Mengenal Lebih Dekat Mengenai Teknologi Machine Learning

Teknologi merupakan sarana yang disediakan berupa barang barang yang dibutuhkan oleh manusia untuk memudahkan dan membantu suatu pekerjaan yang mungkin tidak bisa dilakukan oleh manusia. Dan pekembangan zaman yang semakin modern ini, teknologi yang diciptakan oleh manusia semakin lebih canggih dan semakin bermanfaat.

Dan sejak komputer pertama kali dibuat oleh manusia sudah memikirkan bagaimana cara agar dapat belajar dari pengalaman. Dan teknologi canggih seperti saat ini akan sangat membantu manusia dalam menjalankan aktivitas sehari hari.

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan sedikit mengenai Teknologi machine learning yang banyak diperbincangkan oleh banyak orang di sosial media.

Machine learning merupakan cabang aplikasi dari Artificial Intelligence yang berfokus pada pengembangan suatu sistem yang dapat belajar otodidak (sendiri) tanpa harus berulang – ulang di program oleh manusia. Teknologi ini juga merupakan teknologi yang di impi – impikan oleh nanusia sebagai masa depan, karena kemampuan belajar yang ditujukan ke mesin ataupun sistem akan membawa kesempatan yang begitu besar bagi teknologi untuk dapat membantu manusia dan akan terus menerus berkembang setiap hari.

Pada dasarnya istilah machine learning merupakan proses suatu komputer belajar dari data. Jika tidak ada data, komputer tidak akan bisa mempelajari apapun. Jadi jika kita ingin mempelajari machine learning, kita akan selalu berinteraksi dengan data. Semua pengetahuan pada machine learning pasti akan melibatkan data. Dan suatu data itu bisa saja sama, tetapi algoritma pendekatannya akan berbeda – beda agar mendapatkan hasil yang lebih optimal.

Kemunculan teknologi machine learning inimulai berkembang dengan sangat cepat ke teknologi yang berada disekitar manusia. Contohnya perangkat lunak (software) yang ada pada smartphone kita saat ini, dan di berbagai perangkat canggih lainnya. Software yang terdapat teknologi machine learningdapat membantu kita untuk dapat mengakses informasi dan menghasilkan keputusan yang cepat dan lebih baik. Big data menjanjikan banyak hal yang ada di dalam transformasi digital dan cloud akan menyediakan fondasi untuk transformasi digital, machine learning merupakan alat pertama yang dapat membuat hal tersebut berkembang. Machine learning merupakan teknologi yang memiliki multifungsi (kegunaan yang banyak) tanpa ada batas selagi memiliki proses analisis pemahaman data yang cepat maka pada waktu itulah machine learning dibutuhkan.

Machine learning memiliki hubungan yang berkaitan erat dengan computational statistics. Computational statisticks ini merupakan disiplin ilmu yang berfokus kepada pembuatan keputusan atau pengecek via penggunaan komputer. Machine learning digunakan dalam bermacam kegiatan yang menggunakan komputer, yang mana pemograman tidak dapat melakukannya.

Penggabungan antara big data dengan cloud merupakan kolaborasi yang perfect bagi machine learning. Kenapa?,karena jika data yang akan diolah semakin banyak, maka machine learning akan semakin cerdas sehingga keputusan yang diambil akan menjadi lebih baik dan terus berkembang.

Saat ini teknologi ini banyak merevolusi dibagian pelanggan atau dikenal sebagai customer service. Contoh bentuk real (nyata) yang terdapat pada teknologi chatbot yang memungkinkan untuk membantu manusia dalam melayani pelanggan. Tidak hanya memberikan respons yang kilat teknologi chatbot ini juga dapat terus berkembang seiring banyaknya data yang dapat dikumpulkan.

Dengan demikian, dimasa yang akan datang machine learning bisa menjadi peran signifikan dalam hidup manusia. Dan dimasa depan tidak menutup kemungkinan akan dibuat oleh manusia untuk membantu kita dalam melakukan kegiatan sehari hari.

 

 

 Penulis : Naufal Fikri Aulia

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...