Iot Dan Kegunaannya Dalam Penerapan Smart Campus

Hallo Guys!

Teman-teman semua pasti sudah pada dengarkan soal ‘IoT atau Internet Of Things’ yang sedang ramai diperbincangkan lewat dunia maya maupun dunia nyata. Teman IoT ini juga sedang marak-maraknya di seminarkan atau dijadikan tema workshop pada kampus-kampus IT seluruh Indonesia. Pada artikel kali ini saya akan menjabarkan sedikit tentang pengertian dan manfaat IoT di dunia pendidikan guys. Teman-teman sendiri sudah pada tahu belum apa sih IoT itu ???

IoT atau Internet Of Things merupakan suatu konsep dimana konektivitas internet dapat saling bertukar informasi satu sama lain dengan benda-benda yang ada di sekelilingnya. Singkatnya IoT diibaratkan dimana alat-alat fisik dapat terkoneksi dengan internet. Alat-alat fisik ini tentu mempunyai sebuah IP Address yang bertujuan untuk memudahkan proses komunikasi antar sesama alat. Contoh alat-alat yang telah menggunakan teknologi IoT adalah kulkas, TV, mesin cuci, lampu, pintu, mobil dan lainnya. IoT dikatakan akan menjadi “the next big thing” dalam dunia teknologi informasi, dikarenakan banyaknya potensi yang dapat dikembangkan dengan menggunakan IoT. Contohnya perangkat kulkas yang terhubung dengan perangkat IoT dapat memberikan informasi melalui pesan singkat atau chat mengenai bahan-bahan apa saja yang sudah habis di dalam kulkas tersebut.

Kevin Ashton adalah orang pertama yang menemukan ide tentang IoT ini pada tahun 1999 di salah satu presentasinya. Saat ini banyak perusahaan besar yang mulai mendalami IoT seperti Intel, Microsoft, Oracle dan lainnya. Perusahaan  tersebut juga menyediakan berbagai macam program untuk membantu para developer IoT dalam mengembangkan produk berbasis IoT salah satu perusahaan yang menyediakan program ini adalah Intel dengan program IoT Developer Program. Tujuan utama dari keberadaan IoT ini tak lepas dari memudahkan kegiatan manusia dalam melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. Dapat anda bayangkan semua kegiatan dapat dilakukan dengan sangat praktis dan dengan adanya sistem kontrol perangkat yang terhubung koneksi internet menyebabkan kehidupan menjadi lebih efisien dan efektif.

Sudah menjadi hal lumrah jika dunia pendidikan tidak terlepas dengan pemanfaatan teknologi pada masa sekarang ini. Seiring berjalannya waktu dunia pendidikan pun mulai menyesuaikan kebutuhan mereka dengan menggunakan teknologi-teknologi terbaru saat ini. Nah, salah satunya adalah produk Garuda Cyber Indonesia yaitu G-Smart Campus. Teknologi IoT dapat diterapkan melalui G-Smart Campus yang akan menghasilkan beberapa manfaat seperti berikut ini  :

  • Pemberitahuan informasi kepada mahasiswa secara teratur dan rutin secara otomatis
  • Dapat menutup dan membuka portal absensi melalui smartphone yang terhubung teknologi IoT
  • Penerapan IoT pada smart cafe dapat menjadikan cafe mandiri alias tidak perlu ada penjaga cafe
  • CCTV kampus yang terhubung smartphone berteknologi IoT memudahkan dosen untuk memantau mahasiswa jika dosen sedang tidak ada di kelas
  • Sistem akademik dan sistem smart campus lainnya dapat terintegrasi dalam satu perangkat smartphone berteknologi IoT

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...