SIAO ??? (Sistem Informasi Absensi Online)

Absen merupakan suatu fenomena terjadinya peristiwa yang dilakukan oleh setiap orang baik oleh pegawai, mahasiswa maupun siswa, yang berupa fakta tidak dapat masuk bekerja atau belajar sebagai semestinya pada hari yang telah ditetapkan baik karena alasan medis maupun alasan lainnya. Absen merupakan salah satu hal yang biasa terjadi dan secara normaatif, tetapi contoh absen yang tidak wajar seperti sering absen tanpa alasan atau keterangan yang pasti. Absen disebabkan oleh beberapa faktor seperti karena sakit, atau halangan lainnya yang membuat kita tidak bisa hadir seperti mestinya.

Apalagi untuk sekarang ini masih banyak yang menggunakan absensi secara manual, seperti guru/dosen, siswa/mahasiswanya mengambil absen masih menggunakan buku absen, seperti dipanggil secara satu persatu pada setiap mata kuliah, lalu buku tersebut diarsipkan, maka setiap buku absensi per mata kuliah dan per semester harus diarsipkan dalam lemari yang kadang-kadang menyebabkan kesalahan yang fatal seperti terjadinya bencana yang tidak diinginkan akan membuat buku absensi akan hilang atau terjadi hal-hal yang lainnya. Tidak hanya itu saja akibat dari absensi secara manual, tetapi juga sering terjadi kesalahan atau kecurangan dalam pengambilan abensi seperti jika dosen atau pegawai mengambil absen secara manual dengan menandatangani buku absensi bisa jadi terjadi kecurangan yang tidak diinginkan, dan seperti dosen yang mengambil absensi mahasiswanya yang biasanya dengan memanggil nama-nama mahsiswanya satu persatu maka bisa juga terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti bisa saja mahasiswa tersebut akan menolong temannya untuk mengambil absen.

Nah, untuk mengatasi permasalahan yang sering terjadi agar tidak berlarut-larut yang akan merugikan setiap orang dan agar tidak membiarkan terjadinya kecurangan, Garuda Cyber Indonesia (GCI)  siap untuk mengatasinya, karena pada GCI menghasilkan produk-produk yang sangat dibutuhkan untuk sekarang ini seperti salah satunya yaitu G-Smart Campus, yang salah satunya ada sistem absensi online, ada beberapa keuntungan mengguanakn sistem ini seperti :

  • Data pada Smart Campus yang khususnya untuk data absensi telah terintegrasi
  • Sistem ini juga terintegrasi serta terhubung dengan sistem yang ada di kampus
  • Agar memudahkan direktur kampus untuk mengontrol data Dosen, pegawai serta stakeholder yang terkait
  • Meminimalisir biaya untuk pengeluaran kampus
  • Meningkatkan kualitas kampus karena telah menerapkan kecanggihan teknologi yang berkembang
  • Menyebarkan informasi dengan luas
  • dll

So, pada sistem absensi yang ada di Garuda Cyber Indonesia ini sangat membantu kampus yang khususnya pada data absensi yang secara online.

Dimana pada sistem ini ada beberapa keuntungan yang kita dapatkan seperti :

  • Sistem yang dibuat menggunakan fingerprint, dengan menggunakan sistem ini setiap orang tidak dapat melakukan kecurangan karena sistem akan mendeteksi sesuai yang telah ditetapkan.
  • Sistem juga menggunakan smart card, dimana pada smart card ini setiap orang yang ingin mengambil absen harus di capkan smart card pada apliksi yang telah diberikan sesuai dengan ketentuan yang telah dibuat
  • Sistem ini juga menggunakan aplikasi menggunakan GPS, dimana setiap orang dapat mengambil absen dimana saja tetapi sesuai dengan ketentuan, misalnya mengambil absen harus dilingkungan kampus atau menggunakan wifi kampus, jika kita melakukan pelanggran maka akan terlihat pada titik koordinat yang telah dirancang
  • Sistem ini juga menggunakan QR Code, dimana pada sistem ini akan mengelola data absensi sesuai dengan QR Code yang telah diberikan pada masing-masing orang. Kita tidak dapat melakukan kecurangan karena QR Code kita berbeda-beda setiap orangnya.

Begitu banyak keuntungan menggunakan aplikasi ini kan ?? Tunggu apa lagii, ayo buruan ?? Gunakan aplikasi tercanggih ini sebelum kamu ketinggalan, untuk lebih jelasnya kamu dapat membuka link http://garudacyber.co.id/page/6-smart-campus atau silahkan kunjungi kantor pusatnya yang beralamat di Jl. Subrantas No, 188 Panam-Pekanbaru-Riau                                                        

Penulis Fitri Herawati

#Garudacyber07februari

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...