WhatsApp-Button
Strategi Marketing Dari 4 Brand Terkenal Ini Patut Kamu Pelajari

Strategi Marketing Dari 4 Brand Terkenal Ini Patut Kamu Pelajari

  2018-09-27 17:10:55     Ulti Desi Arni     Dibaca 3961 kali

Bagaimana caranya sebuah produk dapat dikenal dan digunakan oleh orang banyak? Jawabannya tentu dengan menjalankan strategi marketing yang brilliant. Hal ini sudah dilakukan oleh brand-brand ternama dalam memasarkan produk mereka. Selain strategi branding yang baik, mereka juga memasarkan produk mereka dengan cara yang berkesan bagi konsumen mereka. Berikut adalah 4 brand terkenal dengan strategi marketing kreatif yang patut kami pelajari.

  1. Uniqlo

Uniqlo adalah perusahaan Jepang yang bergerak di bidang fashion. Untuk Greader ketahui Uniqlo telah menjadi brand yang terkenal di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia. Menurut president dan CEO Uniqlo, dia tidak ingin konsumen melihat Uniqlo hanya sebatas perusahaan fashion. Lebih dari itu. Dia ingin Uniqlo dilihat sebagai perusahaan teknologi.

Untuk mewujudkan hal itu, Uniqlo meluncurkan kampanye digital marketing yang luar biasa. Kampanye ini dilakukan di 100 outlet Uniqlo dan juga disebarkan secara online. Uniqlo meletakkan digital billboard yang berisi kode dari produk mereka. Pembeli hanya bisa menggunakan kode itu dengan cara mengambil gambar kode tersebut dan menguploadnya pada website yang telah dipersiapkan oleh Uniqlo. Jika pembeli telah mengupload kode itu, mereka akan mendapatkan free sample pakaian dari Uniqlo.

Ketika mereka sudah masuk ke dalam website yang disediakan Uniqlo, mereka akan disajikan informasi mengenai teknologi dibalik pembuatan pakaian-pakaian Uniqlo. Mereka juga diminta untuk menyebarkan promosi ini melalui social media dan mengajak teman-teman mereka untuk bergabung.

Hasil dari kampanye ini sangat luar biasa. Video online yang mereka upload telah ditonton sebanyak 1,3 juta kali. Secara keseluruhan, kampanye ini telah menjangkau lebih dari 4 juta orang dan Uniqlo mendapatkan 35,000 pelanggan baru melalui strategi pemasaran ini.

  1. Nike

Brand sepatu, pakaian, dan aksesoris olahraga ini tentu sudah tidak asing lagi bagi Greader bukan. Nike menjadi salah satu brand terkenal di seluruh dunia. Meskipun Nike sudah sangat terkenal, Nike tidak pernah mengendurkan strategi marketing mereka. Mereka selalu keluar dengan ide-ide luar biasa yang dapat kamu contoh.

Salah satu kampanye yang mereka lakukan ialah customer service. Nike membuat satu akun Twitter terpisah dengan nama @NikeSupport yang akan digunakan untuk menjawab semua masalah atau pertanyaan konsumen yang berkaitan dengan produk ataupun brand mereka. Nike berjanji akan menjawab semua pertanyaan yang diajukan secepat mungkin.

Kampanye ini sangat berhasil karena mereka telah membangun hubungan yang baik dengan konsumen mereka. Ini merupakan salah satu strategi yang dapat dicontoh oleh perusahaan-perusahaan lain. 

  1. Domino’s

Sebagai perusahaan makanan yang sudah mendunia Greader, strategi marketing Domino’s juga tidak kalah dari pesaing-pesaingnya. Domino’s meluncurkan kampanye yang bertujuan untuk mempermudah pembeli dalam membeli pizza secara online. Pertama-tama, pizza dapat dipesan melalui Twitter. Kemudian mereka juga mengizinkan pembeli untuk memesan melalui Amazon Alexa dan Facebook Messenger Chatbot.

Melalui kampanye ini, angka penjualan Domino’s meningkat drastis. Banyak orang merasa memesan pizza menjadi sangatlah mudah. Selain itu, Domino’s juga memposisikan brand perusahaan mereka menjadi brand yang keren, kekinian, dan trendy.

  1. Coca-Cola

Coca-Cola merupakan salah satu brand yang selalu mengeluarkan strategi marketing yang brilliant. Salah satu strategi mereka yang sukses adalah saat Coca-Cola mempromosikan produk mereka Coca-Cola Zero dalam bentuk video komersial. Coca-Cola bekerja sama dengan salah satu film James Bond yang berjudul “SkyFall” dalam kampanye mereka. Video tersebut menceritakan bagaimana seorang laki-laki harus menyelesaikan misi 007 yang diberikan untuk mendapatkan tiket gratis menonton film “SkyFall”.

Video ini menjadi viral dan ditonton oleh banyak orang. Di YouTube, video ini telah ditonton lebih dari 7,1 juta kali. Video komersial itu juga telah dibagikan lebih dari 800,000 kali di Facebook dan 29,000 kali di Twitter. Dengan konten yang kreatif dan media yang sesuai, Coca-Cola dapat menghasilkan strategi marketing yang sangat sukses.

 

 

Penulis : Eric


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia