Framework PHP yang Banyak Paling Digunakan Developer

PHP adalah bahasa pemograman server-side yang terkenal didunia karena terkenal dengan bahasa yang mudah dan handal untuk membangun sistem/website/blog sehingga banyak developer yang menggunakan bahasa pemrograman PHP. Oleh karena itu PHP terus dikembangkan hingga menghasilkan banyak jenis framework dan developer juga dapat membangun aplikasi cloud yang kompleks.

Sedangkan yang dimaksud framework adalah kerangka kerja yang telah terpola dan terstuktur sehingga memudahkan pengembang web dalam membuat web yang menggunakan script PHP sehingga tidak perlu membuat script secara konvensional atau keseluruhan. Framework menyediakan banyak fitur yang membuat developer banyak menggunakan PHP diantaranya adalah :

  • Mempercepat dan mempermudah developer dalam pembuatan script
  • Menggunakan stuktur yang terpola dan dapat digunakan berulang ulang
  • Adanya skalabel dalam membuat aplikasi atau web
  • Bebas dari serangan apapun karena memiliki tinggkat keamanan yang tinggi
  • Paket yang ringan dan mendukung alat pemograman berorientasi objek
  • Presentasi dan logika yang dipisahkan karena mengikuti pola Model View Controller (MVC)

Jadi inilah Framework PHP yang Banyak Digunakan Developer :

  • Laravel

Laravel adalah framework PHP yang dirilis pada tahun 2011  dan berbasis open source serta menggunaka konsep MVC atau Model View Controller dibawah lisensi MIT License dengan GitHub sebagai tempat kodenya. Laravel juga merupakan framework yang digunakan terbanyak didunia yaitu sebanyak 43,7% (3.177) proyek developer (tahun 2017) karena memiliki bayak dokumentasi screencast yang disediakan seperti Laracast, template Blade serta menyediakan alat dan arsitektur seperti CodeIgniter, Yii, ASP.NET MVC, Ruby on Rails, Sinatra, dan sebagainya.

  • Symfony

Symfoni adalah framework yang dirilis pada tahun 2005 dan memduduki peringkat kedua sebagai framework yang banyak digunakan oleh para developer karena komponen adalah decoupled dan reusable yang telah menciptakan aplikasi PHP terbaik seperti Drupal, phpBB dan eZ Publish. Menurut survei 2017 Symfony sudah digunakan diproyek developer sebanyak 13,6% (990) dan memiliki komunitas developer yang luas sehingga laravel dan CMS juga mengakui dan mengikuti jejaknya.

  • CodeIgniter

Codeigniter adalah Framework yang ringan dan kuat dengan tapak yang sangat kecil serta mudah dalam proses penginstalan sehingga dapat berfungsi dengan baik pada semua Shared dan Dedicated hosting Platform. Cedigniter dapat menjalankan program sederhana dengan waktu kurang dari setengah jam karena menggunakan toolkit sederhana dan hasilnya sangat elegan dengan ukuran hanya 2MB. Karena kemudahannya codeigniter bayak digunakan oleh mahasiswa dan hasil survei pada 2017 lalu adalah 14,9% (1.085) proyek developer menggunakan Codeigniter.

  • Yii 2

‘Yes It Is!’ atau Yii merupakan framework open source yang lebih cepat dari framework lainnya dengan stuktur program yang diadopsi dengan konsep MVC dan terintegrasi dengan jQuery dan fitur set Ajax-enabled yang memiliki design dengan tema frontend. Framework ini sangat cocok bagi kamu yang malas ngoding karena ada kode generator yang dapat diakses melalui gii yang akan membantu kamu dalam pembuatan CRUD, Models, Controller, Views dan lainnya dan menggunakan OOP. Survei-nya mencapai 5,1% (373) pada proyek developer.

  • Cake-PHP

 Cake-PHP adalah framework yang memungkinkan pembuatan web bebasis RAD (Rapid Application Development) yang digunakan dan dikembangkan menjadi aplikasi yang lebih kompleks. Framework Cake-PHP menyediakan fitur yang memungkinkan membuat web leduh sederhana dan  lebih cepat karena memiliki banyak jumlah libraries dengan tujuan mengurangi kelebihan beban tugas yang paling umum.

Itulah beberapa framework PHP yang banyak digunakan oleh para developers saat ini, kamu tinggal pilih framework mana yang ingin kamu jadikan passion kamu. Sebagai pesan kamu sebaiknya jangan terobsesi dengan i framework saja, cobalah untuk membuat web dengan framework lain. Terima kasih!

Penulis : Vebbiyolla Valentine
#Garudacyber15Januari

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...