Cara Login Portal Akademik Universitas Negeri Padang

Portal Akademik bagi sebuah Universitas merupakan suatu sistem informasi yang sangat berguna sebagai penghubung informasi akademis yang ada di setiap unit akademik baik itu program studi ataupun fakultas  yang sekaligus sebagai sarana komunikasi antara civitas kampus.

Sistem yang ada pada akademik ini dibuat dari suatu kondisi ekstensi informasi akademik di suatu kampus yang mempunyai bentuk yang berbeda-beda dan bervariasi sehingga memang membutuhkan sebuah portal yang akan menggabungkan informasi-informasi tersebut agar mudah untuk diakses publik baik pihak akademik ataupun mahasiswa dengan hak akses yang sudah ditentukan.

Pengguna portal akademik ini terdiri dari beberapa jenis yaitu administrator, dosen dan juga mahasiswa. Dan perlu diingatkan bahwa yang bisa masuk kesebuah portal akademik universitas kita tentunya harus login terlebih dahulu.

Nah disini kita akan membahas cara login di portal akademik Universitas Negeri Padang. Berikut cara-caranya:

  • Langkah ertama kali yang harus dilakukan adalah membuka terlebih dahulu portal akademiknya yang beralamat https://portal.unp.ac.id/ pada browser kamu. Setelah itu akan muncul halaman login seperti gambar dibawah ini.

 

  • Setelah itu masukkan User, Password dan Answer dari Question yang diberikan oleh akademik sebelumnya. Biasanya berupa Nim kamu dan pass yang rahasia.
  • Jika semua sudah kamu isi, silahkan klik pada Sign In untuk bisa masuk kedalam sistem.
  • Apabila sudah melakukan login, maka kamu akan langsung disuguhkan pada menu dashboard yang dapat dilihat seperti dibawah ini.

 

  • Pada portal akademik Universitas Negeri Padang ini banyak pilihan menu yang bisa pilih dan memiliki fungsinya masing-masing. Seperti mengisi KRS, mencetak KHS, Mencetak Transkrip Nilai. Berikut ini tampilan menu-menu yang ada di portal ini yaitu.

 width=716

  • Pada contoh kali ini kita akan coba masuk ke menu Kartu Rencana Studi seperti yang pada gambar dibawah

  • Bagi mahasiswa yang akan melakukan pengisian KRS maka akan disuguhkan tampilan KRS seperti ini.

 

  • Apabila kamu sebagai mahasiswa ingin mengganti atau merubah password yang kamu miliki, kamu bisa melihat disudut kanan dekat My Account disana terdapat pilihan “change password”.

 

Sekian tutorial cara login portal akademik universitas negeri padang, bagi yang masi belum tau bagaimana cara menggunakan sistem portal akademik di universitas negeri padang.

 

Penulis : Ardiansyah

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...