Tips Mempercepat Performa Google Chrome dengan Tingkatan RAM yang Terjaga

 Seringkali penggunaan Chrome dianggap sangat senang, namun tanpa disadari hal tersebut memakan RAM. Atau beberapa kasus lainnya Chrome yang berjalan dengan sangat lambat. Hal tersebut tentu saja sangat mengesalkan penggunanya. Padahal, ada loh cara mudah untuk bisa mengatasi hal tersebut. Anda tetap bisa memperoleh kinerja computer yang maksimal dari Google Chrome tersebut dengan tingkat penggunaan RAM yang terbatas.

Berikut ini adalah cara - cara  untuk mempercepat performa dari google chrome Anda dengan RAM yang sangat terjaga:

  1. Menutup proses secara manual

Jika Chrome Anda berjalan sangat lambat, Anda cukup dapat melihat daftar proses yang tengah berjalan. Jadi cara untuk masuk ke Task Manager,Anda dapat menekan kombinasi tombol Shift + Esc untuk Windows atau dari menu Windows Anda. Jika Anda ,memakai Mac. Lalu Anda bisa mengurutkan proses yang menurut penggunaan memori dan mematikan apapun itu yang tidak dibutuhkan agar kinerja RAM Anda tidak terganggu.

 

  1. Singkirkan semua ekstansi yang tidak dipakai secara manual

Hanya karena Anda mendonload video di satu waktu, bukan berarti Anda harus membutuhkan ekstansi di setiap waktunya. Anda harus dapat selektif memilah ekstensi yang Anda ingin instal dan selektif mana ekstansi yang di simpan. Jadi ketik chrome: // extensions ke address bar Anda untuk menonaktifkan ekstansi yang tidak Anda butuhkan lagi secara regular maupun yang masih berguna. Setelah itu lalu Anda hapus ekstansi yang menurut anda tidak berguna.

 

  1. Buat semua plugin bekerja secara manual

Jadi chrome sejak tahun kemarin telah memblokir Flash ads kecuali website utamanya. Tetapi chrome sudah menyertakan “click to play” yang mana chrome tidak secara otomatis lagi memainkan atau memutar setiap plugin. jadi Anda bisa juga mengaktifkannya ke setelan chrome: //settings, klik on Show Advanced settings, lalu klik Content settings under Privacy. Gulir ke bawah ke bagian Plugins dan pilih ‘Let me choose when to run plugin content’.

 

  1. One tab The Great Suspender

Jika Anda cenderung menyimpan banyak tab dan tidak berniat mengubah kebiasaan itu, ada beberapa ekstensi yang bisa membantu Anda untuk menyimpan banyak tab. Jadi ada dua pilihan yang paling populer sering dilakukan adalah One Tab dan The Great Suspender.

One Tab pada dasarnya memungkinkan Anda untuk mengharuskan menutup setiap tab yang terbuka dengan satu klik dan mengubahnya menjadi daftar. Kapanpun Anda perlu mengakses tab lagi, Anda dapat mengembalikan semuanya sekaligus atau secara individual dengan mengklik link masing-masingnya.

Anda juga dapat dengan mudah mengekspor dan mengimpor tab Anda sebagai daftar URL. Bergantung pada berapa banyaknya tab yang Anda ingin jalankan dan berapa banyak skrip yang berjalan di dalam tab Anda tersebut,jika Anda memindahkannya ke OneTab dapat meningkatkan kinerja secara signifikan.

  1. Data Saver Extension

Jika koneksi anda melambat atau loading lama, Anda dapat memakai ekstensi yang ini. Ekstensi ini dapat membant Anda mengurangi penggunaan data dengan memakai server perusahaan untuk memanpatkan halaman sebelum dikunjungi. Tetapi perlu Anda ketahui bahwa halaman yang di akses dari koneksi pribadi atau HTTPS atau tab penyamaran tidak akan di optimalkan atau tidak dapat dilihat oleh Google.


Kesimpulan:

Mungkin dari tips – tips tersebut Anda dapat mencobanya agar RAM computer Anda dapat terus terjaga. Jadi Anda dapat browsing di Google Chrome dengan cepat tanpa gangguan apapun.

Goodluck

 

 

Penulis : Rizal Fadly

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...