Kenapa Etika Penting Dalam E-Commerce ?

Pembahasan Pentingnya Etika Dan E-Commerce

Etika sangat berperan penting dalam e-commerce, karena bisnis sangat berkembang dan ramai di pergunakan di dunia teknologi, sehingga menjadi topik perdebatan. Tujuan bisnis tentu nya untuk mendapatkan keuntungan yang mempertaruhkan uang dan barang, yaitu dengan membeli, menjual, memproduksi produk-produk baik barang atau pun jasa.

Dalam hubungan nya etika dan e-commerce sangat berkaitan, karna sebagian dari orang-orang berpendapat “bisnis tetap bisnis” yang susah untuk di satukan dengan etika sebab mengutamakan keuntungan. Sedangkan dari bagian lain menyebutkan perlu nya evaluasi yang etis dalam hal berbisnis, karena selain sebagai mencari keuntungan bisnis juga membutuhkan etika sebagai mengupayakan norma yang berupa kemanusiaan. Ada beberapa alasan bahwa di dalam berbisnis perlu etika :

  • Selain mempertaruhkan uang dan barang sebagai tujuan untuk keuntungan, bisnis juga mempertaruhkan kehormatan, reputasi, dan lain nya.
  • Kepercayaan sangat di butuhkan dalam melakukan bisnis, sebab bisnis akan berkembang jika kepercayaan itu ada dan memiliki relasi. Maka etika di butuhkan untuk memperkuat dan menumbuhkan rasa saling percaya.
  • Bisnis di lakukan antar orang yang satu ke orang lain, maka bisnis memerlukan etika untuk memberikan pedoman bagi pihak yang menjalankan nya. 

Dari beberapa alsaan tersebut, disimpulkan bahwa bisnis membutuhkan etika. Suatu bisnis akan berhasil jika mematuhi etika dalam berbisnis dan masyarakat sebagai penilai siapa yang layak untuk di dukung sebagai pebisnis.

Etika Bisnis

  1. Penjelasan Etika

Sesuatu yang menjelaskan tentang moral untuk membedakan antara salah dan benar adalah Etika. Yang mana hal tersebut bisa bermanfaat untuk setiap pemimpin dan memberikan pembekalan kepada seorang pemimpin organisasi atau pun perusahaan. Untuk memecahkan masalah yang terkait agar bisa mempertimbangkan kan keputusan yang benar. Atau etika bisnis adalah suatu ajaran mengenai moral yang benar dan salah.

  1. Tujuan Etika

Yang menjadi tujuan dari Etika ialah untuk membangkitkan kesadaran moral dan memberikan batasan – batasan bagi para pelaku pengusaha atau pelaku bisnis untuk mengaplikasikan bisnis yang bagus dan bukan mengadakan penipuan. Hal itu dapat membebani banyak orang. Semua pengusaha  sangat membutuhkan etika bisnis, baik pengusaha yang sudah lama terjun ke dalam dunia bisnis maupun pengusaha yang masih baru terjun ke dunia bisnis.

Dalam etika bisnis juga memiliki aturan agar bisa mengarahkan mereka memanajemen bisnis yang baik dan mengarahkan mereka dalam mewujudkan suatu citra, hal ini untuk para pebisnis. Sehingga bisnis tersebut mempunyai etika yang bagus dan bisa di ikuti oleh semua pihak yang mempercayai nya. Dengan ada nya etika bisnis bisa menghindari dari citra yang kurang baik, seperti hal nya licik dan cara kotor, serta terjadi nya penipuan. Etika yang baik pada bisnis biasa nya tidak akan melanggar aturan hukum yang telah ada, mempunyai izin usah yang resmi, tidak akan melakukan kecurangan pada bisnis yang lain nya, serta tidak akan menjadi kan suasana tidak kondusif pada pesaing bisnis nya.

Manfaat Etika Bisnis

Untuk meraih kesuksesan pada jangka panjang di dalam suatu bisnis di perlukan nya perilaku yang etis. Maka dari itu, nilai di dasarkan pada dan kelangsungan hidup perusahaan dan keuntungan, yang mana bisnis seringkali menetapkan pilihan strategis.

Ada manfaat dari etika bisnis untuk kelangsungan organisasi atau perusahaan yaitu sebagai berikut :

  1. Tugas dari etika bisnis ialah memberikan suatu pemahaman seperti bisnis yang tidak bisa di pisahkan dari etika dan bertugas melakukan perubahan kesadaran masyarakat terhadap bisnis.
  2. Untuk menyeimbangkan kepentingan strategis pada suatu bisnis dengan tuntutan moralitas dan berupaya untuk mencari cara.

Contoh etika bisnis pada bidang IT

1. Etika Normative

Etika normative ini Greader merupakan norma – norma yang bisa menuntun orang untuk bertindak secara baik menghindarkan hal –ha yang dilarang (buruk) sesuai dengan norma yang telah ada di masyarakat Greader atau juga  etika yang menetapkan perilaku dan sikap yang baik dan ideal.

2. Etika Deskriptif

Etika ini ialah etika yang mengenai perilaku dan sikap manusia yang menelaah secara rasional dan kritis, yang berbicara tentang fakta yang sesungguhnya, seperti perilaku manusia dan nilai – nilai yang akan memungkinkan manusia bisa bertindak lebih etis.

E-Commerce ( Electronic Commerce)

Perkembangan ilmu teknologi dan ilmu pengetahuan yang semakin pesat, menjadikan tantangan terhadap penegakan nilai – nilai etika, juga memperhatikan perkembangan Greader yaitu perkembangan pada setiap moral seseorang.

E-Commerce ini Greader merupakan informasi dan jasa yang di lakukan secara elektronik yang akan menggunakan jaringan komputer, untuk proses transaksi penjualan dan pembelian produk. Atau pengertian lain dari E-Commerce ialah direct selling yang menggunakan  pelayanan yang ada di Internet yang mana terdapat website yang biasa menyediakan layanan “get and deliver“ atau proses yang terjadi saat berdagang dan berbelanja di online.

system perdagangan elektronik sangat berkembang pesat di sebab kan oleh :

  1. Dapat meningkatkan kepuasan dari pelanggan
  2. Menjadikan proses transaksi yang singkat
  3. Murah nya biaya operasional
  4. Biasa menjangkau pelanggan yang lebih banyak

Proses dalam E-commerce

  1. Untuk melakukan pembayaran dilakukan secara online
  2. Tersedia nya tagihan dan pemesanan secara langsung
  3. Account pelanggan otomatis aman (baik kartu kredit maupun nomor rekening)
  4. Pembuatan web site untuk layanan dan produk

Contoh Etika Bisnis Pada Bidang E-Commerce

Dalam dunia maya juga memiliki peraturan, yang mana peraturan itu harus di taati oleh para pengguna nya, begitu pun untuk transaksi di pasar online harus mentaati peraturan. Untuk menikmati kecanggihan dunia IT yang aman, pengguna harus lah bertanggung jawab atas apa yang di lakukan di dunia maya.

Contoh Trend E-Commerce

Contoh nya : dengan ada nya dukungan mobile e-banking mempermudah transaksi bisnis lebih praktis bagi pengguna nya. Saat ini hampir semua bank sudah menyediakan layanan mobile untuk mempermudah transaksi lebih cepat, praktis dan tidak perlu antri di ATM. Proses transaksi pembayaran, pembelian, dan transfer dapat di lakukan hanya dengan sekali sentuhan pada smartphone anda.

 

 Penulis : Jumalia

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...