4 Manfaat Utama dari Penerapan Teknologi Smart Campus

Tidak dapat dipungkiri, secara individu kita sulit untuk tidak tergantung terhadap teknologi. Apa lagi untuk kepentingan di perguruan tinggi, teknologi seakan menjadi sesuatu yang tidak terpisahkan. Untuk memberikan kenyamanan bagi seluruh civitas akademiknya, teknologi berperan sebagai pelayanan sistem informasi. Sangat tidak mudah jika perguruan tinggi tidak memanfaatkan teknologi informasi mengingat proses management yang tidak sederhana dan banyak ruang lingkup yang harus dikelola sehingga untuk memberikan pelayanan informasi yang lebih baik dibutuhkan teknologi informasi yang lebih baik.

Diantara ruang lingkup kampus yang perlu dikelola dimulai dari proses pendaftaran mahasiswa, Sistem Akademik Kampus, Sarana dan Prasarana, Perpustakaan, aplikasi khusus staff,hingga sistem keuangan. Ditambah lagi dengan pelayanan informasi pendukung lainnya seperti Sistem pengumpulan tugas, beasiswa, ujian masuk online, evaluasi untuk dosen oleh mahasiswa, sistem informasi yudisium hingga sistem informasi terhadap alumni.

Secara keseluruhan, pelayanan informasi di atas termasuk dalam sistem Smart Campus. Smart campus adalah sebuah teknologi cerdas yang di terapkan di sebuah perguruan tinggi mulai dari akademi komunitas, politeknik, sekolah tinggi, & universitas.

Baca Juga : Apa itu Smart Campus ?

Mengingat Akreditasi jurusan di kampus saat ini bukanlah menjadi satu-satunya penentu kualitas suatu kampus, melainkan juga bagaimana peranan teknologi mampu mengubah aktivitas vital kampus menjadi lebih baik. Untuk itulah penerapan Smart Campus dapat diyakini mampu memberikan pelayanan sistem informasi yang lebih baik sehingga kualitas kinerja dan kualitas pendidikan semakin meningkat dan berkembang.

Baca Juga : Ternyata Kampus Ternama Berikut Menggunakan Sistem Smart Campus

Supaya lebih jelas tentang Smart Campus, Garuda Cyber akan merangkum tentang 4 Manfaat Utama dari Penerapan Teknologi Smart Campus.

4 Manfaat Utama dari Penerapan Teknologi Smart Campus

1. Data yang Terintegrasi

Kemudahan Smart Campus yang utama adalah memberikan kemudahan data yang saling terintegrasi. Dengan menggunakan sistem Smart Campus, pihak kampus hanya perlu sekali saja dalam memasukkan data ke database dan apabila ada bagian sistem lainnya yang membutuhkan data tersebut, pihak kampus cukup menghubungkannya ke bagian sustem tersebut.

Sebagai contoh, jika pihak akademik ingin membutuhkan data mahasiswa, maka pihak akademik tidak perlu memasukkan data mahasiswa tersebut terlebih dahulu ke database. Pihak kampus cukup mengambil data mahasiswa saat mahasiswa tersebut melakukan pendaftaran penerimaan mahasiswa baru. Selain itu, data mahasiswa tersebut dapat digunakan untuk di integrasikan ke pihak Ristekdikti.

2. Sistem yang Terintegrasi

Smart Campus menghadirkan konsep dengan sistem yang terintegrasi agar tiap sistem dapat saling terhubung satu sama lainnya. Dengan demikian, tiap bagian dikampus tidak hanya dipermudah dengan sharing data, melainkan akan dipermudah dengan sharing informasi tiap bagian.

Sebagai contoh, saat jurusan Teknik Informatika ingin berbagi informasi ke jurusan Teknik Elektro tentang kegiatan lomba Sistem Cerdas, pihak jurusan Teknik Informatika cukup me-link kan ke jurusan Elektro. Mudah bukan ? Adanya Smart Campus membuat kamu tidak perlu keliling jurusan untuk membagikan informasi kegiatan.

Contoh lainnya yang saling terintegrasi adalah antara pihak akademik dan Smart Cafe. Pihak akademik dengan sangat mudah akan mengetahui data mahasiswa yang belum melakukan pembayaran di Cafe tersebut. Dengan begitu, pihak akademik dapat melakukan penagihan pembayaran di akhir semester terhadap mahasiswa bersangkutan.

3. Controlling System

Smart Campus sangat memungkinkan untuk Pimpinan melakukan pengontrollan terhadap Dosen, Mahasiswa, Pegawai dan Stakeholdernya. Sebagai contoh, pimpinan dapat melakukan pengecekan data kehadiran Dosen dan Pegawai yang terlambat melalui sistem yang terhubung dengan sistem absensi sehingga Pimpinan dapat melakukan peneguran terhadap Dosen dan Pegawai Tersebut agar tidak mengulanginya.

4. Meningkatkan Kualitas Kampus

Berdasarkan namanya, Smart Campus, sistem ini di desain untuk menjadikan kampus yang bersangkutan menjadi cerdas. Cerdas di sini berarti meningkatnya kualitas Sumber Daya Manusia baik itu Pimpinan, Dosen, Mahasiswa, dan Pegawainya. Peningkatan ini didasari oleh membaiknya kegiatan belajar-mengajar yang ditunjang dengan teknologi sehingga daya tarik mahasiswa dalam menuntut ilmu semakin meningkat.

Tidak hanya 4 Manfaat Smart Campus di adtas, masih banyak lagi manfaat yang dapat diperoleh dari penerapan Smart Campus. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi SmartCampus.co.id.

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...