Yuk Cari Tahu Manfaat Sistem Informasi Akademik Smart Campus

Teknologi digital saat ini telah banyak menghadirkan banyak peluang dalam bidang pendidikan, termasuk bagaimana memudahkan dalam proses pengolahan data akademik untuk semua kegiatan aktivitas kampus sesuai dengan kebutuhan perguruan tinggi. Pengelohan data akademik ini lebih dikenal dengan istilah sistem akademik. Sistem akademik sebenarnya diciptakan untuk menjawab tantangan dunia pendidikan tentang cara mengolah data akademik secara cepat akurat dan lengkap. Tidak hanya itu, sistem akademik juga menjawab tantangan tentang betapa bermanfaatnya teknologi digital sehingga semua pemangku kepentingan (Stake Holder) yang berada dalam lingkungan kampus secara bersama-sama dapat meningkatkan Tata Kelola Akademik secara produktif, efisien dan terukur.

Sistem Informasi Akademik merupakan sebuah sistem yang dibangun dengan tujuan untuk mengelola data-data akademik dan segala kegiatan administrasi perkuliahan mahasiswa sehingga dapat memberikan kemudahan bagi pengguna dalam kegiatan administrasi akademik kampus secara online. Sistem Informasi Akademik merupakan salah satu dari berbagai sistem yang ada pada Smart Campus.

Baca Juga : 4 Manfaat Utama dari Penerapan Teknologi Smart Campus

Sistem Informasi Akademik dapat digunakan untuk :

1. Pendataan Data Master (Mahasiswa, Dosen, Staff, Gedung, Semester, Tahun Ajaran, Ruangan, User, dan masih banyak lagi)
2. Penjadwalan Kuliah
3. Pengisian KRS Online
4. Input Nilai Mahasiswa
5. Pencetakan KRS, KHS dan juga Transkip Nilai secara Online
6. Pembuatan Absen Kelas Perkuliahan dan Absen Ujian
7. Bimbingan Akademik Mahasiswa oleh Dosen
8. Evaluasi Dosen oleh Mahasiswa
9. Evaluasi Pegawai dan Saran Prasarana oleh Mahasiswa
10. Melakukan Pendaftaran Wisuda secara Online
11. Executive Report yang dapat digunakan sebagai Pembuatan Laporan yang akan diserahkan kepada Pimpinan Tertinggi.

Dari 11 fitur di atas, dirangkum menjadi 4 manfaat sistem informasi akademik di Perguruan Tinggi:

1. Integrasi Data

Mengingat di suatu Perguruan Tinggi tersebut terdapat beberapa aplikasi dan sistem, maka integrasi data ini sangat bermanfaat untuk menghindari duplikasi data. Integrasi berarti adanya keterkaitan antara suatu sistem dengan sistem yang lainnya. Dengan menggunakan integrasi data, ini artinya setiap masing-masing informasi dapat berbagi data yang sama dalam waktu yang bersamaan.

2. Sebagai Pusat Informasi

Dengan menggunakan Sistem Informasi Akademik, akan memberikan kemudahan bagi mahasiswa dan dosen dalam mengakses informasi dimanapun dan kapanpun. Informasi yang dapat diakses diantarana Nilai Mata Kuliah, IP dan IPK, Jadwal Kuliah, Absensi, Data Mahasiswa maupun Dosen, dan masih banyak lagi yang berhubungan dengan informasi akademik.

3. Alat Rekam Segala Kegiatan Kampus

Selain sebagai pusat informasi, Sistem Informasi Akademik juga dapat digunakan untuk alat rekam segala kegiatan kampus. Informasi kegiatann terbaru dikampus dapat di update di Sistem Informasi Akademik tersebut sehingga Mahasiswa dan Dosen yang berhalangan hadir dapat mengetahui kegiata yang sedang berlangsung.

4. Media Komunikasi Pengguna

Umumnya Sistem Informasi Akademik berisi sebgai pusat informasi, namun ini lebih dari itu. Sistem Informasi Akademik dapat dijadikan sebagai Media Komunikasi antar pengguna baik itu melalui chatting, email, maupun melalui forum.

Kesimpulan

Adanya integrasi pada seluruh sistem informasi di sebuah kampus, selain menambah nilai plus sebagai kampus digital, integrasi ini dapat memberikan kemudahan baik bagi pengelola maupun pengguna sistem infromasi tersebut.

Baca juga : Ternyata Kampus Ternama Berikut Menggunakan Sistem Smart Campus

Salah satu Sistem Informasi Kampus yang menerapkan sistem tersebut adalah SMART, Sistem Akademik Terintegrasi. Sistem SMART merupakan salah satu bagian dari Sistem dengan Teknologi Smart Campus. SMART ini akan memberikan kemudahan dan keamanan pengelolaan data perguruan tinggi. Selain itu, SMART juga akan memudahkan bagi Stake Holder dalam mendapatkan akses informasi yang cepat dan mudah dalam waktu yang sama dan kapan saja. Beberapa perguruan tinggi di Riau telah menerapkan program Smart Campus ini.

Tertarik ingin mencoba ?

 

 Hubungi

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...