Ada banyak kegaduhan di hari ini dan usia tentang pemasaran online. Karena konsumen menghabiskan begitu banyak waktu di komputer, ponsel pintar, dan tablet, mampu menjangkau mereka secara digital tidak hanya cepat dan efisien, tetapi murah. Berikut adalah beberapa strategi pemasaran pemasaran online yang populer digunakan saat ini.

  1. Situs web

Setiap orang memiliki situs web beberapa hari ini. Merek Smart memiliki situs web yang responsif terhadap seluler, yang berarti mereka terlihat sama bagusnya dengan smartphone atau tablet.

  1. Blogging

Blog adalah jenis buku harian online yang semua orang dari pecinta makeup untuk perusahaan perangkat lunak digunakan untuk mendiskusikan topik yang menarik. Disney mengoperasikan Blog Taman Disney yang melekat pada situs web utamanya dan membungkusnya dengan artikel tentang acara mendatang, atraksi baru, dan kiat taman yang diatur berdasarkan topik dan lokasi taman.

  1. Media sosial

Media sosial ada di sekitar kita, mulai dari tweet berbentuk pendek Twitter hingga platform berbagi foto Instagram. Pepsi memanfaatkan saluran media sosial Snapchat dengan menempatkan Snapcodes pada botol soda. Pengguna yang mengambil gambar kode dapat membuka kunci fitur dan filter tambahan di aplikasi.

  1. Pemasaran email

Kita semua mendapat email dari merek favorit kami yang merinci produk baru, menawarkan promosi, dan memberikan informasi lebih lanjut tentang topik yang relevan atau tren panas. Email adalah cara cepat dan murah untuk menjangkau pelanggan.

  1. Bayar-per-klik iklan (PPC)

PPC bekerja dengan menempatkan iklan tinggi pada hasil mesin pencari yang pelanggan dapat mengklik. Pengiklan membayar setiap klik yang diterima.

  1. Iklan bergambar

Iklan ini muncul di berbagai situs web online, menggabungkan grafik, foto, video, dan teks untuk menarik mata pembaca. Audible.com menggunakan iklan bergambar yang merinci penawaran buku gratis untuk pendaftaran baru bersama warna-warna neon yang cerah.

Contoh Pemasaran Online

Berikut ini Greader Beberapa contoh kampanye pemasaran online meliputi:

  • Canon mengiklankan kata kunci pencarian yang berkaitan dengan fotografi di Google, Yahoo, dan mesin pencari Bing Greader dalam memasarkan kamera mereka ke audiens yang relevan.
  • Whole Foods ini Greader mengumpulkan alamat email di situs web mereka untuk mengiklankan produk, penjualan, dan acara baru di toko mereka.
  • Selain itu Dove Greader membuat iklan video dan membagikannya dengan audiens mereka di Facebook, Twitter, dan jejaring sosial lainnya untuk mempromosikan percakapan yang menyenangkan tentang merek dan produk mereka.

Meskipun pemasaran online menciptakan banyak peluang bagi bisnis Greader untuk mengembangkan kehadiran mereka melalui internet dan membangun pelanggan mereka Greader, ada juga tantangan yang melekat dengan metode pemasaran ini. Pertama, pemasaran dapat menjadi impersonal Greader, karena sifat pesan dan pengiriman konten virtual ke khalayak yang diinginkan. Pemasar harus menginformasikan strategi mereka untuk pemasaran online Greader dengan pemahaman yang kuat tentang kebutuhan dan preferensi pelanggan mereka. Teknik yang bisa Greader gunakan seperti survei, pengujian pengguna, dan percakapan langsung unuk tujuan ini.

Pemasaran online juga bisa ramai dan kompetitif. Meskipun peluang untuk menyediakan barang dan jasa memiliki jangkauan yang luas Greader di pasar lokal namun juga bisa menyebatkan persaingan yang signifikan.

Pemasar harus mengembangkan keseimbangan membangun proposisi nilai unik dan merek suara saat mereka menguji dan membangun kampanye pemasaran di berbagai saluran.

2. Pemasaran Offline

Pemasaran telah melihat pergeseran paradigma dengan munculnya semua hal online dan mobile. Membuat halaman Facebook bisnis, men-tweet tentang berita industri, mengirim pemberitahuan push penjualan ke pelanggan ... saluran yang kami gunakan untuk berbicara dengan prospek dan pelanggan berkembang setiap hari. Meskipun platform ini sangat efektif , kami tidak akan berbisnis jika mereka tidak! —Sebagian besar bisnis yang sukses mempraktekkan kombinasi strategi pemasaran Online dan Offline untuk menghasilkan prospek dan meningkatkan penjualan.

Di bawah ini kami memberi penghargaan kepada strategi pemasaran sekolah lama yang masih melakukan pekerjaan hari ini.

  1. Bagikan kartu nama Kapan saja

Ini mungkin adalah pilihan termudah dan termurah, itulah sebabnya mengapa ini menempati urutan teratas. Anda dapat membagikan kartu nama ke tetangga dan bisnis, menyematkannya ke papan buletin publik, memasukkannya ke dalam buku atau majalah yang relevan di kantor dokter, dan melakukan apa saja yang Anda inginkan bersama mereka. Untuk objek kecil seperti itu, kartu nama memiliki potensi yang sangat besar.

  1. Donasikan Sertifikat Hadiah atau Produk sebagai Hadiah Kontes

Apakah kota sekolah menengah mengadakan lelang diam? Apakah ada acara amal yang menawarkan hadiah? Menyumbangkan. Ini adalah cara sederhana untuk menjalin hubungan pribadi dengan publik sambil berpartisipasi dalam tujuan yang baik. Paling tidak, pemenang akan menggunakan produk atau layanan Anda, dan Anda bahkan dapat memperoleh referensi dan visibilitas dari mereka.

  1. Bicara di Acara

Temukan acara yang terkait dengan industri Anda dan siapkan pidato yang mendidik dan bermakna. Ini meninggalkan kesan yang langgeng dengan rekan-rekan yang berbagi posisi di industri Anda dan menciptakan representasi visual dari bisnis Anda. Jika Anda merasa tidak memiliki cukup otoritas industri untuk menyampaikan pidato kepada rekan-rekan, tetap berguna untuk menghadiri acara. Perkenalkan diri Anda dan jaringan dengan orang lain. Hubungan yang Anda bangun dapat membantu memindahkan tautan pemasaran ke tempat lain.

  1. Berkomunikasi dengan Publikasi Cetak Lokal

Meskipun peningkatan yang konsisten di media online, cetak masih efektif. Promosikan siaran pers ke majalah atau surat kabar yang menargetkan audiens Anda. Siaran pers adalah cara sederhana untuk menampilkan peristiwa penting atau tonggak penting untuk bisnis Anda, dan publikasi yang tepat dapat memberi Anda perhatian yang berharga. Tetap aktif dan bentuklah banyak hubungan dengan pers mungkin — mereka akan berguna.

  1. Kirim surat siput

Bahkan di usia email, surat siput masih merupakan metode pemasaran yang dapat diterima. Anda akan terkejut betapa banyak orang lebih memilih tawaran fisik. Ini lebih mahal dan Anda kehilangan data yang Anda dapatkan dari kampanye email, tetapi Anda akan menonjol di antara pesaing hanya email Anda. Kirim kupon atau pembaruan produk baru, contoh produk, buletin, atau apa pun yang Anda pikir dapat mempromosikan bisnis Anda yang terbaik. Ini jelas merupakan pendekatan yang lebih personal terhadap pemasaran.

  1. Buat Panggilan Dingin

Kumpulkan daftar calon pelanggan dan hubungi mereka. Pertama, buat strategi panggilan dingin, kemudian hubungi mereka. Sesuaikan percakapan dengan masing-masing pelanggan dan perhatikan waktu dan kebutuhan mereka. Meskipun biasanya lebih merupakan tindakan penjualan, panggilan dingin dapat membantu Anda membangun hubungan kolaboratif dengan bisnis lain dan berpotensi mendapatkan beberapa pelanggan baru di sepanjang jalan.

  1. Berpartisipasi dalam Pameran Dagang

Pameran dagang menempatkan Anda di bawah atap yang sama dengan kompetisi. Anda dapat mempelajari pitch mereka, memeriksa materi pemasaran mereka, dan umumnya mendapatkan wawasan nyata ke dalam strategi mereka. Tentu saja, pameran dagang juga merupakan peluang luar biasa untuk memamerkan produk Anda dan memasarkan perusahaan Anda. Jaringan dengan profesional lain dan mencari peluang untuk tumbuh dengan bekerja bersama

  1. Ubah Kemasan atau Presentasi Anda

Perkuat brand Anda dengan evaluasi ulang presentasi Anda. Bagaimana Anda membandingkannya dengan pesaing? Terlihat penting — desain pencitraan merek dan toko Anda berbicara banyak. Mungkin sudah waktunya untuk menyegarkan tampilan usang yang tidak mengirim pesan yang tepat kepada calon pelanggan. Luangkan waktu untuk mengunjungi dan mengulang; perubahan sekecil apa pun bisa membuat perbedaan besar

  1. Rayakan Keberhasilan

Selenggarakan pesta, pertemuan bisnis, atau beberapa bentuk acara perayaan untuk berbagi kesuksesan Anda. Mungkin Anda menghubungi Anda dengan bermitra besar atau meluncurkan layanan baru. Hubungi pers lokal untuk menyebarkan berita. Ambil kesempatan untuk mengakui tim Anda dan mendorong kesuksesan di masa depan. Perayaan Anda terikat untuk menarik perhatian audiens target Anda dan mengamankan Anda beberapa bisnis masa depan

  1. Mensponsori Acara Komunitas

Jika keuangan memungkinkan, ini adalah cara yang fenomenal untuk menyebarkan nama Anda jauh dan luas. Daripada hanya tabling di suatu acara, mengambil alih dan mensponsori satu. Rencanakan 5K atau tim dengan nirlaba untuk menyelenggarakan penggalangan dana. Saat menjadi tuan rumah, Anda dapat menangani barang dagangan. Berikan barang bermerek, kupon dan pamflet, dan kartu diskon. Ini membangun citra merek positif yang dihormati orang.

Contoh Pemasaran Offline

  1. IKEA - Kotak Inspirasi

Di Montreal, Kanada, ada hari khusus yang didedikasikan untuk memindahkan rumah bagi penduduk. IKEA, toko mebel besar, selalu menyediakan kotak bermerek IKEA. Namun pada tahun 2014, mereka memutuskan untuk berinovasi pada kampanye saat ini dengan merancang kotak-kotak yang bebas bergerak sebagai replika aktual dari mebel IKEA. Montreal dapat pindah ke rumah baru mereka dan kemudian menguji produk IKEA sebelum melakukan pembelian.

  1. Starbucks - Program Hadiah Loyalitas

Program Imbalan Loyalitas adalah sepeser pun selusin hari ini, tetapi program di Starbucks benar-benar menonjol dari yang lain. Pelanggan dapat memperoleh bintang untuk pembelian di kedai kopi Starbucks. Bintang-bintang ini kemudian dapat digunakan sebagai ganti minuman gratis di masa depan. Ketika mereka terus melakukannya, mereka dapat membuka minuman gratis dan fasilitas lainnya. Membawa ini ke tingkat berikutnya, program dapat menawarkan minuman gratis kepada pelanggan yang menunggak. Hasil akhir adalah prakarsa retensi pelanggan penuh corong.

  1. Alibaba Group

Tanggal 11 November dikenal sebagai Hari Singel di Daratan China di mana orang merayakan waktu lajang mereka. Tapi Alibaba Group telah memasarkan dan mengubahnya menjadi festival belanja online global dengan diskon besar-besaran serupa dengan Black Friday atau Cyber Monday di AS. Untuk lebih meningkatkan dan memasarkan festival online, Grup Alibaba memulai acara dengan konser besar dan bertabur bintang. Pada tahun 2017, selebriti termasuk Nicole Kidman, Pharrell Williams, dan Maria Sharapova hadir untuk membantu memulai perayaan.

  1. Coca Cola - Sponsor Olimpiade 2012

coca Cola menyerang balik. Olimpiade adalah salah satu acara terbesar untuk pemasaran di dunia. Coca Cola dilaporkan telah mensponsori sekitar $ 100 juta untuk menjadi sponsor utama untuk acara tahun 2012. Ini menempatkan logo merek mereka di samping hampir setiap iklan jaminan atau iklan cetak yang Olimpiade buat untuk acara tersebut. Kesepakatan sponsorship memungkinkan Coca Cola untuk memanfaatkan popularitas acara internasional dan memasarkan diri kepada pemirsa dan penggemar di seluruh dunia. Dalam kasus khusus ini, Coca Cola pertama kali mensponsori pertandingan Olimpiade pada tahun 1928 dan telah mengumumkan kemitraan berkelanjutan mereka hingga 2020.

  1. McDonald&singlequote;s - Cardboard VR Headset

McDonald&singlequote;s&singlequote;s Happy Meal dikenal dengan mainan yang datang bersama dengan pembelian itu. Sebagai bagian dari upaya mereka untuk mengendarai realitas yang ditambah dan gelombang realitas virtual, mereka merancang kotak Happy Meal dengan garis putus-putus tertentu agar dapat dilipat menjadi Headset Karton VR yang mirip dengan Google Karton. Alat baru ini, dijuluki the Happy Goggles, memberikan pengalaman VR kepada setiap pelanggan yang memiliki smartphone.

  1. Adidas - Langsung dengan Derrick Rose

Derrick Rose adalah Pemain NBA yang dikenal karena lompatannya yang mengesankan yang ia ambil di lapangan. Untuk menandai pembukaan Toko Derrick Rose Jump mereka di London, toko menempatkan sekelompok Derrick Rose signature sepatu Adidas di rak 10 kaki. Pelanggan diberi kesempatan untuk melompat dan meraih sepatu ini. Jika mereka berhasil menggesek sepatu, mereka bisa membawa mereka pulang gratis.

 

 

Penulis : Ulti

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...