Mengkaji Pentingnya Peranan Etika Profesi Dalam Bekerja Sebagai Profesional IT

Saat ini dunia kerja Greader sudah mulai sangat memiliki karyawan yang banyak, karena semakin berkembangnya zaman maka kebutuhan akan pekerjaan juga akan terjadi sangat meningkat di kian tahunnya, apalagi jika pertumbuhan laju penduduk sangat cepat sehingganya Greader setiap orang pasti nya membutuhkan suatu pekerjaan yang dapat memenuhi kebutuhan hidup untuk keluarga dan pribadi.

Untuk masuk ke dalam dunia pekerjaan tentunya kita harus memiliki suatu hal yang disebut dengan Etika, maksud dari etika disini adalah suatu etika yang dinilai baik sehingga seorang pekerja dapat memiliki tinggal profesional yang tinggi terhadap rekan kerja dan pimpinanya di perusahaan. Suatu Etika Profesi dalam perusahaan sangat penting untuk di terapkan supaya para pekerja dapat memiliki etika yang baik sesuai dengan yang ditetapkan.

Memiliki etika yang baik maka derajat kita sebagai seorang karyawan juga akan terlihat baik dan terangkat karena sikap yang baik dalam berprofesi. Sangat dibutuhkan suatu etik dalam bekerja dengan tujuan supaya kita dapat memiliki kode etik yang baik pula dalam bekerja.

Semua pekerjaan yang ada pasti nya ada suatu etika yang sangat penting untuk di titik beratkan sehingga bukan hanya 1 pekerjaan saja yang mementingkan etika. Berbeda prospek pekerjaan yang di jalani maka akan berbeda juga etika yang ada dan di terapkan di lingkungan pekerjaanya. Suatu Prospek kerja yang tinggi Greader sangat banyak berada dalam ruang lingkup pekerjaan IT. Semua hal yang berhubungan dengan IT itu Greader akan dianggap sebagai suatu hal yang lumrah yang dapat dikerjakan oleh mereka yang berada dalam lingkungan IT.

Di Indonesia perusahaan IT sudah sangat banyak, para pekerjanya pun juga sangat banyak di dalam satu perusahaan. Kebutuhan yang semakin banyak akan teknologi memicu timbulnya suatu perusahaan IT yang baru. Suatu pekerjaan IT memiliki prospek kerja yang tinggi dan juga banyak sekali profesi yang dimiliki dan dapat digolongkan di dalam pekerjaan IT. Salah satu nya adalah Senior Programmer, Database Administrator, Web Developer, Android Developer, Sistem Analis, Game Developer, Network Administrator, dan pekerjaan lainnya Greader yang berhubungan dengan teknologi.

Untuk etika yang dimiliki oleh tiap-tiap pekerjaan tersebut pastilah berbeda antara satu dengan yang lain. Contohnya saja pekerjaan antara Web Developer dengan Network Administrator pasti nya memiliki etika yang berbeda.

Web Developer merupakan seorang pekerja yang bertugas untuk mendesain dan membuat suatu website untuk jangka waktu yang panjang sementara itu seorang pekerja yang berhubungan dengan pengaturan jaringan dan user yang menggunakannya adalah yang disebut dengan Network Administator. Dari sisi pekerjaan nya saja terlihat perbedaan yang jauh antara seorang Web Developer dengan Network Administrator begitu juga dengan etika antara kedua profesi tersebut.

Bukan hanya etika saja yang diperlukan dalam suatu pekerjaan, kode etik juga sangat diperlukan, jika etika mengkaji mengenai sikap yang berkaitan dengan pekerjaan maka kode etik akan menjelaskan hal yang berhubungan dengan perilaku seorang pekerja dalam usahanya untuk menghindari pelanggaran UU ITE. Pekerja IT saat ini ada beberapa yang sudah melanggar ITE.

Seperti contoh kasus nya adalah pada seorang web developer yang membuat suatu desain website secara plagiat atau mengambil desain dari hasil kerja orang lain, pelanggaran etika dan kode etik tersebut sudah dianggap melanggar undang-undang profesi

Melihat hal tersebut, maka sangat dibutuhkan suatu etika untuk bekerja guna untuk melanggar suatu kemungkinan yang dapat terjadi karena tidak adanya suatu etika dan kode etik yang diterapkan selama berada pada dunia pekerjaan.

Nah, itulah yang dapat saya jelaskan mengenai Pentingnya Etika Dalam Profesional IT. Semoga bermanfaat untuk Greaders.

 

Penulis : Meci

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...