Teknologi Virtual Reality dan Augmented Reality

Sebagian dari kita mungkin belum mengetahui ataupun belum mengenal apa itu Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR), benar?.

Maka disini saya akan berbagi sedikit pengetahuan tentang apa itu Virtual Reality dan Augmented Reality kepada para pembaca sekalian.

Perkembangan teknologi yang setiap tahun melahirkan teknologi yang semakin canggih telah membawa kita kepada area yang baru. Terutama bagi para remaja zaman sekarang yang sangat menyukai teknologi masa kini. Bahkan bukan remaja ataupun anak anak saja yang tergila gila dengan teknologi, begitu juga dengan orang tua.  Dan teknologi yang semakin canggih ini juga sangat membantu kita untuk melakukan kegiatan kita sehari hari. Dan tidak menutup kemungkinan semua teknologi itu bersifat positif, tergantung kepada kita menggunakan teknologi itu dengan cara yang bagaimana.

Maka simaklah penjelasan yang akan saya jelaskan kepada para pembaca sekalian.

Virtual Reality dan Augmented Reality kebelakangan ini sangat sering dibicarakan oleh banyak orang, terutama oleh kalangan anak muda zaman sekarang yang begitu candu dengan teknologi yang semakin maju ini. Dan teknologi ini dikembangkan oleh Octagon Studio di Bandung.

Virtual Reality atau nama lainnya Realitas Maya ini merupakan teknologi yang membolehkan orang yang menggunakannya dapat berinteraksi secara langsung dengan lingkungan yang berdimensi 3 (3D), Virtual Reality ini disimulasikan oleh komputer yang terdapat suatu objek atau benda nyata ataupun imajinasi. Sehingga pengguna akan terlibat secara fisik area tersebut.

Apakah penjelasannya terlalu rumit ? saya akan memberikan contohnya.

Penggunaan simulasi ini contohnya adalah sebuah pesawat. Sebelum menerbangkan sebuah pesawat yang nyata seorang pilot akan menjalani sebuah latihan simulasi penerbangan pada sebuah ruangan yang sama dengan ruangan yang ada didalam  pesawat. Ruangan ini dirancang sedemikian rupa sehingga pilot seakan akan menerbangkan sebuah pesawat yang nyata. Dan tombol yang terdapat pada ruangan tersebut pun sangat persis seperti tombol yang ada pada pesawat nyata. Didalam ruangan itu juga simulasi ini menampilkan pemandangan seperti diatas awan. Jadi Virtual Reality ini adalah simulasi yang bisa membuat kita seakan berada didunia nyata.

Augmented Reality hanya memiliki perbedaan yang sedikit dibandingkan dengan Virtual Reality. Virtual Reality adalah simulasi dunia nyata yang bertuju ke suatu benda, Augmented Reality pula adalah teknologi yang menggabungkan benda benda yang bersifat maya seperti (2D dan 3D) dengan benda benda yang nyata ke suatu lingkungan 3D. Contohnya seperti Game Pokemon GO yang sebelum ini pernah dimainkan oleh banyak orang dan merupakan Game yang paling tren.

Augmented Reality ini dapat membuat smartphone yang tadinya hanya 2D dapat digabungkan dengan lingkungan yang nyata yang dapat berupa suatu tempat seperti jalanan, rumah, ruangan dan lain lain. Hasil dari keduanya akan di tampilkan pada layar smartphone kita.

Jadi apa sih perbedaan antara Virtual Reality dengan Augmented reality ?

Virtual Reality merupakan teknologi yang mensimulasikan atau meniru suatu benda yang nyata pada sebuah layar dan benda tertentu secara keseluruhan, kalau Augmented Reality merupakan teknologi yang menggabungkan suatu benda di alam yang nyata dengan gambar di sebuah layar dan akan menampilkan penggabungan benda nyata dan suatu gambar dilayar yang akan membentuk sebuah objek tertentu.

Mungkin itulah sekilas pengetahuan tentang apa itu Virtual reality (VR) dan Augmented Reality (AR)

Yang dapat saya sampaikan kepada pembaca sekalian, semoga dari penjelasan yang dapat saya sampaikan ini dapat bermanfaat kepada para pembaca dan bermanfaat pula untuk kehidupan kita sehari hari.

 

 

Penulis : Naufal Fikri Aulia

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...