Jangan Salah Pilih, Teknik Informatika atau Teknik Komputer Jika Kamu Ingin Menjadi Programmer

Mendengarnya saja sudah terasa membingungkan. Apalagi bagi sobat Garuda Cyber yang baru lulus dari SMA/SMK sederajat dan ingin lanjut ke perguruan tinggi untuk mengejar cita-cita sebagai seorang Programmer, sebagian besar dari mereka tidak mengetahui perbedaan antara Teknik Informatika dan Teknik Komputer. Ini terjadi pada saya sendiri, ingin memilih jurusan Teknik Informatika, tapi tidak mengetahui apa yang akan dipelajari. Yang saya ketahui intinya, jurusan Teknik Informatika itu kuliahnya menggunakan komputer ataupun laptop. hehe.


Oleh sebab itulah saya akan membahas perbedaan antara Teknik Informatika dan Teknik Komputer agar bagi kamu yang belum mengetahuinya agar dapat menjadi masukan jurusan untuk kamu yang ingin menekuni dibidang Pemrograman sebagai programmer.


Baca Juga : Ingin Menjadi Seorang Programmer ? Kamu Wajib Baca Apa itu Programmer


Apa itu Teknik Informatika ?


Teknik Informatika merupakan salah satu jurusan yang sifatnya “Teknik” dan digolongkan dalam Fakultas “Sains dan Teknologi” atau “Fakultas Teknik” atau bisa juga dalam fakultas “Elektrical Engineering and Computer”. Pada jurusan ini, kamu akan mempelajari cara membuat program mulai dari program yang sangat sederhana hingga program yang sangat rumit. Selain mempelajari tentang program, kamu juga harus berpikir menggunakan logika untuk menyesaikan suatu masalah(project). Nah, bagi yang ingin menjadi seorang Programmer, jurusan ini sangat cocok untuk kamu.


Baca Juga : Ini Nih 6 Langkah Awal untuk Menjadi Programmer Handal


Sedangkan untuk materi kuliah, saya golongkan menjadi 3 golongan.
1. Materi Kuliah Dasar Umum yang terdiri dari mata kuliah Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Metode Penelitian, Kewarganegaraan, Etika Profesi, Pendidikan Agama, dan Kewirausahaan.
2. Materi Kuliah Matematika yang terdiri dari Kalkulus, Logika Matematika, Matematika Diskrit, Aljabar Linier dan Matrik, Metode Numerik,Statistik, dan Fisika Dasar.
3. Materi Kuliah Inti Teknik Informatika yang terdiri dari Pengantar Teknologi Informasi, Algoritma dan Pemrograman, Struktur Data, Jaringan Komputer, Organisasi Komputer, Multimedia, Sistem Berkas, Jaringan Komputer, Sstem Operasi, Basis Data, Arsitektur Komputer, Analisis dan Desain Berorientasi Objek, Rekayasa Perangkat Lunak, Pemrograman Web, User Interface Design, Pemrograman Bahasa X, Pemrograman Jaringan dan Pemrograman Web. Khusus untuk mata kuliah X ini, tergantung kebijakan masing-masing kampus. Bisa saja bahasa pemrograman C, C# atau lainnya.


Apa Bedanya dengan Teknik Komputer ?


Sudah tentu kedua jurusan ini berbeda. Jika kedua jurusan ini sama, pasti pihak kampus tidak akan membuat dua nama jurusan yang berbeda (red : hehe). Teknik Komputer adalah merupakan gabungan antara jurusan Teknik Elekro dan Ilmu Komputer. Jika pada jurusan Teknik Informatika lebih fokus ke pemrograman, maka pada jurusan ini kamu akan berkutat seputar perangkat keras (hardware) pada komputer. Hardware ini menyangkut tentang microcontroller dan prosesor komputer.


Terus, Apa yang dipelajari ?


Awalnya saya mengira jurusan ini akan mempelajari bagaimana cara membuat komputer, merakit laptop atau sebagainya, ternyata ini salah meski tidak salah secara menyeluruh. Di Universitas Indonesia, Teknik Komputer masuk dalam bagian Fakultas Ilmu Komputer. Berdasarkan buku Academic Guidebook FTUI 2012-2017 Universitar Indonesia, mata kuliah yang dipelajari diantaranya :
1. Semester 1 : Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian-B, Bahasa Inggris, Olahraga / Seni, Kalkulus, Teknik Digital, dan Praktikum Teknik Digital.
2. Semester 2 : Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian-A, Agama, Aljabar Linier, Fisika Dasar 1, Pengantar Teknik Komputer, Praktikum Pengantar Teknik Komputer.
3. Semester 3 : Mata Kuliah Fisika Dasa 2, Jaringan Komputer dan Praktikum, Dasar Rangkaian Elektronika, Perancangan Sistem Digital, Dasar Teknik Elektro dan Matematika Teknik 1.
4. Semester 4 : Mata Kuliah Statistik dan Probabilitas, Organisasi dan Arsitektur Komputer, Sistem Operasi, Matematika Teknik 2, Pemrograman Lanjut dan Struktur Diskrit.
5. Semester 5 : Mata Kuliah Mikroprosesor dan Mikrokontroler, Praktikum Mikroprosesor dan Mikrokontroler, Sistem Basis Data dan Praktikum, Rekayasa Perangkat Lunak, Sinyal dan Sistem, dan Keamanan Jaringan Komputer dan Praktikum.
6. Semester 6 : Mata Kuliah Pemrograman Berorientasi Objek dan Praktikum, Perancangan VLSI, Teknik Telekomunikasi, Praktikum Teknik Telekomunikasi, Desain dan Manajemen Jaringan Komputer dan Praktikum, Sistem Embedded dan Kerja Praktek.
7. Semester 7 : Mata Kuliah Interaksi Manusia dan Komputer, Pengolahan Citra, Teknologi Nirkabel, Rekayasa dan Kewirausahaan, Mata Kuliah Pilihan 1 dan Seminar.
8. Semester 8 : Mata Kuliah Manajemen Proyek Teknologi Informasi, Profesionalisme dan Etika dalam Teknologi Informasi, Teknologi Multimedia, Mata Kuliah Pilihan 2 dan Skripsi.

Kesimpulan

Intinya Jurusan Teknik Informatika lebih fokus untuk pembuatan aplikasi dan sangat cocok untuk kamu yang ingin menjadi seorang Programmer, sedangkan Jurusan Teknik Komputer lebih fokus untuk hardware pada Microcontroller dan Processor Computer sehingga tidak disarankan bagi kamu yang ingin menjadi seorang Programmer untuk mengambil jurusan ini. Setelah membaca artikel ini, semoga Sahabat Garuda Cyber tidak salah dalam mendefinisikan kedua jurusan ini, apalagi salah dalam memilih jurusan antara Teknik Informatika dan Teknik Komputer.

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...