Tips untuk Programmer Agar Tubuh Tetap Sehat Selama Bulan Ramadhan

Sebagai seorang programmer, dibutuhkan tubuh yang sehat agar bisa menjadi pribadi yang produktif meski  dalam keadaan berpuasa, khusunya di bulan Ramadhan. Saat berpuasa, tubuh seseorang tentunya tidak memperoleh asupan makanan dan cairan selama hampir 14 jam lebih. Mengingat deadline pekerjaan seorang programmer cukup tinggi, seorang programmer harus menjaga tubuh dan kesehatannya agar tubuh tetap sehat, pikiran sehat, dan kerjaan pun menjadi lebih lancar.

Dilansir dari detik, dikutip dari About, berikut merupakan tips untuk programmer agar tubuh tetap sehat selama bulan ramadhan.

7 Tips untuk Programmer Agar Tubuh Tetap Sehat Selama bulan Ramadhan

  1. Konsultasi ke Dokter

Langkah awal yang tepat untuk programmer adalah berkonsultasi kesehatan Garuda Reader (GReader) ke dokter. Tanyakan pada dokter tentang pola makan, waktu yang pas untuk minum obat maupun multivitamin, dan juga olahraga yang sesuai untuk dilakukan oleh seorang programmer selama bulan ramadhan.

  1. Menjaga Makan dan Minum

 

Jagalah makan minum GReader saat berbuka dan sahur. Saat sahur, konsumsilah makanan yang memiliki karbohidrat kompleks. Contoh makanan yang mengandung karbihidrat kompleks adalah ubi, jagung, singkong, roti gandum, nasi merah, dan oat meal. Makanan tersebut dapat membantu menahan kenyang lebih dari 6 jam. Tidak hanya karbihidrat kompleks, seorang programmer juga harus mengkonsumsi makanan yang mengandung protein, buah-buahan segar, sayur, dan air putih yang cukup agar stamina programmer dapat terjaga dengan baik.

Saat berbuka pula,makanlah makanan secara bertahap, dimulai dari minum ari putih beberapa teguk, sedikit makan makanan yang manis, dan barulah setelah setengah hingga satu jam kemudian makan makanan besar.

  1. Hindari Makanan Berminyak

Usahakan bagi programmer untuk menghindari makan makanan yang berminyak. Ini dikarenakan makanan berminyak dapat membuat sel darah menggumpal sehingga aliran oksigen menjadi berkurang hingga 20 persen sehingga akan membuat GReader mengantuk pada siang harinya.

  1. Jangan makan yang berlebihan

Jangan makan yang berlebihan. Tujuannya adalah untuk mencegah obesitas. Hindari juga meminum minuman yang akan membuat seorang programmer sulit tidur dan dapat menumpuk lemak, seperti minuman bersoda dan kopi. Kamu dapat mengganti minuman bersoda dan kopi dengan air mineral dan jus, yang tentunya lebih menyehatkan.

  1. Kurangilah Aktivitas Fisik

Kurangilah aktivitas fisik agar tidak mudah kelelahan. Tidak hanya itu, programmer juga diusahakan agar dapat beraktivtias di dalam ruangan dan tidak berpanas-panasan.

  1. Lakukan Olahraga Ringan Secara Rutin

Lakukan olahraga ringan secara rutin dimalam harinya. Misal, kamu dapat berjalan kaki ke masjid saat ingin menunaikan ibdah sholat magrib dan isya.

  1. Tidur secara Rutin dan Teratur

Oh ya, kekurangan tidur juga dapat mengganggu aktivitas pekerjaan disiang harinya. Untuk itu jangan lupa tidur yang cukup secara rutin dan teratur. Jika memang dibutuhkan untuk melakukan akitivitas hingga larut malam dan bangun di awal pagi untuk menyiapkan sahur dan makan sahur, GReader dapat meluangkan waktu 20 hingga 30 menit untuk melakukan power nap di siang harinya. Ini merupakan tidur siang dingkat, tapi berkualitas dapat membantu kamu memulihkan energi sebagai seorang programmer.

Itulah 7 Tips untuk Programmer Agar Tubuh Tetap Sehat Selama bulan Ramadhan. Semoga dengan tips-tips diatas, meski dalam kondisi berpuasa sekalipun, kamu dapat beraktivitas dan produktif dengan sangat baik. Selamat menjalankan ibadah puasa.

Ditulis Oleh : Ahmad Lutfi

 

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...