Wireless Charging

Teman-teman semua udah familiar banget kan dengan kalimat “Wireless Charging” ???. walaupun teknologi ini sudah bukan teknologi yang baru, namun masih banyak diantara kita yang tidak mengenal apa itu Wireless Charging dan kegunaannya. Oleh sebab itu saya akan mengulik sedikit tentang pengertian dan kegunaan dari Wireless Charging ini.

Pertama-tama apa sih Wireless Charging itu ?  Wireless Charging dalam bahasa indonesia berarti pengisian nirkabel atau pengisian tanpa kabel yang mana merupakan suatu istilah untuk mengisi ulang daya baterai tanpa menggunakan kabel. Pada dasarnya Wireless Charging merupakan transmisi arus listrik dari sumber listrik ke perangkat penerima tanpa menggunakan koneksi fisik. Arus listrik tersebut dihasilkan melalui sebuah getaran yang dihasilkan oleh pod station yang digunakan untuk mengalirkan listrik dan mengisi ulang baterai ke perangkat penerima. Perangkat penerima bisa dalam bentuk smartphone, tablet, ipod, iphone ataupun lainnya. Vendor perangkat elektronik yang sudah menggunakan teknologi ini antara lain yaitu Samsung, Apple, HTC, LG dan Google.

Layaknya teknologi full screen display yang booming belakangan ini, namun bukan termasuk teknologi yang baru karena beberapa smartphone sudah menerapkannya terlebih dahulu. Begitu pula teknologi wireless charging, awalnya teknologi ini sudah diperkenalkan pertama kali pada 2009. Palm Pre adalah smartphone pertama yang menggunakan fitur tersebut, namun pasar kurang merespon teknologi wireless charging pada saat itu dan teknologi ini berlalu begitu saja. Namun seiring berjalannya waktu para penggiat IT percaya bahwa dunia akan berubah menjadi serba nirkabel tanpa kita harus repot untuk melakukan sesuatu. Para penggiat IT percaya bahwa di masa yang akan datang kita dapat mengisi ulang daya batrai layaknya seperti smartphone menangkap sinyal wifi pada saar sekarang ini yang mana hal ini akan menyebabkan tidak adanya krisis daya pada smartphone.

Kegunaan Wireless Charging antara lain :

  1. Menghindari kerusakan konektor USB karena sering digunakan untuk mengisi batrai
  2. Menghindari penggunaan kabel konektor yang tidak sesuai dengan smartphone yang digunakan
  3. Lebih hemat dalam pemeliharaan perangkat untuk mengisi daya
  4. Menghindari pemakaian smartphone saat smartphone sedang diisi ulang
  5. Dapat digunakan untuk smartphone apapun selama smartphone tersebut menyediakan fitur wireless charging

Demikianlah informasi yang dapat saya sampaikan melalui artikel ini. Semoga artikel ini bermanfaat untuk para teman-teman pembaca sekalian laughing

Penulis : Annisa Candela
#Garudacyber16Januari

Sukai/Like Fan Page Facebook Garuda Cyber Indonesia

Subscribe Channel Youtube Garuda Cyber Indonesia

Follow Instagram Garuda Cyber Indonesia

Chat Wa

Artikel Terpopuler

Definisi Struktur Kontrol Perulangan Dalam Pemrograman Dan Contohnya

Pada dasarnya perulangan pada pemrograman yang sama dengan perulangan bahasa pemrograman lainnya. Struktur kontrol perulangan yang dipakai memilki suatu fungsi dari program yang akan dijalankan secara berulang. Contohnya anda ingin membuat tampilan nama anda sebanyak 100 kali, tentu akan sangat lama jika anda menuliskan kode program secara dengan manual. Dengan struktur kontrol perulangan bisa menampilkan dengan nama sebanyak 100 kali...