Ini Nih 6 Langkah Awal untuk Menjadi Programmer Handal

Perkembangan teknologi saat ini sangat memacu pertumbuhan dan permintaan industri dibidang IT untuk pengembangan perangkat lunak. Ini terjadi disetiap negara tanpa terkecuali Indonesia. Peningkatan teknologi inilah yang juga ikut memacu keinginan banyak orang untuk ikut andil dalam pengembangan usaha berbasis teknologi atau industri digital (digital start-up).
Pernah terpikirkan untuk terjun berkarir dibidang teknologi ? Sebelum kamu terjun atau setidaknya punya keinginan untuk menjadi bagian sebagai seorang karyawan disebuah industri digital, ada baiknya kamu mempelajari terlebih dahulu apa yang dibutuhkan di industri digital. Salah satu yang dibutuhkan adalah programmer.

Baca Juga : Ingin Menjadi Seorang Programmer ? Kamu Wajib Baca Apa Itu Programmer

6 langkah awal yang perlu kamu persiapan untuk menjadi seorang programmer handal adalah :


1. Memilih Bahasa Pemrograman yang Tepat

Untuk menjadi seorang programmer, tentu yang akan kamu hadapi adalah pemrograman. Mungkin 3 pertanyaan ini ada dibenak pemula yang ingin belajar pemrograman.
• Apa itu pemrograman ?
• Saya ingin belajar pemrograman, tapi bingung apa yang ingin saya pelajari.
• Bahasa apa yang cocok untuk saya, saya kan masih pemula.

Untuk menjadi programmer, kamu perlu tahu terlebih dahulu apa itu pemrograman. Setelah tahu apa itu pemrograman, saatnya kamu memilih bahasa pemrograman yang cocok untuk pemula. Saran dari saya, ada baiknya kamu memiih bahasa pemrograman yang sifatnya prosedural, sebagai contoh bahasa pemrograman C, C++, Pascal, PHP, dan sebagainya. Untuk pemula, pilih salah satunya agar bisa lebih fokus.

2. Mulailah Belajar Pemrograman dari Dasar

Dasar-dasar pemrograman ini penting kamu untuk kamu kuasai. Diantaranya adalah konsep variabel, tipe data, input / output, percabangan, perulangan, fungsi, kelas dan pewarisan. Jika kamu berhasil mempelajari dasar dari salah satu bahasa pemrograman, maka kamu tidak akan kesulitan untuk mempelajari bahasa pemrograman lainnya. Ini dikarenakan konsep dasar setiap bahasa pemrograman hampir sama, hanya saja perbedaanya dari segi teknik penulisan sintaks.

3. Lanjut dengan Belajar Dasar Algoritma

Untuk menjadi seorang programmer yang baik, perlu memiliki cara untuk menyelesaikan suatu permasalahan dengan jalan yang paling efektif dan efisien. Penyelesaian kasus atau permasalahan dalam sebuah program, seorang programmer akan menggunakan analisis dari algoritma. Sedangkan Algoritma sendiri merupakan sebuah urutan dari beberapa langkah dan tahapan yang disusun secara sistematis dan logis untuk mempermudah dalam menyelesaikan permasalahan.

Baca Juga : Perbedaan Algoritma dan Logaritma

4. Jangan Pernah Bosan untuk “Ngoding”


Quote satu ini harusnya dimiliki oleh seorang programmer. Agar menjadi seorang programmer yang handal, maka mulailah dengan mengkoding sesering mungkin untuk melatih kemampuan dalam pemrograman. Kamu dapat melatih diri kamu dalam mengkoding, bisa dengan menyelesaikan sebuah project, soal-soal algoritma, atau juga dengan mengikuti event hackathon. Hackathon merupakan acara kolaborasi pengembangan proyek perangkat lunak.

Saat rasa bosan menghampiri kamu, lakukanlah sesuatu yeng menurut kamu itu adalah sesuatu yang menyenangkan agar bosan kamu hilang. Untuk menghilangkan rasa bosan, kamu dapat ngobrol atau bercanda sesuatu yang menyenangkan dengan teman kamu, bermain game, atau sesekali nonton agar mood kamu kembali membaik.

Baca juga : Cara Meningkatkan Mood (Mood Booster) saat Mentok Coding

5. Ikut Kegiatan Eksternal

Jika kamu punya rezeki yang berlebih, tidak ada salahnya kamu mengikuti pelatihan, seminar, workshop, atau juga program boothcamp yang berhubungan dengan pemrograman. Semakin kamu banyak mengikuti program-program tersebut, maka akan semakin meningkat skill yang akan kamu kuasai.

6. Teruslah Belajar

Selain jangan pernah bosan, jangan pernah berhenti belajar. Teruslah untuk belajar pemrograman. Ikutilah forum, komunitas maupun group social media yang berhubungan dengan pemrograman. Bergabunglah bersama mereka yang memiliki hobi yang sama. Hobi di sini yang dimaksud adalah mereka yang sama-sama menyukai dunia pemrograman. Bertanyalah kepada mereka jika kamu mentok saat ngoding. Saya yakin, mereka juga akan berbagi ilmu kepada mereka yang membutuhkannya. Jika kamu sudah merasa bisa (mahir), jangan sungkan untuk berbagi ilmu. Dengan begitulah ilmu yang kamu peroleh akan terus bertambah dan menjadi berkah.

6 Tips di atas dapat kamu coba untuk menjadi seorang programmer yang handal. Menjadi programmer yang handal dibuthkan proses yang panjang, kesabaran yang kuat, dan tekad yang tinggi. Jika kamu telah menjadi seorang programmer yang handal, maka kesempatan akan terbuka luas untuk bekerja di industri digital (Digital StartUp).

 


Penulis : Ahmad Lutfi

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...