Smart School GCI Kontrol Perangkat Pembelajaran Guru

Sekolah merupakan sebuah lembaga institusi pemerintahan yang berfungsi dalam bidang pendidikan untuk pengajaran siswa/murid dibawah pengawasan guru untuk menumbuh kembangkan ilmu serta potensi dasar siswa/peserta didik dan tidak hanya dalam aspek ilmu/intelektual, tetapi juga dalam aspek kepribadian, tata krama, budi pekerti serta tingkah laku yang diajarkan di sekolah, dimana  sekolah tidak hanya memberi nilai-nilai akademik, atau perangkat pada siswa, tetapi juga memberikan bimbingan, mendidik, mengajar serta membentuk kepribadian muridnya agar lebih baik lagi, untuk memudahkan Smart School akan membantu untuk menangani hal tersebut, Smart School  merupakan salah satu produk dari GCI yang disebut dengan aplikasi sekolah yang akan mengintegrasikan semua sistem yang dibangun dalam sebuah sistem sekolah tersebut. Dengan menggunakan Smart School akan dapat mempermudah pekerjaan stakeholder yang berhubungan dengan sekolah. Fitur-fitur yang disediakan dalam sistem Smart School diantaranya :

  1. Sistem akademik sekolah
  2. Sistem penerimaan siswa baru
  3. Sistem surat-menyurat (e-Office)
  4. Sistem penjadwalan
  5. Sistem beban kerja guru
  6. Sistem beban kerja pegawai
  7. Sistem penggajian
  8. Sistem keuangan
  9. Sistem perpustakaan
  10. Ujian sekolah berbasis CAT

Keunggulan yang ditawarkan pada Smart School ini yaitu telah terintegrasi dan disinkronisasikan dengan sistem Dapodik, Simpatika dan Emis.

Nah, sekarang saya akan bahas mengenai salah satu produk dari Garuda Cyber Indonesia yang salah satu produknya adalah Smart Campus dimana didalam sistem ini terdapat fitur yang namanya yaitu Sistem Beban Kerja Guru, dalam ini ada beberapa point yang harus dikerjakan oleh masing-masing guru untuk per semester, tiap-tiap point memiliki persentasi berbeda-beda. Dimana jika salah satu  dari beberapa point tersebut tidak dikerjakan akan menyangkut pada jumlah honor guru, salah satunya adalah RPP (Rencana Perangkat Pembelajaran).

Masalah yang sering terjadi dalam penyusunan RPP ini yaitu guru belum semuanya memahami bagaimana penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan baik, sering terjadinya perubahan kurikulum, dan minimnya penguasaan komputerisasi oleh para guru. Dengan banyaknya kendala yang dihadapi oleh para guru membuat guru malas untuk menyiapkan RPP yang telah diwajibkan tersebut. Alhasil guru akan membuat RPP yang kurang baik. Dengan begitu RPP yang dibuat akan rancu serta tempat untuk penyimpanan RPP ini kurang efektif jika penyimpanannya masih dalam bentuk arsip dilemari akan menyebaban kefatalan jika terjadi bencana-bencana yang menyebabkan beras-berkas tersebut hilang atau terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Untuk mengatasi masalah tersebut Smart School menyediakan Google Drive untuk menyimpan data-data tersebut sehingga data akan tersimpan dan terjaga lebih baik keamanannya. Pada Smart School ini juga menyediakan validasi data oleh Wakil Kurikulum, sehingga guru tidak dapat membuat RPP dengan sembarangan, karena data akan dicek oleh wakil kurikulum, jika terdapat guru tidak mengrimkan RPP atau RPP yang dibuat tidak baik maka akan bersangkutan dengan jumlah honor guru yang diterima.

So, begitu banyak manfaatnya kan, tunggu apa lagi ???

Ayooo buruan kepoin GCI atau silahkan kunjungi web GCI https://garudacyber.co.id/ untuk melihat lebih jelas lagi

                                                                                                            

Penulis Fitri Herawati

#Garudacyber07februari

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...