Tips Mencegah Plagiarisme

Apa itu plagiarisme ? Definisi Plagiarisme dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia yaitu pengambilan pendapat atau karangan milik orang lain seakan – akan itu merupakan terbitan atas karangan, pendapat atau karya tulis sendiri. Plagiarisme sendiri bukan hanya dengan kata-kata tetapi bisa juga dengan karya milik orang lain. Sebaiknya kamu harus menulis teks dengan kalimat sendiri dan mengutip sumber yang ada. Berikut ini ada beberapa  cara mencegah plagiarisme:

  1. Kenali Topik Yang Akan Anda Bahas
    Mmemahami terlebih dahulu apa pokok permasalahan yang akan kamu bahas dengan menyertakan kalimat sendiri atau mendapatkan lewat buku, internet dan lain – lain.

  2. Memahami Materi
    Memahami materi itu sangat penting dimana kamu harus menghindari terlalu banyak membaca materi dari sumber penulis.
  1. Sebutkan kutipan dan sumber
    Mencantumkan daftar pustaka atau kutipan dari penulisnya, jika kamu lupa mengikuti langkah ini maka akan mengalami plagiarisme terhadap karya orang lain.
  1. Sertakan sumber jika mengalami keraguan
    Sebutkan sumbernya dalam paragraf kamu contohnya Menurut Richard Feynman, elektrodinamika kuantum bisa dijabarkan dengan rumus integral lintasan.
  1. Pahami aturan dasar hak cipta
    Plagiarisme sendiri bukan hanya saja prilaku yang buruk tetapi juga melanggar hukum. Sebaiknya kamu harus memahami apa – apa saja poin – poin tenatang pelanggaran hak cipta itu sendiri.
  1. Perhatikan apa yang tidak perlu dikutip
    Tidak segala sesuatu yang bisa untuk kamu kutip, pembaca nantinya akan jenuh membaca karya tulis kamu yang penuh dengan kutipan.

Berikut ini ada beberapa yang perlu kamu ketahui untuk tidak perlu kamu kutip dalam makalah da karya tulis :

  • Pengamatan, dongeng, legenda, peristiwa dan lain – lain.
  • Pengalaman, ide, atau ciptaan sendiri.
  • Video, musik, persentasi atau media buatan.

 

Untuk tips agar tidak terjadi plagiarisme yaitu:

  1. Gunakan layanan google terjemahan untuk menerjemahan artikel ke dalam bahasa asing. Seperti Bahasa Indonesia di terjemahkan ke dalam Bahasa Inggris, selanjutnya dalam Bahasa Inggris kamu terjemahkan kembali ke Bahasa Indonesia
  2. Gunakan konten untuk mencek plagiarisme seperti smallseotools.com
  3. Jika kamu menyalin kata orang lain jangan salin semuanya, pilah lah kata-kata dan tambahkan dengan pendapat serta kata-katamu sendiri
  4. Kalau kamu jujur dalam pembuatan kata maka untuk terjadi plagiarisme akan sangat tipis.

Nah itulah cara dan tips agar kamu terhindar dari Plagiarisme terhadap karya atau tulisan milik orang lain.

 

Penulis : Marta Karlina

#Garudacyber06februari

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...