Unsur-Unsur Desain Grafis Serta Fungsi, Dan Unsur Warna CMYK Dan RGB

Desain merupakan proses yang membutuhkan waktu dalam pengerjaan nya yang  berkaitan dengan seni untuk mencapai suatu tujuan. Desain grafis ialah suatu proses yang harus dipikirkan dan di rancang dalam bentuk sebuah gambar. Desain grafis tersebut memiliki beberapa fungsi sebagai berikut :

  1. Sebagai produk media informasi dan komunikasi
  2. Sebagai produk media pemasaran / promosi
  3. Untuk mengapresiasikan seni dan kreativitas
  4. Menjadikan hobi sebagai suatu pekerjaan
  5. Menambah nilai keindahan dan nilai estetika

Desai grafis memiliki beberapa unsur yang di butuhkan untuk menciptakan suatu desain yang indah dan sempurna, berikut unsur-unsur desain grafis :

a. Garis (line)

Garis merupakan penyatuan 1 titik dengan titik lainnya. Garis ini juga dapat di artikan sebagai goresan yang memanjang, garing merupakan elemen satu dimensi  tidak memiliki kedalaman dan hanya memiliki ketebalan dan ukuran.

b. Bidang (shape)

Bidang merupakan segala bentuk apapun yang memiliki ruang dan lebar serta dapat memiliki isian atau dalaman bentuk seperti kubus, segitiga, lingkaran, dll dengan bentuk yang beragam.

c. Tekstur (texture)

Tekstur merupakan nilai keras atau lembutnya suatu gambar yang dapat di lihat dalam bentuk kasar atau halusnya untuk memperindah visual dan digunakan untuk memberikan kontras pad warna serta keseimbangan.

d. Ruang (space)

Ruang merupakan jeda antara satu elemen dengan elemen lainnya untuk menambah kan nilai estetika atau jarak antar suatu bidang agar terdapat jeda istirahat yang dapat membuat bentuk lebih enak di pandang.

e. Ukuran (size)

Ukuran merupakan suatu tolak ukur besar kecilnya suatu objek dan berguna untuk mendefinisikan suatu ukuran untuk sebuah objek mana yang patut untuk di tonjolkan dan disamarkan supaya memiliki nilai yang tinggi.

f. Warna (colour)

Warna merupakan element yang berfungsi sebagai penambah nilai keindahan dan daya tarik pada suatu desain, warna biasanya digunakan untuk memperindah atau mempercantik sebuah desain. Pemberian warna pada sebuah desain akan menambah nilai dan berbanding dengan kualitas yang tinggi.

Unsur-unsur warna CMYK dan RGB

Dalam dunia pendesainan terdapat unsur warna yang menjadi nilai plus dalam menambah keindahan dan kualitas suatu desain.  Unsur warna tersebut terbagi menjadi 2 yaitu CMYK dan RGB. Mari kita uraikan pengertian diatas.

  1. CMYK

Merupakan singkatan dari cyan-magenta-yellow dan black. Warna-warna ini biasa disebut dengan warna proses yang memberi hasil yang relative sempurna dalam percetakan keempat warna ini  merupakan tinta proses. Tinta proses ialah tinta yang di cetak menggunakan cara-cara tertentu, berbeda dengan cara pencetakan menggunakan satu tinta. YMCK ini dapat mencetak 4 warna sekaligus dan dapat melakukan penumpukan warna. Namun, apabila penumpukan warna mengalami kesalahan akan terjadi ink trapping error yaitu warna yang di cetak tidak akan sesuai dengan apa yang diinginkan.

  1. RGB

Merupakan singkatan dari red-green dan blue. Merupakan warna yang digunakan sebagai pencahayaan yang biasa di gunakan untuk input device dan output device. Seperti untuk monitor dan warna-warna yang ada di pokok yang ada di monitor dan pada barang elektronik lainnya seperti kamera, handphone dll.  Apabila warna RGB di campurkan maka akan menghasilkan berbagai warna lain terutama warna putih yang menjadikan RGB menjadi warna pencahayaan yang biasa di gunakan di barang elektronik monitoring. Warna RGB di gunakan sebagai warna pokok barang elektronik karena warna RGB memang berfungsi untuk digital monitor bukan untuk percetakan.

Mungkin hanya itu yang dapat saya jelaskan, sekian terima kasih.

 

 Penulis : Mawaddah Leody 

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...