6 Tips Menjadi Sales Marketing Sukses

6 Tips Menjadi Sales Marketing Sukses

  2018-04-17 09:29:19     Ulti Desi Arni     Dibaca 275 kali

Menjadi seorang sales mungkin masih banyak ditakuti orang-orang dan menjadi momok tersendiri saat mendengar kata sales. Berbagai alasan mereka kemukakann seperti  takut jumpa orang, takut ditolak client, takut tidak terjual, tidak terbiasa berjumpa dengan orang lain, dan puluhan alasan lain.

Padahal jika melihat dari segi penghasilan yang paling banyak itu bisa dikatakan sales lho, gaji yang paling besar itu juga sales, karena setiap penjualan dia mendapatkan fee bonus tambahan selain gaji pokok yang diperolehnya

Untuk itu sudah saatnya rubah mindset anda dan camkan bahwa sales itu adalah pekerjaan yang menjanjikan loh. Berikut beberapa tips untuk menjadikan anda sales marketing handal sehingga mudah closing dan capai target;

  1. Memahami produk perusahaan

Seorang sales harus paham mengenai kelebihan produk perusahan, dan menjadikan kelebihan itu yang diunggulkan untuk setiap penjualan atau penawaran kapada klien. Kamu harus training produk sampai sedetail-detailnya tentang produk tersebut.  Selain kelebihan produk kamu juga harus tahu kelemahan produk, siapa saja pesaing atau competitor produk kita, dan apa nilai unik kita, serta apa kelemahan competitor itu. Jika kamu sudah memahami produk seratus persen kamu akan gampang jualannya.

  1. Tentukan pasar penjualan

Dalam bisnis marketing kamu harus kerucutkan siapa pasar kamu, siapa pasar yang paling memungkinkan dan jauh dari kemungkinan, sehingga kita bisa memprioritaskan mana yang lebih utama di closing. Tentukan segmentasi pasar, kumpulkan informasi dan data real tentang target pasar kita. Cari juga kelemahan pada competitor  perusahaan kita. Cari juga kelemahan calon client yang akan kita closing.

  1. Petakan aktivitas pasar

Memahami karakter pasar sangat penting, kamu harus tau aktivitas sehari sahari-hari dari calon client kamu. Mulai dari aktivitas bangun tidur sampai aktivitas dia tidur lagi. Kebiasaan dia saat bangun tidur sering buka instagramkah/Wa/Facebook, telegram atau medsos lain. Sebagai seorang marketing kamu harus bisa memetakannya, jika calon client kamu suka buka facebook bangun tidur pagi-pagi, maka kamu harus bisa menyampaikan informasi kelebihan produk kamu saat dia pertama kali buka facebook.

  1. Branding before seling

Setelah data calon client lengkap tentang aktivitasnya, kesukaan dia, hobi dia, keluarga dia, dan data lain yang mendukung , langkah selanjutnya adalah membuat konten-konten branding untuk mempengaruhi pasar, menggiring calon client untuk membeli produk kita.  Misal saat calon client bangun tidur, mereka lihat iklan di facebook tentang produk kita. Saat dia sampai di parking perusahaan dia, dia lihat logo perusahaan kita, saat dia makan siang dia lihat logo perusahaan kita, saat dia bercerita ngopi dia membicarakan tentang perusahaan kita. Ada beberapa cara/strategi untuk branding perusahaan, kita kupas di artikel selanjutnya ya.

  1. Mendatangi langsung calon konsumen pada waktu yang tepat

Mendatangi langsung calon konsumen untuk diskusi menjelaskan tentang produk kamu, jelaskan kelebihan produk kamu. Jangan menjelaskan produk lewat telepon, atau medsos lain. Komunikasi bisnis yang paling efektif adalah bertemu langsung dengan calon konsumen. Pilih waktu yang tepat untuk sales, misal di pagi hari menjelang siang. Pagi hari waktu yang pas untuk bertemu client karena belum memiliki masalah lain. Space produk kita di otaknya lebih dominan. Waktu bertemu dengan konsumen bisa juga di café, atau ditempat lain yang konsumen kita suka.

  1. Butuh waktu dan kesabaran

Saat kamu menjual produk, biasanya calon konsumen tidak langsung mau beli, mereka butuh waktu untuk berfikir dan diskusi dulu, ada juga sih yang bisa di closing langsung. Sebagian marketing jika kamu tidak bisa closing di saat itu juga, tentu jangan khawatir masih ada waktu untuk esok hari, minggu depan, bulan depan untuk membuat dia membeli produk kita. Tergantung produk yang kita jual juga sih. Ada produk yang sifatnya harus closing langsung saat  jumpa client, sebaliknya ada juga produk yang butuh waktu untuk calon client membeli.

Itulah beberapa tips yang dapat kamu praktekan jika ingin menjadi sales marketing yang handal. Semoga bermanfaat.


Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia
Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia
Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia
Chat Wa

Signup for Newsletter

Langganan Newsletter dari Garuda Cyber untuk mendapatkan informasi terupdate dari Garuda Cyber Indonesia