Ternyata Kampus Ternama Berikut Menggunakan Sistem Smart Campus

Smart Campus - Persaingan setiap perguruan tinggi seluruh dunia semakin ketat. Ditambah lagi hampir setiap tahun bermunculan perguruan tinggi-perguruan tinggi yang baru. Di Indonesia sendiri, berdasarkan data dari Ristekdikti per Agustus 2017 kemarin, jumlah perguruan tinggi di Indonesia ternyata berjumlah 4529. Setiap pergruan tinggi pastinya berusaha untuk meningkatkan mutu pendidikannya masing-masing.


Ristekdikti juga telah merilis 100 Besar Perguruan Tinggi yang didahului oleh Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Bandung, Institut Pertanian Bogor, Universitas Indonesia dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember melalui klasterisasi berdasarkan pemeringkatan dari segi kualitas Sumber Daya Manusia, kurikulum, manajemen organisasi, riset, publikasi, pengabdian kepada masyarakat dan berbagai aspek lainnya.


Dari ke lima kampus ternama di atas, ternyata kampus tersebut punya resep bagaimana mereka berusaha untuk meningkatkan mutu pendidikannya. Sebut saja ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember) Surabaya, punya resep dalam meningkatkan kualitas ramah lingkungan dengan mengusung Smart Eco Campus yang tentunya ini tidak lepas dari peran teknologi. Atau rivalnya, Institut Teknologi Bandung yang telah menerapkan konsep Smart Campus lebih dulu sejak tahun 2004 sehingga pada tahun 2014 meraih kampus ter-smart dalam Top National TeSCA Winner yang diselenggrarakan oleh PT. Telekomunikasi Indonesia setelah sebelumnya Universitas Indonesia yang berada pada posisi teratas di ajang Award yang sama.


Tidak mau ketinggalan, Universitas Gajah Mada yang menyabet peringkat pertama sebagai 100 Besar Perguruan Tinggi di Indonesia oleh Ristekdikti memulai debutnya dengan konsep Smart Campus sejak tahun 2005. Smart Campus yang diterapkan oleh Universitas Gajah Mada sangat memberikan solusi dalam pengelolaan perguruan tinggi, mencakup seluruh aspek operasional perguruan tinggi meliputi administrasi, proses belajar-mengajar maupun akses informasi interdal dan juga akses informasi untuk ke luar kampus.
Kampus terbaik dan ternama telah menerapkan konsep Smart Campus sejak belasan tahun yang lalu guna untuk meningkatkan daya saing serta pelayanan kepada stakeholder dengan memanfaat Teknologi Informasi.

Selain kampus ternama di atas, tidak ketinggalan perguruan tinggi yang ada di Provinsi Riau, STIE Riau Akbar dan Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi Riau (STIFAR Riau). Kedua kampus ini menerapkan smart campus sejak tahun 2016 lalu berkat kerjasama dengan perusahaan Garuda Cyber Indonesia.Sistem yang diterapkan oleh kedua kampus di atas diantaranya Sistem Akademik, Sistem Assets Management, Sistem Perpustakaan, Aplikasi Staff, Sistem Keuangan Berbasis Akuntansi, Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru, Sistem Beasiswa Online, CAT (Ujian Masuk Online), Sistem Evaluasi Dosen oleh Mahasiswa (EDOM), dan Tracer Study (Evaluasi Alumni).


Tidak hanya di Indonesia, di perguruan tinggi ternama diluar negeri juga telah menerapkan Smart Campus. Sebut saja kampus MIT (Massachusetts Institute of Technology) yang terkenal di posisi pertama sebagai kampus Teknologi telah menerapkan Smart Campus dengan konsep intelligence Campus (iCampus) berdasarkan kerjasamanya dengan Microsoft. Atau kampus New Jersey Institute of Technology dengan konsep pengembangan Smart Campus Social Computing Application.

Deretan kampus-kampus ternama di atas menambah deretan panjang kampus-kampus berkualitas yang menggunakan smart campus. Penggunaan smart campus inilah yang menjadi perang Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia dan pelayanan antar perguruan tinggi sehingga tidak hanya menjadi kampus pintar, namun mahasiswanya otomatis akan ikut pintar. Banyak yang bisa dirasakan dengan pemanfaatan teknologi smart campus.

Manfaat smart campus salah satunya adalah memiliki sistem kampus yang terpadu dan terhubung ke seluruh sistem yang ada di kampus tersebut . Selain terpadu, sistem ini kan terintegrasi dengan DIKTI. Manfaat lainnya, akan memudahkan pimpinan kampus dalam mengontrol kualitas dan kinerja Dosen, Mahasiswa, Pegawai dan stakeholder terkait. Meminimalisir Human Eror dan peningkatan efisinsi pekerjaan juga merupakan target utama dari smart campus.

 

 

d

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...