Waspada! Malware ini Bersembunyi dan Mampu Merusak Smartphone Kamu

Apa itu Malware ?

Malware (Malicious Software) merupakan suatu program yang dirancang dengan tujuan untuk merusak melalui kegiatan penyusupan ke sistem. Berdasarkan namanya, ‘Malicious Software’ yang memiliki arti perangkat lunak mencurigakan, memiliki kemampuan untuk mengubah, merusak, mencari celah kesalahan, bahkan dapat melacak data pribadi seseorang.

Baca juga : 5 Tips Smartphone Android agar Terhindar dari Virus dan Malware Berbahaya

Belum lama ini, Malware terbaru kembali ditemukan pada sistem operasi Android dan memiliki aktivitas yang sangat berbahaya mulai dari melakukan pengiriman pesan secara acak, jadi botnet, menampilkan iklan hingga berkemampuan untuk berlangganan layanan berbayar tanpa diketahui oleh pengguna.
Lebih parah lagi, Malware ini memiliki kemampuan untuk melakukan mining cryptocurrency (menambang uang digital) yang menggunakan resource smartphone yang terinfeksi secara berlebihan sehingga berakibat fatal kerusakan fisik smartphone dengan membengkaknya baterai smartphone karena telah dilakukan penyedotan listrik dan dipaksa bekerja melebihi kapasitas kinerja hardware smartphone.

Dilansir dari Ars Technica, Malware berbahaya ini bernama Trojan.AndroidOS.Loapi. Malware ini tersembunyi di dalam aplikasi-aplikasi yang didistribusikan ke toko aplikasi pihak ketiga, iklan di browser, dan SMS yang berisi spam. Malware yang dijuluki ‘jack of all trades’ ini ditemukan oleh tim peneliti di Kaspersky Lab.

Uji coba yang dilakukan oleh tim peneliti Kaspersky Lab, baterai smartphone yang telah terinfeksi malware Loapi selama dua hari terjadi pembengkakan.

                    Baterai

Pada uji coba tersebut, Tim peneliti mengemukakan bahwa Malware Loapi ini lebih mengalami perkembangan yang lebih maju dibandingkan Malware sebelumnya (Malware Podec). Malware Loapi ini diklaim memiliki struktur dan komponen modular yang sangat canggih untuk semua jenis operasi buruk.


Bagaimana Cara Kerja Malware Loapi ini ?

Pada awalnya, pelaku kejahatan malware ini menyebarkan aplikasinya melalui iklan online. Malware ini menyusup di dalam aplikasi aplikasi seperti app Porn maupun di dalam antivirus gratis. Jika di click, secara otomatis smartphone kamu akan mendownload malware berbahaya tersebut. Saat smartphone kamu terinfeksi Malware Loapi, Malware Loapi akan menggunakan sumber daya smartphone kamu secara berlebihan untuk melakukanoenambangan mata uang digital baru dengan jenis Monero. Jika ini terjadi, smartphone tersebut akan mengalami overheating. Dan apabila smartphone kamu tidak mampu meredam beban berlebihan yang dilakukan Malware Loapi, mengakibatkan baterai smartphone kamu menjadi sangat panas dan merusaknya.

Malware Loapi sengaja di desain oleh penjahat cyber dengan aplikasi yang beraneka ragam. Mulai dari aplikasi Antivirus palsu seperti AVG, Psafe, KasperskyLabs, CM Security, DFNDR, Dr,Web hingga berbagai aplikasi berkonten dewasa. Jadi mulai sekarang, jangan mengunduh aplikasi yang berbau konten dewasa. Intinya kesemua aplikasi itu merupakan aplikasi palsu yang didesain untuk menyebarkan Malware Loapi.

Baca juga : 3 Aplikasi Anti Virus Terbaik untuk Smartphone Android

Bagaimana Cara Mecegahnya ?

Hal yang paling utama dan perlu untuk dilakukan adalah tidak melakukan aktivitas ilegal seperti mendownload resource dan aplikasi pada situs yang tidak resmi / ilegal. Jika ingin mendownload aplikasi, gunakanlah Google Play Store agar lebih aman dikarenakan pihak Google secara berkala melakukan pengecekan terhadap aplikasi yang di pajang di toko tersebut. Tidak hanya itu, Tim peneliti Kaspersky Lab belum pernah menemukan aplikasi Loapi muncul di Google Play Store. Sedangkan pada situs / website ilegal, peluang untuk Malware Loapi untuk menjangkiti suatu aplikasi yang diunduh sangat besar.

 

 

Penulis : Ahmad Lutfi

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...