Jual Aplikasi Smart Cafe untuk Perguruan Tinggi dan Kampus

Umumnya, kita lebih sering bertransaksi disebuah kafe, rumah makan atau lebih temoatnya tempat makan, menggunakan uang sebagai alat pembayaran. Bagi pengunjung tempat makan, rasanya sah-sah saja jika bertansaksi atau membeli sesuatu menggunakan uang. Namun, tahukah kamu dampat yang mungkin didapatkan oleh pemilik tempat makan (cafe)?

Dampak buruk yang mungkin saja bisa terjadi bagi pemilik cafe adalah, kurang terkontrolnya antara uang masuk dan keluar. Human Error bisa saja terjadi kapan saja, salah satunya kedalahan dalam menghitung biaya transaksi, kesalahan dalam menghitung uang, dan alasan terakhir ini, agak terdengar lucu, tapi bisa jadi ini menjadi masalah yang sangat besar yakni butuh ruang untuk menyimpan uang. Jangan salah, tidak benar dalam menyimpan uang dalam beresiko kehilangan uang yang anda simpan.

Garuda Cyber Indonesia berusaha mencoba menghadirkan nuansa teknologi dalam memberikan kenyamanan pemilik cafe dan pelanggan dalam bertransaksi di cafe. Salah satunya dengan menerapkan Smart Cafe.

Smart Cafe merupakan sebuah teknologi pintar yang diterapkan di sebuah cafe. Smart Cafe memberikan kemudahan dalam transaksi jual beli antara penjual dan pelanggan yakni dengan menggunakan Smart Card.

Smart Cafe ? Smart Card ?

Kafe yang menerapkan sistem Smart Cafe, akan menggunakan Smart Card sebagai pengganti uang. Smart Card merupakan sebuah kartu yang didalamnya terdapat microprcessor dan memori elektronik yang kegunaannya untuk menyimpan informasi. Hampir sama dengan smart card yang sering kita temui, yakni seperti kartu kredit maupun kartu atm.

Siapa yang dapat menggunakannya ?

Tidak semua orang dapat mengakses fitur ini. Smart cafe dan smart card ini hanya dapat digunakan oleh kampus yang menerapkan teknoogi Smart Campus. Bagi kampus yang menerapkan smart campus, sangat memungkinkan untuk seluruh stake holder kampus menikmati layanan ini. Kantin maupun kafe yang ada dikampus tersebut, dapat menggunakan sistem Smart Cafe sehingga memudahkan proses transakri, mengurangi human error dalam bertransaksi, dan yang terpenting, semuanya tercatat dengan rapi.

Bagaimanakah konsep smart cafe?

  1. Pelanggan (Mahasiswa, Dosen, Pegawai / Staff) yang memiliki smart card mendatangi kafe / kantin yang telah bekerjasama dengan kampus terkait dengan smart campus
  2. Pelanggan melakukan pemesanan di Counter Kafe / Kantin
  3. Pelanggan membayar secara langsung dengan menggunakan Smart Card (elektronik Payment / e-Payment)
  4. Transaksi berhasil dijalankan
  5. Makanan dan Minuman yang dipesan oleh pelanggan disajikan ke pelanggan

Ada yang dirugikan tidak ya ?

Sebuah sistem dibuat, tentu untuk memberikan kenyamanan, keamanan dan kemudahan. Begitu jufa sengan smart cafe ini. Sistem Smart Cafe ini dibuat untuk memberikan kenyamanan, keamanan dan kemudahan dalam bertransaksi jual beli di kafe antara penjual dan pembeli. Setiap pelanggan melakukan pembelian dengan Smart Card, maka saldo uang yang ada pada Smart Card otomatis akan terpotong. Pengisian saldo ini dilakukan di Cafe bersangkutan dan juga bisa melakukan Top Up pada Bendahara kampus. Jika saat bertransaksi di Cafe, saldo tidak mencukupi untuk melakukan pembelian makan dan minum, otomatis akan dihitung sebagai kredit pada Smart Card tersebut sehingga pelanggan tetap bisa menikmati makanan dan minuman yang ingin dibeli.

Kredit ini dapat dilunasi dengan melakukan pengisian ulang saldo pada Smart Card sehingga langsung bisa terpotong secara otomatis nantinya pada kartu tersebut sesuai jumlah nominal kredit transaksi sebelumnya.

Bagaimana jika pemilik kartu tidak melakukan pengisian ulang (Top Up) padahal masih ada kredit ?

Inilah kelebihan lainnya dari Smart Cafe. Dikarenakan Sistem Smart Cafe teintegrasi dengan Sistem Smart Campus, sehingga saat ada mahasiswa ada yang belum melakukan pelunasan kredit, maka mahasiswa tersebut otomatis tidak dapat mencetak kartu ujian yang disenggarakan oleh Kampus. Begitu juga dengan Karyawan dan Staff, otomatis gaji mereka akan berkurang saat penerimaan gaji jika pegawai maupun staff tersebut tidak dapat melunasi kredit transaksi saat di Cafe.

Bagaimana, mulai tertarik?

Yuk hubungi Garuda Cyber Indonesia. Garuda Cyber Indonesia saat ini berkantor di Kota Pekanbaru dan Kota Padang. Kedepannya, InsyaAllah Garuda Cyber Indonesia akan membuka cabang di Kota Jakarta, Palembang, Surabaya, Bandung dan Kota Batam. Garuda Cyber Indonesia juga sangat terbuka lebar untuk melakukan Konsultasi dibidang Teknologi Informasi.

Yuk, Manfaatkan Teknologi.

 

#GarudaCyber01Maret 

 

d

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...