Memahami Apa Itu Public Relation Serta Bagaimana Perannya Dalam Suatu Perusahaan

Greaders, sudahkah anda paham apa itu public relation? Pada pembahasan kita kali ini Greader akan mengupas pengertian public relation lebih dalam serta bagaimana perannya dalam suatu perusahaan.

Public relation adalah strategi komunikasi yang bertujuan untuk membangun dan menjaga hubungan yang saling menguntungkan antara suatu perusahaan dengan publiknya. Tujuan lain dari kegiatan ini adalah untuk membuat pihak lain memiliki pemahaman yang sama dengan perusahaan. Public relation merupakan satu komponen penting yang ada di sebuah perusahaan dan pasti akan digunakan oleh setiap perusahaan.

Public relation melibatkan semua hal dan semua orang dalam suatu perusahaan. Mulai dari bos, karyawan, client, dan lainnya. Salah satu fungsi utama public relation adalah menyelesaikan masalah krisis komunikasi suatu perusahaan. Krisis komunikasi tidak hanya terjadi antara perusahaan dan publiknya, tetapi juga dapat terjadi antara perusahaan dengan media, dan juga antara sesama pekerja di dalam perusahaan. Public relation membantu suatu perusahaan dalam menyampaikan pesan kepada orang yang tepat, melalui media yang tepat, dan di saat yang tepat.

Kegiatan public relation biasa digunakan untuk membangun image positif perusahaan di mata orang banyak dan juga media. Hal ini dapat dilakukan dengan berbagai cara. Berikut adalah beberapa kegiatan atau alat yang dapat digunakan di dalam kegiatan public relation:

  • Sponsorship: menjadi sponsor dalam suatu kegiatan dapat meningkatkan image positif dari suatu perusahaan.
  • Partnership: ini Greader untuk membangun kerja sama dengan perusahaan atau komunitas lain.
  • Event: Ini Greader untuk mengadakan suatu event atau acara dapat mengeratkan hubungan antara suatu perusahaan dan publiknya. Selain mengadakan acara, berpartisipasi dalam acara lain juga dapat membuat perusahaan menjadi lebih dikenal.
  • Press release: merupakan siaran berita yang digunakan untuk mengumumkan segala sesuatu yang berhubungan dengan kebaikan perusahaan kepada media.
  • Social media: tujuannya Greader membangun dan menjaga hubungan antara suatu perusahaan dengan publiknya secara langsung dan efektif.

 

Public relation tidak hanya sebatas menyampaikan pesan kepada publik. Lebih dari itu, public relation terdiri dari serangkaian proses yang panjang dalam menyelesaikan suatu masalah. Ada 4 elemen penting yang harus dipahami oleh perusahaan dalam melaksanakan kegiatan public relation:

  1. Research

Perusahaan harus mengkaji apa saja masalah yang sedang dihadapi. Apa penyebab masalah tersebut? Mengapa itu dapat terjadi? Dan siapa saja yang terlibat? Analisa mendalam harus dilakukan dalam tahap ini agar dapat ditemukannya akar masalah yang jelas.

  1. Action

Setelah perusahaan mengerti masalah apa yang sedang dihadapi, langkah selanjutnya adalah mencari solusi. Bagaimana masalah ini dapat diselesaikan? Perusahaan harus merencanakan program atau strategi yang matang untuk menyelesaikan masalah. Dalam proses ini, dibutuhkan kreatifitas dan skill memecahkan masalah yang tinggi.

  1. Communication

Tahap ini merupakan tahap eksekusi, dimana perusahaan akan menjalankan ide atau strategi yang sudah di rancang. Pemilihan alat komunikasi yang tepat sangatlah penting agar pesan dapat disampaikan kepada orang yang tepat.

  1. Evaluation

Elemen terakhir dalam proses public relation adalah evaluasi. Perusahaan wajib melakukan evaluasi terhadap strategi yang sudah mereka jalankan. Mulai dari konten pesan, media yang digunakan, waktu penyampaian, pemilihan target audience, dan lainnya. Apa efek yang ditimbulkan dari strategi yang dijalankan? Bagaimana reaksi orang-orang terhadap strategi tersebut?

 

Penulis : Eric

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...