6 Teknologi Yang Berbahaya Jika Disalahgunakan

Teknologi merupakan sebuah aspek yang tidak dapat dipisahkan lagi dengan kehidupan manusia pada zaman sekarang ini. Semua orang sangat membutuhkan teknologi sebagai pembantu untuk meringankan pekerjaan sehari-harinya. Karena  hal itu, adanya teknologi sangat dibutuhkan oleh manusia.

Meskipun memiliki banyak manfaatnya, teknologi pun juga tidak akan terlepas dari efek yang akan ditimbulkannya baik dari  yang bernilai positif maupun negatif. Dengan demikian, sekarang kita akan membahas dampak-dampak negatif dari teknologi itu sendiri yang memiliki potensi untuk memusnahkan manusia.

  1. Drone/Pesawat Tanpa Awak

Drone merupakan sebuah teknologi yang berupa pesawat terbang atau helikopter yang beroperasi tanpa menggunakan pilot atau awak.Hanya saja, drone akan dioperasilkan oleh pilot drone yang berada di daratan dengan menggunakan fasilitas remote control. Walaupun pada awalnya drone ini diciptakan untuk memotret atau merekam object-object yang tidak bisa dijangkau oleh manusi, akan  tetapi  drone ini telah  banyak digunakan oleh bidang militer dan juga badan-badan pemerintahan untuk mengerjakan tugas-tugas yang berbahaya jika ada seorang pilot didalamnya seperti pengintaian untuk peperangan.

 Dengan  adanya hal tersebut, jika semakin banyak negara-negara yang mengembangkan drone untuk peperangan maka akan memakan banyak korban karena daya jangkauan pada drone sangatlah luas.

  1. Nuklir

Ketika mendengar kata teknologi nuklir, maka kita akan teringat suatu hal yang berkaitan dengan sumber daya atau energi yang mempunyai kekuatan yang sangat dahsyat dan bisa menghancurkan sebuah daerah dengan cepat yaitu nuklir yang merupakan bagian dari yang berhubungan dengan nukleus atom atau inti atom. Nuklir itu sendiri terbuat dari bahan uranium  yaitu sebuah logam berat yang berguna untuk sebagai sumber berlimpah energi konsentrasi. Teknologi nuklir telah ditemukan sejak perang dunia II yang dimanfaatkan untuk  sumber daya listrik yang hemat, radio isotop, senjata dan banyak lagi.

Namun dari sekian banyak kegunaan  dan manfaatnya, teknologi ini juga telah banyak memakan korban jiwa karna kemampuan daya ledaknya yang tinggi. Apalagi jika digunakan oleh lembaga-lembaga yang kurang memiliki tanggung jawab maka teknologi ini akan sangat membahayakan bagi manusia.

  1. Laser

Laser ( Light Amplification by Stimulated Emission of Radiation ) adalah alat yang bisa mengeluarkan pancaran radiasi elektromagnetik yang bisa kita lihat maupun tidak bisa dilihat menggunakan mata yang normal melalui proses pancaran yang terstimulasi. Dalam perkembangannya laser telah digunakan secara luas dalam berbagai aplikasi yang modern dan juga canggih termasuk pada bidang elektronika, optik, teknik informasi, optoelektronik,kedokteran dan masih banyak lagi.  Laser memiliki yang sangat banyak manfaat untuk membatu manusia, akan tetapi laser juga memiliki dampak yang sangat berbahaya karena cahaya laser yang  bisa membuat kebutaan terhadap mata  seseorang yang akan bersifat tetap maupun sesaat. Dan juga seiring perkembangan zaman yang modern sekarang ini ada negara-negara yang mengembangkan teknologi laser ini untuk sebagai senjata pertahanan yang akan dilibatkan dalam perperangan.

  1. Hadron Collider

Hadron Collider, sebuah teknologi raksasa yang memiliki energi tertinggi dan terbesar didunia  yang berupa partikel akselerator ini merupakan sebuah ciptaan dari suatu lembaga ilmu pengetahuan di eropa yang bernama CERN ( Conseil Europeene Pour La Recherce Nucleaire )

Teknologi ini membutuhkan waktu yang sangat lama untuk membuatnya yaitu selama 40 tahun untuk proses pembuatannya dan berhasil ditembakkan dicincin akselerator untuk pertama kali diperbatasan  perancis-swiss dekat jeneva-swiss yang beroperasi dengan bentangan yang mencapai panjang 27 km, serta dengan kedalaman 175 m. Tujuan dibuatnya teknologi ini yaitu untuk menjawab pertanyaan fisika mengenai lahirnya alam semesta ini. Teknologi ini telah beberapa kali mengalami permasalahan, karena itu teknologi ini sangat ditakuti jika tidak dikendalikan dengan baik maka akan membuat bencana besar. Sebab, teknologi ini memiliki potensi untuk menciptakan partikel energi yang powerfull bahkan dapat menciptakan sebuah black hole atau lubang hitam yang dapat merusak planet bumi.

  1. Kecerdasan Buatan

Kecerdasan buatan ( Artificial Intelegence )  merupakan sebuah teknologi yang menggunakan chip otak yang ditanamkan pada robot yang dirancang sedemikian rupa untuk membantu segala pekerjaan manusia. Kecerdasan buatan dirancang dengan menghubungkan nya dengan ilmu komputer dan juga algoritma yang diterapkannya, serta juga akan terkait dengan bidang lain misalnya psikolog, matematika, biologi, filosofi dll. Keuntungan dari kecerdasan buatan yaitu lebih bersifat permanen karena selama sistem komputer dan program tidak mengubahnya maka ia tidak akan bisa berubah dan masih banyak lagi keuntungan lainnya.

Namun, dengan adanya teknologi seperti ini juga akan membahayakan manusia karna ada suatu kemungkinan bahwa robot tersebut akan berbalik untuk menyerang manusia karena memiliki otak yang dirancang untuk belajar dan berfikir seperti manusia normal.

  1. Mobil Tanpa Kemudi

Mobil merupakan suatu kendaraan yang telah banyak digunakan untuk sebagai alat transportasi menuju suatu tempat yang di inginkan.

Dengan adanya perkembangan teknologi yang sangat pesat zaman sekarang ini, diciptakanlah sebuah mobil yang dijalankan tanpa pengemudi atau mobil otomatis yang berjalan dengan sendiri yang dibuat oleh google. Seperti sebelumnya juga terdapat sebuah mobil otomatis seperti tesla, akan tetapi masih tetap menggunakan seorang supir didalamnya. Berbeda dengan mobil ini karna hanya dapat berjalan tanpa sopir. Dengan demikian, mobil ini memiliki dampak yang berbahaya karena berjalan tanpa kendali. Jika sewaktu-waktu di bajak oleh hacker untuk membahayakan manusia maka akan dapat memusnahkan manusia.

Demikianlah teknologi-teknologi yang akan berbahaya jika disalahgunakanoleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab..sealed

Penulis : Wikhe Refila
#GarudaCyber14Januari

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...