Apa itu Smart Campus ? Berikut Beserta Alasan Pentingnya Smart Campus bagi Kampus Kamu

Barangkali banyak diantara kita yang masih begitu awam dengan istilah Smart Campus. Apa itu Smart Campus, Bagaiamana konsep smart campus, atau bisa jadi terbenak dipikiran kita, apa sih bentuk wujud dari Smart Campus ? Dari pada bertanya-tanya sendiri, kali ini Garuda Cyber akan membahas tentang apa itu Smart Campus.

Apa itu Smart Campus ?

Setelah 2 hari penjelajahan dan wawancara eksklusif dengan mbah Google ke sana ke mari, untuk menambah referensi penulisan artikel ini, ternyata sangat sedikit media Indonesia yang membahas tentang apa itu Smart Campus. Baiklah, sebelum pembaca tambah ragu ingin membaca baris selanjutnya, kita akan menjabarkan sedikit demi sedikit tentang Smart Campus.

Smart Campus berasal dari bahasa inggris yang artinya Kampus Pintar. Apa yang pintar ? Kampusnya atau Mahasiswanya ? Semoga dintara pembaca tidak ada yang berpikiran seperti ini ya. Yang pintarnya di sini adalah teknologi informasi yang ada pada kampus bersangkutan. Nah untuk konsep Smart Campus sendiri, merupakan konsep sebuah kampus yang menerapkan dan memadukan sistem pembelajaran dengan penggunaan Teknologi Informasi. Jadi, Smart Campus itu intinya adalah untuk mempermudah dalam kegiatan proses belajar-mengajar dengan memanfaatkan Teknologi Informasi.

Penerapan Teknologi Informasi dengan menggunakan sistem Smart Campus ini, tidak hanya mempermudah dalam proses belajar-mengajar, tapi juga dalam proses untuk kepentingan urusan manajemen kampus, perpustkaan dan lain sebagainya. Berikut merupakan bagian fitur yang ditawarkan dari sistem Smart Campus, diantaranya :

   Sistem Akademik Terintegrasi                                                             2   SPMB

   CAT (Ujian Masuk Online)                                                                        Asset Management


   e-Office                                                                                                         Library


   Finance                                                                                                         Beasiswa


   EDOM (Evaluasi Dosen oleh Mhs)                                                         Tracer Study 


   Smart Parking                                                                                            Smart Cafe


Konsep Smart Campus dapat digambarkan dengan detail pada gambar di atas dimana dengan menggunakan Smart Campus, semua elemen yang berkaitan dengan kampus menjadi saling terhubung antara satu dengan yang lainnya. Semuanya saling terhubung mulai dari dosen, pegawai, mahasiswa, orangtua/wali dari mahasiswa dan juga operator demi memudahkan aktivitas yang berkaitan dengan kampus.

Sebagai contoh dari penerapan Smart Campus adalah dengan penggunaan Sistem Akademik Terintegrasi. Dengan menggunakan Sistem Akademik Terintegrasi yang ada pada Smart Campus, pegawai dapat menggunakan data perkuliahan mahasiswa untuk digunakan pada kepentingan sistem yang lainnnya. Misalnya pada sistem Keuangan (Finance), Library, Smart Cafe, Smart Parking, Beasiswa dan kepentingan lainnya.

Baca juga : 4 Manfaat Utama dari Penerapan Teknologi Smart Campus

Kelebihan menggunakan sistem seperti ini adalah :
1. Pegawai kampus tidak perlu menginput data mahasiswa yang sama berulang-ulang, cukup sekali input. Inputan data ini juga dapat diambil dari sistem SPMB (Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru) yang sebelumnya terlebih dahulu telah diinput sendiri oleh calon mahasiswa yang bersangkutan saat ingin mendaftar di Perguruan Tinggi tersebut sehingga pegawai tidak perlu menginputkannya kembali.
2. Mengurangi duplikasi data. Data merupakan hal yang vital di perguruan tinggi. Bisa dibayangkan, setiap tahun perguruan tinggi akan menerima sekian banyak mahasiswa sehingga semakin lama data pada perguruan tinggi akan semakin meningkat. Jika sistem informasi yang dibuat diperguruan tinggi tersebut tidak dibuat secara terintegrasi antara satu sistem dengan sistem yang lainnya, maka bisa saja akan terjadi duplikasi data dan ini akan membuat sistem informasi pada Kampus bersangkutan menjadi kacau sehingga akan banyak mengeluarkan waktu, uang dan juga tenaga demi mengelola data-data yang ganda. Untuk itulah diperlukan Sistem Informasi Terintegrasi.

Baca Juga : Yuk Cari Tahu Manfaat Sistem informasi Akademik Smart Campus

Berdasarkan penjelasan ringkas di atas, sudah sebaiknya perguruan tinggi menerapkan Teknologi Smart Campus. Inilah alasan mengapa sangat penting untuk diterapkannya sistem Smart Campus, dan masih banyak lagi. Selain sebagai penunjang kebutuhan proses belajar mengajar, akademik, manajemen kampus dan lainnya, penerepan Smart Campus juga dapat menjadi nilai tambah suatu perguruan tinggi untuk menjadi perguruan tinggi berkelas dunia (World Class University).

Baca Juga : Ternyata Kampus Ternama Berikut Menggunakan Sistem Smart Campus

Menurut Warek 4, untuk menjadi Perguruan Tinggi Berkelas Dunia, suatu kampus harus memenuhi 3 kategori berikut diantaranya berhasil dalam penelitian (Excelent in Research), Masyarakat dapat merasakan inovasi penelitian yang diciptakan, dan penerapan Information Communication Technology (ICT) dalam menjalankan sistem sehari-hari. Salah satu contoh penerapan ICT adalah dengan Smart Campus.

Ingin mulai mencoba Smart Campus ?

 

 d

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...